Selasa, 18 Desember 2012

PSIKOLOGI ORGANISASI


Peran Individu dalam organisasi formal memiliki pengaruh yang luar biasa dalam aspek kehidupan kita. Segala makanan yang kita makan, mobil-mobil yang kita punya, rumah tempat tinggal tergantung pada koordinasi usaha manusia. Bahkan, dampaknya sangat besar dapat kita memperhatikan perilaku resmi organisasi pada saat pengambilan keputusan.
             
Top of Form
Psikologi organisasi adalah bidang yang menggunakan metodologi ilmiah untuk lebih memahami perilaku individu dalam pengaturan organisasi. Pengetahuan ini diterapkan,
dalam berbagai cara untuk membantu fungsi organisasi lebih efektif dan lebih produktif sehingga mampu  memberikan
jasa berkualitas tinggi dan biasanya lebih sukses secara finansial daripada  organisasi yang kurang efektif. 

Untuk organisasi swasta, kesuksesan hanya didapatkan oleh pemegang saham dan keamanan kerja yang lebih besar untuk karyawan. Untuk organisasi publik seperti kepolisian, pemerintah kota, dan perguruan tinggi negeri, kesuksesan berarti pelayanan yang terbaik dan penghematan biaya bagi pembayar pajak. Manfaat tidak langsung juga terkait dengan efektivitas organisasi dpat ditingkatkan dan keberhasilan akan lebih sering datang. 

Organisasi sukses mampu menyediakan kesempatan kerja, memfasilitasi kesejahteraan  masyarakatnya dan dalam banyak kasus, karyawan dalam organisasi yang sukses lebih terpenuhi kepuasannya dalam pekerjaan apabila dibandingkan karyawan dalam organisasi kurang berhasil. Sikap positif dapat mempengaruhi nonpekerjaan seperti orang tua dan anggota masyarakat. Konsumen juga mendapatkan keuntungan dari peningkatan efektivitas organisasi karena dikelola dengan baik dan  efisien  dalam menghasilkan produk dan Penghematan biaya seperti ini sering diteruskan kepada konsumen dalam bentuk harga yang lebih rendah.

 Singkatnya, setiap orang adalah pemenang potensial ketika organisasi berfungsi secara efektif. Organisasi psikologi berusaha untuk meningkatkan efektivitas organisasi melalui penelitian ilmiah dan penerapan temuan hasil penelitian.

APAKAH PSIKOLOGI
ORGANISASI ITU
 Dalam pengertian umum, psikologi organisasi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku individu dan perilaku kelompok dalam aturan organisasi formal. Katz dan Kahn (1978), menyatakan bahwa esensi dari sebuah organisasi adalah "pola" atau motif perilaku manusia. Ketika perilaku berpola dengan beberapa struktur  yang ada pada individu. Struktur ini biasanya datang dalam bentuk peran (standar normatif yang mengatur perilaku) serta adanya pedoman nilai. 

Sebuah organisasi tidak bisa eksis dengan hanya melakukan sendiri aktiftas tersebut tanpa adanya kesadaran perilaku yang lain. Mengingat karakteristik Katz dan Kahn mendefinisikan organisasi (misalnya, pola aktivitas), mudah untuk melihat bahwa ada banyak organisasi di dunia ini. Oleh karena itu, untuk lebih lanjut mendefinisikan bidang psikologi organisasi, penting untuk membedakan antara organisasi formal dan informal. Sebuah organisasi formal adalah organisasi yang memiliki ciri-ciri dimana semua pernyataan dan prilaku untuk memenuhi tujuan sering dinyatakan secara tertulis. Organisasi formal juga biasanya menunjukkan beberapa tingkat kontinuitas dari waktu ke waktu, mereka sering bertahan hidup jauh lebih lama dari anggota pendiri.  

Organisasi bisnis jelas menunjukkan karakteristik  yang mendefinisikan i organisasi formal, seperti  organisasi nirlaba dan lembaga pemerintah. Sebaliknya tujuan organisasi informal  biasanya kurang eksplisit daripada organisasi formal. contonyai lima pemain poker, menghabiskan waktu mereka untuk menikmati permainan dan, kemungkinan besar, setiap perusahaan akan berbeda. Hal lain yang perlu dicatat adalah bahwa fokus pada organisasi formal tidak menghalangi studi tentang  proses organisasi informal, kelompok dan organisasi. Kita tahu, misalnya, ada hubungan persahabatan resmi dalam organisasi, dan mereka memiliki implikasi penting untuk fungsi organisasi formal (Riordan & Griffith, 1995). Proses yang terjadi dalam kelompok informal dan organisasi dapat memberikan beberapa wawasan ke dalam proses yang terjadi dalam organisasi formal. Misalnya, cara di mana sebuah status hierarchy berkembang pada kelompok informal dapat membantu kita untuk lebih memahami munculnya kepemimpinan dalam organisasi formal.         

Psikologi adalah studi ilmiah  perilaku manusia termasuk perilaku  individu dan proses mental . Dua hal yang penting untuk dicatat tentang definisi ini. Pertama, organisasi psikolog menggunakan metode penyelidikan ilmiah untuk kedua studi dan campur tangan dalam organisasi. Ini berarti bahwa psikolog organisasi menggunakan pendekatan berbasis sistematis data untuk kedua proses studi organisasi dan memecahkan masalah organisasi. "Data" digunakan oleh psikolog organisasi, mungkin datang dalam berbagai bentuk, termasuk survei tanggapan, wawancara, observasi, dan, dalam beberapa kasus, catatan organisasi. Kedua, psikologi organisasi secara intelektual berakar pada bidang yang lebih besar psikologi. Implikasi yang paling penting dari ini koneksi ke bidang yang lebih luas psikologi adalah bahwa psikologi organisasi berfokus pada perilaku individu. Pernyataan ini mungkin tampak aneh, mengingat bahwa sebagian besar dari teks ini dikhususkan untuk kedua kelompok dan organisasi-tingkat proses. Artinya adalah bahwa terlepas dari tingkat di mana beberapa fenomena terjadi, perilaku individu yang paling penting adalah faktor mediasi (Porras & Robertson, 1992). Jadi, untuk memahami dampak dari kelompok dan organisasi-tingkat variabel, kita harus fokus pada bagaimana mereka mempengaruhi  perilaku individu. Kelompok dan organisasi tidak berperilaku akan dilakukan orang. Fokus yang kuat pada perilaku individu juga berfungsi untuk membedakan organisasi psikologi dari ilmu sosial lain (misalnya, sosiologi, ekonomi, dan ilmu politik) yang berusaha menjelaskan proses organisasi. Hal ini juga salah satu cara di mana psikologi organisasi berbeda dengan bidang terkait erat dari organisasi perilaku

 PERBEDAAN PSIKOLOGI ORGANISASI DAN PERILAKU ORGANISASI?
BANYAK PEMBACA, KHUSUSNYA mereka yang memiliki menerima setidaknya sebagian dari pelatihan mereka dalam universitas sekolah bisnis, telah mendengar tentang bidang perilaku organisasi. Apa bedanya antara psikologi organisasi dan perilaku organisasi? Di semua kejujuran, kedua bidang ini jauh lebih mirip dari berbeda-begitu banyak sehingga, sebenarnya, bahwa fakultas banyak yang mengajar perilaku organisasi dalam bisnis sekolah menerima pelatihan mereka di departemen psikologi. Meskipun kurang umum,
beberapa fakultas yang mengajar organisasi psikologi menerima pelatihan mereka dalam bisnis sekolah. Meskipun kesamaan luar, ada benar-benar halus perbedaan antara organisasi psikologi dan perilaku organisasi. Moorhead dan Griffin (1995) mendefinisikan  organisasi perilaku sebagai "studi tentang perilaku manusia dalam pengaturan organisasi, antarmuka
antara perilaku manusia dan organisasi, dan organisasi itu sendiri "(hal. 4). Jika kita fokus hanya pada bagian pertama dari definisi ini, tidak mungkin untuk membedakan psikologi organisasi dari perilaku organisasi. Namun, kita mulai melihat sedikit perbedaan di mana terletak pada bagian dari definisi yang menyatakan bahwa perilaku organisasi yang bersangkutan dengan " organisasi itu sendiri "Khususnya., mereka belajar dalam perilaku organisasi yang bersangkutan tidak hanya dengan perilaku individu dalam organisasi,
tetapi juga dengan tingkat makro proses dan variabel seperti struktur organisasi dan strategi.
Ini dipandang sebagai menarik dan layak penelitian di kalangan mereka sendiri.
Psikologi organisasi juga khawatir dengan dampak dari tingkat makro variabel
dan proses, tetapi hanya sebatas bahwa seperti variabel dan proses berdampak pada individu
perilaku. Dengan demikian, salah satu cara yang halus dalam organisasi psikologi dan organisasi perilaku berbeda adalah bahwa perilaku organisasi ini sedikit lebih "eklektik" dalam fokus daripada yang organisasi psikologi. Banyak alasan untuk
perbedaan ini adalah bahwa perilaku organisasi menarik dari berbagai disiplin ilmu lebih besar dari melakukan psikologi organisasi. Sementara psikologi organisasi menarik sebagian besar dari berbagai subfield dalam psikologi, organisasi perilaku menarik tidak hanya pada psikologi tetapi sosiologi, antropologi, ekonomi, dan tenaga kerja hubungan, untuk beberapa nama. Jadi, untuk menjawab pertanyaan apakah ada perbedaan antara organisasi
psikologi dan perilaku organisasi, saya Jawabannya adalah: Ya, tapi itu adalah sangat halus perbedaan. Mungkin cara terbaik untuk meringkas perbedaannya adalah mengutip komentar dari satu profesor saya ketika saya mulai mencari fakultas pekerjaan setelah menyelesaikan Ph.D. saya Ketika saya ditanya tentang perbedaan utama antara mengajar di sekolah bisnis dan psikologi departemen, respon satu-satunya adalah: "Tentang $ 20.000 dalam gaji. " Sumber: G. Moorhead dan R. W. Griffin. (1995). Organisasi perilaku: Mengelola orang dan organisasi (4th ed.). Boston: Houghton Mifflin Company.
Bahkan, penulis jelas dapat mengingat sesama lulusan sekolah siswa menyatakan bahwa mereka baik sebagai "Aku" atau "O." (Mengingat topik buku ini, Anda mungkin bisa menebak pilihan penulis) Sayangnya!, ini "saya" atau "O" deklarasi tidak konsisten dengan kenyataan bahwa ada saling ketergantungan yang cukup besar salah satu topik yang merupakan masing-masing subbidang. Untuk menggambarkan hal ini, katakanlah asuransi jiwa perusahaan memutuskan untuk mengembangkan tes untuk pilih orang untuk menjual polis asuransi. Untuk melakukan demikian, organisasi ini kemungkinan akan melakukan beberapa bentuk analisis jabatan untuk mencari tahu apa sebenarnya adalah terlibat dalam penjualan polis asuransi jiwa, mengembangkan ukuran kinerja kriteria didasarkan pada analisis jabatan, mengembangkan pilihan menguji untuk mengukur hal-hal yang dianggap prediksi kinerja, dan akhirnya melakukan studi untuk menyelidiki apakah kinerja pada tes seleksi berkorelasi dengan kriteria mengukur kinerja (Cascio,1998). Karena semua ini adalah "saya" kegiatan, apa relevansi melakukan "O" sisi lapangan miliki untuk perusahaan asuransi jiwa dalam contoh ini? Pada pandangan pertama, akan muncul menjadi sangat sedikit. Namun, jika Anda berpikir tentang hal ini, organisasi topik yang sangat relevan. Sebagai contoh, setelah agen asuransi jiwa ini dipilih, mereka harus disosialisasikan ke dalam budaya dari lembaga tertentu di mana mereka akan bisa bekerja sama, serta perusahaan yang lebih luas budaya (Bowen, Ledford, & Nathan, 1991; Kristof, 1996). Juga, menuntut asuransi jiwa penjualan mungkin memerlukan mempekerjakan individu yang akan mengatasi dengan baik sesuai dengan tuntutan (Jex, 1998). Dengan demikian, organisasi perlu memahami hal yang unik yang membuat stres  berkaitan dengan pekerjaan ini, serta atribut yang memfasilitasi pekerjaan. Sebagaimana akan kita lihat, sosialisasi dan stres kerja adalah topik penting dalam psikologi organisasi. Hal ini juga dapat diilustrasikan dengan mengambil sebuah "O" topik dan menjelaskan relevansi dari "Aku" sisi lapangan. Katakanlah Tentara AS yang tertarik dalam meningkatkan pengambilan keputusan dan komunikasi antara proses kelompok kecil yang terdiri dari pasukan unit khusus. Untungnya, dalam psikologi organisasi, ada literatur yang cukup besar pada kelompok efektivitas dan proses, dan Tentara bisa menarik sumber-sumber inilah yang membantu membimbing usaha mereka (misalnya, Guzzo & Shea, 1992). Dapatkah masalah yang relevan dengan sisi "aku" dari lapangan diabaikan? Tentu saja tidak. Agar efektif, kelompok harus memiliki campuran tertentu keterampilan, kemampuan, dan ciri kepribadian. Dengan demikian, terlepas proses tim yang diajarkan untuk unit ini, perawatan harus dilakukan untuk memilih benar campuran individu di tempat pertama. Hal ini juga tidak mungkin bahwa proses pengambilan keputusan akan meningkatkan kecuali tim-tim ini menerima akurat dan umpan balik tepat waktu sesuai kinerja. Seleksi dan penilaian kinerja, tentu saja, adalah dua topik utama di sisi "aku" dari lapangan.

PENDEKATAN
ILMUWAN PRAKTISI
Psikologi organisasi dapat dan harus dipandang sebagai ilmu. Bahkan, banyak dari isi buku ini didasarkan pada studi ilmiah perilaku  organisasi dan pengaturan laboratorium. Organisasi psikologi juga peduli dengan penerapan pengetahuan ilmiah untuk meningkatkan efektivitas organisasi. Ilmuwan-praktisi Model menangkap ini dari interaksi antara menghasilkan  pengetahuan ilmiah dan penerapan yang pengetahuan untuk tujuan praktis. Pada umunya tingkat ilmuwan-praktisi Model menyatakan bahwa ilmu pengetahuan dan praktek yang tidak independen dan pada kenyataannya, sering "memberi makan off "satu sama lain. (lihat Gambar 1.2).
                Top of Form
Untuk menggambarkan bagaimana ilmuwan-praktisi karya model, katakanlah manajer cabang suatu bank yang frustrasi dengan omset tinggi di antara teller. Untungnya, orang ini mungkin tertarik pada temuan penyelidikan ilmiah dari omset untuk memandu upaya nya untuk mengurangi itu. Juga benar bahwa, dalam banyak kasus, penyelidikan ilmiah fenomena organisasi termotivasi oleh keprihatinan praktis organisasi. Misalnya, masa lalu dekade telah menunjukkan kenaikan yang cukup besar dalam penelitian tentang bagaimana organisasi dapat membantu karyawan dalam menyeimbangkan tuntutan baik pekerjaan dan keluarga domain (misalnya, Adams, Raja, & King, 1996; Kossek & Ozeki, 1998). Meskipun
penelitian ini tentu berguna dari sudut pandang ilmiah murni, faktor utama memotivasi itu adalah bahwa organisasi ingin menghindari kehilangan karyawan yang berharga yang memiliki tanggung jawab keluarga. Dalam bidang umum I / O psikologi, model ilmuwan-praktisi telah menjadi begitu penting bahwa ia berfungsi sebagai filosofi dasar untuk pelatihan paling pascasarjana. Lulus pelatihan dipandu oleh praktisi ilmuwan- Model menunjukkan bahwa, pertama dan terutama, siswa perlu belajar keterampilan yang diperlukan untuk melakukan ilmiah penelitian. Hal ini menjelaskan mengapa hampir semua lulusan program I / O psikologi baik memerlukan atau sangat mendorong pelatihan dalam statistik, metodologi penelitian, dan psikologis pengukuran. Yang
penting lainnya yaitu implikasi dari praktisi ilmuwan- model pelatihan pascasarjana adalah bahwa siswa biasanya tersedia dengan beberapa kesempatan, melalui magang atau pengalaman bidang lain, untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari di "dunia nyata" pengaturan (lihat Komentar 1,2).
Model ilmuwan-praktisi juga cukup relevan dengan bidang organisasi psikologi, dan dengan demikian dipilih sebagai pemandu yang tema untuk buku ini. Seperti yang akan menjadi
jelas sebagai pembaca melanjutkan melalui bab-bab, penelitian oleh psikolog organisasi
telah sangat meningkatkan pemahaman kita tentang perilaku dalam organisasi. Sebagai contoh, karena sebagian besar penelitian oleh psikolog organisasi dan lain-lain, sekarang kita tahu lebih banyak tentang hal-hal seperti kelompok, sosialisasi efektivitas karyawan baru, dan penetapan tujuan proses daripada yang kita lakukan bahkan 10 tahun yang lalu. Di saat yang sama, temuan ilmiah yang dihasilkan dari penelitian di bidang ini telah digunakan untuk
panduan intervensi yang dirancang untuk membantu organisasi
menjadi lebih efektif. Dampak dari praktisi ilmuwan- Model juga dapat dilihat dalam pengaturan kerja dan kegiatan yang terlatih dalam organisasi psikologi. Banyak memegang posisi akademik biasanya, di departemen psikologi atau manajemen. Tugas pekerjaan utama akademisi yang paling adalah mengajar, penelitian ilmiah, dan pelayanan kepada akademik sebuah departemen dan universitas. Namun, banyak  akademisi juga menggunakan penelitian mereka  dan keterampilan untuk membantu organisasi memecahkan berbagai masalah praktis. Saya sendiri karir akademik telah pasti terkandung perpaduan ilmu dan praktek (lihat Komentar 1,3).
            Pelatihan psikolog organisasi yang mengejar karir akademis tidak sangat berbeda dari pelatihan tersebut yang mengejar karir nonakademisi. Konsisten dengan  model-ilmuwan praktisi, mahasiswa dalam program pascasarjana di I / O psikologi dan bidang terkait biasanya menerima kursus dalam metodologi penelitian, statistik, dan pengukuran, maupun di bidang spesifik isi (Misalnya, motivasi, kepemimpinan, dan sebagainya). Namun demikian, beberapa komponen penting bahwa akademisi masa depan perlu untuk memasukkan
ke pelatihan pascasarjana mereka. Untuk contoh, adalah penting bagi mereka yang berencana sebuah akademik karir untuk terlibat dalam penelitian awal pelatihan pascasarjana mereka. Ini meningkatkan kemungkinan mendapatkan kepengarangan dari artikel jurnal dan konferensi presentasi- sesuatu yang pasti membantu dalam kompetitif pasar kerja. Penelitian keterlibatan juga memfasilitasi pengembangan dekat hubungan kerja dengan fakultas.
   Hubungan ini sangat penting dalam belajar bagaimana melakukan penelitian. Lain komponen penting dari pelatihan akademisi masa depan adalah mengajar pengalaman. Terlepas dari jenis lembaga di mana yang bekerja, mengajar adalah utama komponen dari setiap posisi akademik. Dengan demikian, lulusan siswa yang memperoleh signifikan pengalaman mengajar jauh lebih siap untuk posisi akademik dibandingkan dengan sedikit atau
pengalaman. Khas pengaturan kerja nonakademisi untuk psikolog organisasi mencakup
bisnis organisasi, perusahaan konsultan, nirlaba lembaga penelitian, lembaga pemerintah dan lembaga penelitian, dan bahkan penelitian pasar
perusahaan. Sementara tugas pekerjaan yang sebenarnya bervariasi secara luas oleh pengaturan, psikolog organisasi banyak digunakan dalam pengaturan nonakademisi terlibat dalam perubahan organisasi dan pengembangan kegiatan. Ini mungkin melibatkan membantu organisasi dalam pengembangan
dan pelaksanaan pendapat karyawan. Program survei, merancang dan memfasilitasi
pelaksanaan kegiatan pengembangan tim, atau mungkin membantu manajemen puncak
dengan proses perencanaan strategis. Yang lain Kegiatan utama mereka yang bekerja di nonakademisi pengaturan adalah penelitian. Hal ini terutama benar dari mereka yang bekerja dalam penelitian nirlaba lembaga, pemerintah lembaga penelitian,
riset pasar dan perusahaan. Mengingat keragaman pengaturan ini, sulit untuk dijabarkan dalam tepat sifat dari penelitian yang dilakukan. Namun, dalam arti paling umum, orang-orang melakukan penelitian ilmiah yang dirancang untuk memiliki beberapa manfaat praktis untuk organisasi atau bahkan untuk masyarakat pada umumnya.
Untuk mempersiapkan lulusan, karir nonakademisi siswa perlu pelatihan di banyak  daerah sama dengan yang mengejar karier akademis. Ini termasuk kursus dalam metodologi penelitian, statistik, pengukuran, dan substantif beberapa daerah topikal. Ada satu yang penting perbedaan, namun adalah penting bagi siswa perencanaan karir nonakademisi untuk mendapatkan praktis alami selama pelatihan pascasarjana mereka. Pengalaman ini sering dapat diperoleh dengan membantu fakultas dengan proyek konsultasi, atau, dalam beberapa kasus, melalui program magang resmi (Lihat Komentar 1.4). Mendapatkan praktis pengalaman sangat penting tidak hanya karena  meningkatkan kepercayaan siswa, tetapi karena memberikan kesempatan berharga untuk menerapkan apa yang telah dipelajari dalam kursus pascasarjana.

KOMENTAR 1.2. TRAINING ILMUWAN PRAKTISI
PALING BANYAK SARJANA PROGRAM I / O psikologi, serta bidang lain yang terkait, menggabungkan beberapa bentuk pengalaman praktis kedalam kurikulum mereka.
Hal ini dapat dicapai dalam berbagai cara. Banyak program, misalnya, mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam magang resmi program di perusahaan dan perusahaan konsultan.
Biasanya, magang rentang antara enam bulan dan satu tahun dan pada dasarnya mengharuskan siswa bekerja di bawah pengawasan yang berpengalaman I / O psikolog. Lainnya kurang formal cara dari siswa memperoleh pengalaman praktis termasuk proyek kelas, bekerja dengan staf pengajar pada proyek penelitian dan konsultasi, dan fieldbased
praktikum kursus. Manfaat utama dari berpartisipasi siswa dalam pengalaman lapangan adalah bahwa mereka mendapatkan kesempatan untuk menempatkan apa yang telah mereka pelajari ke dalam praktik dalam organisasi nyata. Siswa juga mendapat manfaat
dengan cara yang lebih halus: mereka mengembangkan pemahaman yang lebih besar bagaimana "dunia nyata" sebenarnya bekerja. Siswa dengan siapa saya telah bekerja pada
lapangan proyek selama bertahun-tahun sering terkejut oleh hal-hal seperti kecepatan di mana organisasi sering ingin sesuatu, serta pentingnya hal-hal seperti membangun positif
hubungan interpersonal dengan "klien" di organisasi. Banyak siswa juga berkomentar
bahwa  metodologis pelatihan sering datang  sangat berguna ketika mereka bekerja pada proyek-proyek lapangan. Meskipun banyak keuntungan dari menggabungkan pengalaman praktis ke dalam program pascasarjana, akan ada beberapa kekurangan. Itu
utama yang dialami salah satu program doktor adalah bahwa, dalam beberapa kasus, mahasiswa yang mengambil magang tidak pernah menyelesaikan gelar mereka. Lain
masalah yang dapat terjadi adalah kurangnya kompeten pengawasan dan, dalam beberapa kasus, proyek organisasi berikan kepada siswa mungkin tidak berarti. Meskipun kerugian potensial, dimonitor praktis pengalaman biasanya merupakan komponen berharga dari lulusan pelatihan. Ini juga merupakan cara terbaik untuk mempromosikan model ilmuwan-praktisi kepada siswa.

KOMENTAR 1.3. PENGETAHUAN DAN PRAKTIS DALAM KARIR
Top of Form
KETIKA saya bercermin pada karir saya sendiri,  tema ilmu praktek sangat jelas. Sejak menerima Ph.D. sy di industri / organisasi psikologi pada tahun 1988, saya telah praktek dan sangat aktif dalam program penelitian di bidang stress kerja Dengan demikian, banyak dari apa yang saya lakukan pusat sekitar ilmu pengetahuan. Namun, di samping untuk kegiatan ilmiah, saya telah melakukan sejumlah proyek dalam organisasi yang  telah dirancang untuk memecahkan masalah praktis. Untuk Misalnya, tidak lama setelah memulai pekerjaan pertama saya keluar sekolah pascasarjana, saya adalah peneliti asisten pada sebuah proyek yang dilakukan untuk Angkatan Darat AS Research Institute. Pada proyek terlibat melakukan penilaian organisasi merekrut para operasi cabang dari Angkatan Darat U.S. Angkatan Darat ini pada dasarnya tertarik dengan cara cabang merekrut dapat memfasilitasi pelatihan perekrut lapangan. Sejak proyek pertama, saya telah bekerja dengan sejumlah organisasi melakukan proyek penelitian terapan dan pengembangan program pelatihan.

Apa yang telah saya pelajari dari bekerja dengan organisasi? Mungkin yang paling penting, saya telah mengembangkan banyak hal untuk I / O psikolog
i yang tidak diterapkan pada pekerjaan fulltime dasar. Menerapkan hasil penelitian dalam organisasi pengaturan adalah kerja keras yang membutuhkan keterampilan yang cukup besar. Hal lain saya pelajari adalah bahwa, dalam banyak kasus, ilmu yang baik memiliki nilai praktis, yaitu, ketika proyek-proyek dalam organisasi dilakukan dalam ilmiah secara ketat, organisasi biasanya mendapatkan jauh lebih berguna daripada ketika informasi mereka tidak. Akhirnya, bekerja di organisasi telah benar-benar meyakinkan saya dari kelangsungan hidup ilmuwan-praktisi model. Kesempatan untuk melakukan pekerjaan ilmiah yang berarti yang memiliki nilai praktis membuat bidang I / O psikologi sangat unik dan menarik.

SEJARAH PENGARUH
PSIKOLOGI ORGANISASI
Tahun 1992 menandai ulang tahun keseratus       dari bidang psikologi, untuk menandai ini seratus tahun, banyak ditulis tentang sejarah psikologi industri / organisasi. Bagian ini, karena itu, tidak akan memberikan rinci sejarah, komprehensif bidang organisasi psikologi. Daripada, tujuannya adalah untuk memberikan ringkasan yang relatif singkat beberapa orang dan peristiwa sejarah yang telah membentuk lapangan.

 Ringkasan kronologis dari beberapa peristiwa utama yang membentuk perkembangan bidang psikologi organisasi dalam abad kedua puluh. Awal dari lingkup organisasi  sebagian besar dapat ditelusuri dari karya non-psychologists antara lain yang paling terkenal ini adalah Frederick Winslow Taylor, yang mengembangkan prinsip-prinsip manajemen ilmiah (Taylor, 1911). Meskipun manajemen ilmiah berjangka biasanya menciptakan bayangan waktu-dan-gerak studi, serta sepotong-tingkat kompensasi, sebenarnya lebih dari itu. Manajemen ilmiah adalah, untuk sebagian besar, sebuah filosofi manajemen, dan efisiensi dan sepotong-rate kompensasi adalah manifestasi yang paling terlihat filsafat itu. Ketika seseorang melihat masa lalu aspek-aspek ini lebih terlihat ilmiah dalam manajemen dengan tiga prinsip yang mendasarinya muncul: (1) mereka yang melakukan tugas pekerjaan harus terpisah dari mereka yang merancang tugas bekerja, (2) pekerja adalah makhluk rasional, dan mereka akan bekerja lebih keras apabila dianggap bisa menguntungkan insentif ekonomi, dan (3) masalah di tempat kerja dapat dan harus menjadi sasaran studi empiris.

Secara kronologis, awal dari bidang psikologi dapat ditelusuri dalam konsep  bekerja, seperti Hugo Munsterberg, Walter Dill Scott, dan Walter Bingham. Sebagian besar pekerjaan pada saat itu ditangani dengan topik-topik seperti keterampilan akuisisi dan seleksi personil. Sangat pekerjaan kecil berurusan dengan sisi organisasi lapangan dilakukan.              


Dalam mempertimbangkan prinsip-prinsip yang mendasari manajemen ilmiah dijelaskan di atas, Prinsip pertama adalah tentu bertentangan dengan banyak pemikiran dalam bidang psikologi organisasi hari ini. Prinsip kedua, yaitu bahwa karyawan akan merespon insentif keuangan, sebenarnya telah menerima cukup mendukung selama bertahun-tahun (Locke, 1982). Itu Prinsip ketiga, studi empiris, jelas merupakan salah satu yang menetapkan hubungan antara ilmiah manajemen dan apa yang akhirnya menjadi organisasi psikologi. Dalam hal ini, Taylor adalah seorang pelopor dengan menggunakan metodologi ilmiah untuk mempelajari produksi terkait proses.

Sebuah Ringkasan kronologis dari Pengaruh Sejarah umum di Bidang Organisasi
Psikologi selama Twentieth Century

·        Awal 1900 : Pembangunan dan pertumbuhan Manajemen Ilmiah (Taylor); awal studi ilmiah 
struktur organisasi (Weber)

·        1920-1930  :Hawthorne Studies; pertumbuhan serikat pekerja; imigrasi dari Kurt Lewin ke Amerika Serikat

·        1940-1950-an Perang Dunia II; penerbitan buku Vitele Motivasi dan Semangat Kerja di Industri; pengembangan perspektif "Hubungan Manusia" ; Lewin melakukan "tindakan penelitian" proyek untuk Komisi tersebut Hubungan Masyarakat dan menetapkan Pusat Penelitian Dinamika Kelompok di MIT.

·        1960-1970-AS keterlibatan di Vietnam; Divisi 14 dari APA diubah menjadi "Industri/ Organisasi Psikologi meningkatnya perhatian untuk; ";" multi level "perspektif dalam psikologi organisasinontradisional topik seperti stres, pekerjaan-keluarga konflik, dan pensiun.

·        1980-1990 Meningkatkan globalisasi ekonomi; perubahan demografi tenaga kerja, meningkatkan ketergantungan pada karyawan sementara atau kontingen mendefinisikan ulang konsep "pekerjaan.


KESIMPULAN
Psikologi organisasi adalah studi ilmiah tentang perilaku individu dan kelompok dala organisasi. Psikologi organisasi sebenarnya adalah bagian daribidang yang lebih luas yaitu psikologi industry. Psikologi industry menggunakan metode ilmiah untuk mempelajari perilaku dalam organisasi, juga menyelesaikan masalah praktis dalam organisasi.  Secara historis, psikologi organisasi lebih lambat berkembang daripada lapangan industry. Interaksi yang dinamis antara ilmu pengetahuan dan praktek, dalam banyak kasus dapat memperbaiki hubungan organisasi dan karyawan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukan komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...