Kamis, 21 Januari 2010

HAL PENTING YANG HARUS DIMILIKI SEORANG PEMIMPIN

APAKAH Anda berpikir untuk memiliki usaha sendiri? Atau Anda berusaha untuk memperoleh peningkatan karier saat perusahaan sedang berjuang mengatasi resesi? Dalam kata lain, apakah Anda memiliki obsesi menjadi pemimpin?
Yang perlu diketahui ialah, di belakang setiap pemimpin besar selalu ada konsultan, pembimbing, dan rekan kerja yang bisa dipercaya. Orang-orang ini bisa ditemukan tak hanya dalam kehidupan profesional tapi juga kehidupan pribadi. Hubungan di antara mereka bisa disebut sebagai hubungan yang saling mendukung satu sama lain.

Dalam menciptakan hubungan yang saling mendukung tersebut, ada empat cara pandang utama yang bisa dipelajari dan dipraktekkan, yang bisa membantu Anda untuk memperoleh kesejahteraan hidup dan finansial.
Senang membantu

Pola pikir ini akan menumbuhkan rasa saling pengertian. Setelah keintiman dan kejujuran terbentuk, sifat senang membantu akan menguatkan hubungan.
Jika sifat ini sudah dimiliki, maka masing-masing sudah siap dengan segala risiko atau tantangan yang mungkin muncul.

Jujur
Ini adalah sifat yang mengacu pada kemampuan untuk selalu mengungkapkan apa yang ada di benaknya. Dengan berkata jujur, seorang pemimpin dan orang-orang yang dipercayanya akan mampu berbagi harapan dan ketakutan. Kejujuran juga akan membuat seseorang berjuang untuk berbuat lebih baik lagi.
Bertanggung jawab
Perilaku ini mengacu pada kemampuan untuk melakukan apa yang telah dijanjikan sebelumnya, Ini juga menyangkut kemampuan untuk memberi dan menerima. Kunci sesungguhnya dari membangun hubungan yang erat dengan orang-orang yang Anda percaya ialah dengan menggabungkan keempat perilaku ini.
Prosesnya dimulai dengan kebaikan hati. Perilaku ini tidak mempertimbangkan apakah seseorang sudah berbuat baik terhadapnya terlebih dahulu, baru ia akan berbuat baik.
Ada atau tidak ada orang yang berbuat baik padanya, ia akan tetap berbuat baik. Perilaku ini nantinya akan mampu membawanya kedalam hubungan yang lebih erat lagi dengan rekannya. Itu artinya, ia bisa memperdalam hubungan ini menjadi lebih akrab, menciptakan hubungan yang saling membantu, dan saling terbuka satu sama lain.
Jika Anda berada dalam zona yang nyaman untuk mengungkapkan apa yang Anda pikirkan dan rasakan, itu artinya Anda akan membangun sebuah komitmen saling mendukung satu sama lain. Hubungan persahabatan akan semakin dekat dan Anda bisa menciptakan masa depan yang lebih baik. Persahabatan pun menjadi titik tolak membuat sebuah jaringan, baik pertemanan maupun berkaitan dengan karier Anda. 
“Semakin banyak yang Anda berikan, maka semakin banyak dan berkualitas yang Anda dapatkan. Itu artinya Anda akan semakin merasa nyaman dan merasa lebih bebas untuk bisa jujur pada rekan Anda,” ujar Ferrazzi.
Jika Anda bekerja dengan menerapkan empat hal ini, maka Anda akan menemukan berbagai pengalaman yang inspiratif. Hubungan Anda dengan orang-orang yang bekerja bersama Anda nantinya akan lebih dari sekadar rekan kerja atau asisten. Mereka akan berada dalam lingkaran orang-orang kepercayaan Anda sekaligus orang yang bisa Anda andalkan.
“Mereka akan dengan senang hati memberikan kritik, namun juga tetap menghormati Anda sebagai orang yang mereka percayai,” tegas Ferrazzi. Jadi, sudah siap memulai kesuksesan Anda?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan masukan komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...