Kamis, 21 April 2016

Pencapaian Exelence Seorang Manajer


A. Membangun sifat kunci
 Manusia mempunyai banyak bakat yang digunakan sebagai mesin untuk sukses. Tetapi, prestasi yang terbaik memerlukan lebih dari sekedar bakat.

·         Menilai Diri Sendiri

Anda tahu apa yang mudah bagi anda, dan kekuatan ini dapat dikembangkan dengan cepat. Tetapi belum tentu kemampuan alami yang ada sudah mencukupi. Untuk mencapai seluruh potensi, anda harus mengembangkan sifat kunci.

·         Tanyakan Lainnya

Jika anda yakin nilai anda pada bidang tertentu, seperti kemampuan memimpin, cari saran obyektif dari orang lain. Begitu anda mempunyai semua fakta, buat visi masa depan anda.

·         Menciptakan Visi
Begitu anda telah menilai diri sendiri dan mempunyai pemahaman yang realistis akan kemampuan anda, buatlah suatu visi yang berarti dan dapat diraih. Semua orang terkenal dalam sejarah mempunyai visi dan misi. Mereka tahu kemana mereka pergi, apa yang ingin diraih, dan mempunyai kekuatan yang membantu mereka ke tujuan. Anda dapat menggunakan kekuatan yang sama. Tanya diri anda kemana anda akan berada pada setiap decade.

·         Identifikasikan Misi Anda

Sekarang buat rencana pasti : apa yang harus anda raih untuk merealisasi visi anda. Rencana itu harus dijadwalkan dan diukur melalui hasil yang nyata. Sebagai contoh, jika visi anda untuk masuk ke manajemen.

·         Bergerak Maju
Anda dapat menggunakan dua tehnik jepang berikut dalam perjalanan mencapai visi anda : Kaizen dan Kaikaku, atau perbaikan kontinu dan perubahan radikal. Kaizen adalah terus menerus mencari jalan untuk meningkatkan semua elemen performa anda. Sedangkan Kaikaku lebih jarang terjadi.

·         Melihat ke Depan
Konsentrasi pada tujuan dan kemungkinan masa depan lebih berguna daripada kesempatan yang terlewatkan. Jika anda kehilangan suatu kesempatan, jangan membuang waktu untuk menyesal, tapi pelajari mengapa itu terjadi.

B. Membangun Keyakinan

Keyakinan atas diri sendiri dan kemampuan adalah sifat yang penting, anda dapat mengembangkan kepercayaan diri melalui pengalaman dan latihan, sama seperti anda belajar untuk “ Menjual diri sendiri “ ketika meyakinkan orang.

·         Lakukan yang terbaik
Tingkatkan kepercayaan diri dengan mengingat hasil pekerjaan yang baik. Jangan bandingkan diri tak sebaik orang lain, atau merasa bahwa orang tak sebaik orang lain. Jika anda tidak puas akan suatu hal, latihlah keahlian anda. Banggalah atas pekerjaan yang baik.

·         Mencari Saran
Orang lain sering mengamati dan menilai apa dan bagaimana anda mengerjakannya- Anggap diri anda seperti iklan “ On Air “.Jangan takut mencari tanggapan dari pelanggan, atasan, senior, kolega, dan pemasok. Setelah mendapat respon bekerjalah atas apa yang anda ketahui. Hal ini tidak sama dengan mencari persetujuan orang lain.

·         Mengatasi Wawancara
Anda ingin membuat kesan percaya diri dalam wawancara, apa pun posisi anda dalam wawancara itu. Sebagai contoh, ketika anda mewawancara pelamar kerja, atau mendaftarkan diri sendiri, anda sebaiknya berpakaian rapi. Jika memungkinkan, siapkan pertemuan itu seperti anda akan melakukan pidato.

C. Menguasai Resiko
Hasil berarti didapat dari mengambil resiko. Kepercayaan diri dan keberanian adalah keahlian melihat ke segala arah sebelum bertindak. Hanya mereka yang berfikir, bertindak, membangun bisnis seperti wiraswasta mempunyai masa depan cerah.

·         Mengolah Kebernanian
Berwiraswatsa berarti yakin atas kemampuan anda sendiri dan berani beresiko salah. Ketika berhadapan dengan suatu risiko, coba untuk berfikir seperti seorang pengusaha : hitung apakah resiko itu bermanfaat. Jika ya, ambillah dengan keberanian dan percaya diri. Saran akan didapat dalam perjalanan.

·         Berfikir Positif
Semua keputusan, baik dari berwiraswasta sampai menerima pekerjaan baru mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ketika menghadapi resiko, siapkan mental anda dengan baik dan berkonsentrasilah pada potensi positif. Tetapi ingat akan adanya kekurangan. Bahkan orang yang paling barani pun akan mempertimbangkan itu, meski secara tidak sadar, apa yang terjadi pada hal terjelek.

·         Menghitung Resiko

Jangan tertipu oleh perkataan investasi lama yang berkata “ profit yang besar berarti resiko yang besar “. Kenyataanya, keunggulan atas perubahan yang aman, seperti pindah kerja, cukup besar. Tetapi anda tetap harus menghitung resikonya dengan perkalian mudah dan efektif.

D. Membangun Semangat
   Anda memerlukan tenaga untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Tetapi hal yang membedakan antara sukses dan gagal adalah pikiran. Anda akan akan menghasilkan dorongan jika terus menerus menyalurkan energi menuju tujuan pasti.

·         Membulatkan Tekad

Hal yang menusiawi : Mempunyai ide besar yang tidak pernah menjadi kenyataan, meski dalam kali rencana ambisius tampak mudah. Kekurangannya adalah tak ada keinginan menghidupkan rencana. Jalankan ide dengan rencana kerja.Susunan pikiran yang benar akan membantu anda melihat hal-hal yang dapat dilupakan. Tinggalkan rencana, jika analisa memperlihatkan kesalahan, bukan karena kemalasan atau takut telah menghentikan jalan anda.

·         Menguasai Pikiran

Semangat dan tenaga memerlukan kemampuan fisik. Sama seperti beberapa orang dilahirkan dengan kekuatan fisik lebih, demikian halnya kekuatan fisik psikologis. Ada persamaan penting atas kedua kelebihan tersebut. Setiap orang dapat memilih dan meraih target pribadi mereka. Dengan berkonsentrasi pada target, anda dapat menciptakan semangat untuk meraih hasil akhir.

·         Menyadari Kebenaran

Ada kalanya menyerah adalah langkah yang benar. Berhenti terkadang berfungsi sebagai ramalan yang tepat. Saat anda berhenti, aktifitas pun berhenti, baik itu belajar hal baru atau memulai usaha baru. Banyak orang nyaris mendapatkan potensi penuh saat mereka meninggalkan proyek sebelum mencapai tujuan utama. Mungkin masih dalam jangkauan sehingga anda dapat melanjutkannya. Tetapi, kita semua tahu orang yang mengejar target mustahil tidak menghasilkan apa-apa. Sebelum memutuskan untuk menyerah, analisa terlebih dahulu hasilnya. Jika keunggulan masih melampaui kekurangan, kejar keputusan akhir dengan semangat dan energi.

E. Memimpin Efektif
Kemampuan memimpin ialah sifat penting. Lengkapi potensi anda dengan belajar bekerja produktif untuk orang lain maupun diri sendiri. Gunakan ide staf untuk hasil yang lebih baik. Anda juga perlu menciptakan pemimpin diantara mereka.

·         Mengatur orang lain
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari orang yang bekerja untuk anda, anda harus memberi contoh yang dapat diterima. Karyawan akan bekerja keras utnuk seseorang yang kekuatan dan kebijaksanaannya dipercaya. Mereka mengharapkan sikap profesional yang kompeten, termasuk disini adalah mendelegasikan tugas untuk meningkatkan partisipasi dan kemampuan.

·         Meraih Kerja Sama
Kerja sama manajer dan staff membutuhkan komitmen dari kedua belah pihak. Untuk bekerjasama, lepas sedikit kontrol, namun tetap kuasai keseluruhan. Dua pertanyaan kunci untuk staff anda : “ Apa yang saya lakukan sehingga menghambat anda melakukan hal yang lebih baik ? “
“ Apa yang saya dapat lakukan untuk membantu anda ? “
Bekerjasamalah dengan jawaban mereka, sebagai contoh dengan membeli peralatan baru / pelatihan, akan meningkatkan prestasi yang besar.

·         Memunculkan pemimpin
Sebagai manajer, pastikan anda mendapat latihan untuk mengembangkan keahlian prioritas, pengejaran progres, delegasi dan motivasi.Buat hal ini sebagai bagian integral dan rencana pengembangan pribadi anda, dan pastikan staff terutama wakil juga mengembangkan kemampuan memimpin mereka. Mendengar dengan perhatian, mengkritik konstruktif, toleransi dan perbaikan atas kesalahan.

F. Menjaga Kebugaran
   Olahraga mempunyai banyak dimensi tidak mungkin anda mengharapkan performa tinggi kalau pikiran dan tubuh anda tidak dalam keadaan sehat. Gaya hidup dan frekuensi olah raga berpengaruh pada potensi dan prestasi anda.

·         Memelihara Kesehatan
Kebanyakan orang hanya memerlukan sedikit penyesuaian gaya hidup untuk meningkatkan kebugaran dan memelihara kesehatan sehingga berprestasi efektif. Istirahat cukup, makanan yang seimbang dan berolah raga teratur adalah hal yang bijaksana dan berguna. Dengan gaya hidup yang seimbang dan menjaga kesehatan fisik, anda akan menyadari bahwa anda akan mempunyai stamina tubuh dan energi lebih untuk meraih potensi dalam pekerjaan.

·         Melatih Tubuh Anda
Program olah raga apapun akan memebri anda ukuran standar kesehatan. Standar paling baik adalah kebugaran aerobic, yang mengukur efesiensi jantung dan paru-paru. Olahraga lain, seperti mendayung, memerlukan tingkat kebugaran tinggi.

·         Tetap Cekatan
Kebugaran aerobic bukan satu-satunya standar. Keseimbangan, Fleksibilitas dan kekuatan sering dilupakan dalam berolahraga. Anada dapat melatih aspek tersebut dalam Gym. Tapi akan sangat menolong jika anda berjalan, merengangkan tubuh.

·         Makanan Sehat
Makanan anda memberikan nutrisi penting untuk kesehatan dan kalori untuk tenaga. Kehidupan kantor memberi banyak godaan atas makanan yang sehat. Makanan kecil, minum-minuman, dan pengeluaran jajanan lain memberi dampak yang buruk pada konsentrasi, pencernaan dan ukuran pinggang.

·         Mencari Pertolongan
Stress dan ketegangan dunia kerja dapat menciptakan gangguan, baik dari depresi ringan sampai kejatuhan total. Resep dari masalah ini sama dengan gangguan fisik : jika anda merasa tidak sehat secara mental, cari bantuan. Hanya dengan berbicara dengan teman atau dokter anda mungkin sudah cukup.

·         Beristirahat
Beberapa orang yang mempunyai karier luar biasa percaya bahwa bekerja 24 jam sehari memberikan mereka keunggulan atas lainnya. Tetapi sukses bergantung pada ide dan implementasi yang tidak terpengaruh dengan jumlah waktu yang dipakai. Terlalu keras bekerja akan berpengaruh kebalikannya dengan pemikiran dan prestasi. Coba hindari membawa pekerjaan ke rumah atau pergi ke kantor pada akhir pekan.

·         Tidur Yang Baik
Tidur adalah hal penting untuk berprestasi, meski tiap orang mempunyai waktu tidur yang berbeda, anda harus mempunyai dosis minimal. Keharusan itu dapat diperkecil secara teratur. Dengan memotong waktu tidur sedikit demi sedikit, empat jam dapat diraih sebagai waktu minimal, sisa waktu dapat digunakan untuk aktivitas lainnya. Jika anda menghilangkan tidur tanpa latihan.

G. Meraih Keunggulan
Tidak ada pilihan lebih baik dari tujuan kesempurnaan, mencari prestasi puncak dan hanya puas akan hasil terbaik. Jadikan diri anda kritik yang terbaik, memperhatikan kesalahan anda dan mencari hasil yang sempurna.

·         Mencari Kesempurnaan
Mengejar kemungkinan akan standar yang paling tinggi akan secara langsung mengantar anda kesempurnaan dalam suatu aktivitas, anda harus menjadi yang terbaik, yang merupakan objektif dari setiap contoh. Kesempurnaan pun sementara sulit diraih, kalau bukan mustahil. Dalam praktiknya, mengarah ke keunggulan selalu berpartisipasi lebih baik dari standar sekarang.

·         Menjadi Yang Terbaik
Seperti pelari, manajer dan perusahaan memerlukan lawan, atau paling tidak saingan untuk menghasilkan prestasi terbaik. Proses ini disebut “ Benchmarking “ yang mengukur prestasi serupa untuk membuat target yang harus dilewati. Kekurangan dari cara ini adalah kemungkinan adanya perbandingan yang rendah. Anda ingin menjadi yang terbaik atas pekerjaan terbaik. .

·         Kritik Diri Sendiri
Ada perbedaan mendasar antara mengritik diri sendiri dan harga diri yang rendah. Anda perlu pandangan pribadi atas kemampuan dan cara anda menggunakannya. Tetapi terlebih dahulu, beri nilai yang keras terhadap pekerjaan dan hasil anda. Dengan berlaku sebagai kritikus yang tajam, anda akan menghindari kepuasan dan kehilangan arah pengerjaan keunggulan.

·         Menaikan Standar Anda
Betapa pun baiknya anda akan suatu hal, anda dapat selalu belajar, ini berarti bahwa betapa pun tingginya standar yang anda pasang, tetap dapat ditingkatkan. Laksanakan prinsip peningkatan menerus pada semua hal yang anda kerjakan. Ketika anda memulai pekerjaan baru, anda mungkin kecil hati dan ragu atas kemampuan anda menyelesaikan tugas. Tetapi pengalaman akan membuktikan dalam beberapa minggu, anda akan bekerja baik dan tanpa kesulitan.

·         Menerima Tantangan
Anda mungkin senang melakukan kerja yang sama di posisi yang sama bertahun-tahun. Tetapi hal itu tidak akan membantu pembentukan seluruh potensi anda. Sifat tidak pernah letih adalah tanda yang baik dan kualitas yang berharga. Begitu suatu tugas selesai, anda mencari situasi dan tantangan yang baru. Egoislah dalam menerima tantangan itu.

·         Menginspirasi Keunggulan
Mencari keunggulan bagi diri anda mengharuskan hal yang sama kepada lainnya. Bagian dari semangat meraih kesempurnaan termasuk mencapai maksimum lainnya. Pupuk keinginan mereka untuk komitmen, berhasil, bertanggung jawab, dan menggunakan kekuatan mental dengan memberi contoh yang baik.

Meningkatkan Keahlian Anda
Dimana pun anda berada dalam karier anda, tetaplah penting untuk belajar. Dengan mengembangkan dan menggunakan ilmu anda, anda akan meningkatkan prestasi secara dramatis.

H. Mempercepat Belajar
Anda tidak pernah terlalu tua untuk belajar, dan kebutuhan belajar semakin banyak, bukan menurun, karena karier anda meningkat dan pekerjaan menjadi lebih rumit dan penting. Waktu untuk belajar susah dicari, tetapi selalu bermanfaat.

·         Mendidik Diri Anda
Banyak orang yang dipromosikan ke posisi baru dan lebih senior berpikir mereka dapat belajar selama bekerja, tanpa perlu pendidikan apapun tentang pekerjaan baru mereka. Tidak halnya hobi anda, seperti selancar angin, dimana anda pasti akan mengambil latihan. Prinsip yang sama berlaku saat anda menerima posisi pekerjaan baru.

·         Belajar Bahasa
Menguasai bahasa asing akan membuat perbedaan negosiasi dan hubungan kerja, dan juga latihan yang berharga untuk akal pikiran. Kaset dan video adalah sarana yang efektif tapi interaktif adalah pelajaran terbaik. Anda dapat ikut les atau media interaktif.

·         Menguasai Komputer
Meskipun anda mempunyai akses atas manfaat computer, ia hanya sarana lanjutan yang berharga dari otak dan kemampuan anda. Anda harus dapat menguasai program wordprocessing, e-mail,dan spreadsheet. Sarana produktifitas seperti agenda meja dan personal data base juga bernilai tinggi dan hanya sedikit membutuhkan biaya. Terlepas dari kegunaan pribadi, computer telah menjadi pilihan utama dalam penyaluran data perushaan, kolega, pesan, pelanggan, pemasok, pekerjaan kolaboratif dan internet.

·         Menggunakan Ilmu
Pastikan latihan apapun yang anda ambil berhubungan dengan pekerjaan. Dan laksanakan apa yang dipelajari sebisa mungkin, jangan berkecil hati karena kolega anda membantah apa yang telah anda pelajari. Anda baru akan merasakan nilai yang sebenarnya ketika anda mempraktikannya di pekerjaan sehari-hari. Sampaikan pengetahuan baru kepada kolega-kolega anda dan jadikan mereka rekanan.

I. Berfikir Efektif
Disiplin mental terpenting, berfikir, adalah hal paling sedikit diajarkan di sekolah atau perusahaan. Anda dapat menaikkan tingkat berfikir dengan logika dan teknik yang akan memberikan pemahaman, ide dan keputusan yang lebih baik.

·         Menggunakan Logika
Logika berarti penalaran yang pasti dan masuk akal. Gunakan logika untuk sampai ke tingkat ideal dimana kekuatan fakta melenyapkan semua pilihan, kecuali satu. Hal ini tidak dapat terjadi setiap waktu karena banyak hal yang tidak diketahui. Tetapi manajer rasional akan mencari kejelasan fakta yang digunakan untuk mendapat keputusan yang mantap. Logika juga berperan dalam kondisi yang tidak jelas. Anda dapat membuat kemungkinan dan secara logis memprediksi konsekuensi yang dapat terjadi. Anda kemudian dapat membuat rencana dan kemungkinan terjadinya rencana itu. Logika mengajarkan bahwa rencana yang paling baik pun dapat berjalan salah, jadi ingat selalu untuk berencana dalam pikiran anda.

·         Berfikir Lateral
Berfikir lateral, diciptakan oleh Edward de Bono, adalah teknik untuk menantang ide, dan menghasilkan solusi dan saran yang lebih baik. Salah satu teknik adalah provokasi, diam anda mengeluarkan ide yang tidak biasa untuk dikembangkan sebagai ide praktikal. Teknik lainnya adalah dengan mengambil analogi dari bidang lain. Jika seseorang mengatakan sesuatu itu mustahil atau tidak dapat dikerjakan, gandakan usaha anda untuk melihat apakah sebetulnya ide itu bagus.

·         Mendukung Institusi
Perasangka atau suara hati tidak terlihat impresif dibandingkan logika, pemikiran lateral, dan penalaran. Tetapi proses berfikir intuitif adalah hal yang intelektual. Intuisi akan menjadi faktor penentu, yang ditentang oleh kesadaran anda, dalam menciptakan keraguan yang tidak dapat didefinisikan yang mencegah anda mengambil keputusan. Jangan pernah tidak peduli akan pesan dari hati, tetapi analisa intuisi seperti rencana logika. Periksa intuisi dengan fakta.

J. Memperbaiki Daya Ingat
Ingatan yang baik adalah asset berharga dan dapat terus dibangun. Bahkan pakar daya ingat yang paling luar bisa pun bergantung pada tehnik tertentu dalam mengingat. Ikuti cara-cara berikut ini, dan anda tidak akan lupa apa pun yang harus diingat.
·         Menguji Daya Ingat
Orang banyak mengeluh bahwa daya ingat mereka menurun, padahal beberapa hal, seperti stress dan keletihan, mempunyai pengaruh dan tidak ada hubungannya dengan kemampuan intelektual. Uji diri anda, dapatkah anda menghapal sepuluh hal berurutan dalam sekali baca ?

·         Fungsi Perumpamaan
Dapat mengingat apa yang anda mau atau perlukan sangat penting. Anda tidak perlu bergantung pada kemampuan pribadi anda. Perumpamaan adalah kunci mengingat efektif dan dengan menggunakannya secara bebas, anda dapat menyelesaikan suatu tugas yang disangsikan sebelumnya, seperti berpidato selama 30 menit tanpa catatan.

·         Membantu Daya Ingat
Bukan keharusan anda untuk membebankan pikiran mengingat hal-hal jika komputer, sistem penyimpanan atau agenda dapatnya mengerjakannya secara baik. Baiknya anda juga menyimpan tempat rujukan di internet atau rak buku. Komputer membuat semua hal ini lebih mudah.

K. Cara Membaca Ideal
Membaca adalah dasar terpenting untuk efisiensi. Semakin cepat anda membaca dan memahami semak baik. Pandangan bahwa pemahaman memperlambat baca adalah salah. Belajarlah membaca cepat maka pemahaman pun akan meningkat.

·         Membaca lebih Cepat
Sedikit manajer yang mengetahui statistik pribadi mereka. Berapa cepat anda membaca sekarang ? Kecepatan rata-rata ialah 250 – 300 kata per menit ( Kpm ), tapi anda dapat melatih, atau dilatih membaca lebih cepat. Tip pertama adalah baca hanya yang diperlukan. Tinjau terlebih dahulu materinya, hilangkan yang tidak perlu, dan baca hal yang penting saja. Jangan membaca ulang kata atau kalimat yang telah di baca.

·         Memahami Lebih Cepat
Karena kepercayaan yang salah bahwa membaca cepat berarti pemahaman berkurang, banyak orang membaca kalimat berulangkali. Padahal yang terjadi adalah kebalikannya. Uji coba telah bersamaan dengan kecepatan. Pembaca yang terlatih tidak hanay mempunyai kecepatan tinggi, tetapi juga pemahaman yang lebih baik.

·         Memilih Subyek
Anda mungkin banyak membaca karena pekerjaan anda. Tapi pekerjaan itu akan lebih baik jika anda meluaskan bacaan. Buat dan laksanakan rencana membaca mingguan dan bulanan. Sebagai contoh target ialah satu Koran sehari, satu majalah yang berhubungan seminggu, dan satu buku serius sebulan. Buku itu tidak harus mengenai manajemen bisnis, meskipun setiap tahun pasti terbit buku atau majalah menyimpan pelajran berharga, informasi dan ide.


L. Menulis dan Berbicara Lebih Lancar
Kebanyakn manajer, seperti orang lain, sulit berbicara di depan umum dan menulis baik. Jalankan peraturan di bawah ini, karay tulis anda akan luus dari tes normal apapun, dan anda akan dapat menjadi pembicara umum yang efektif dimana saja.
·         Menulis Teks
Gunakan kata-kata yang pendek daripada panjang., dana kalimat aktif daripada pasif dalam membuat tulisan. Buat kalimat-kalimat pendek dan ringkas. Jangan gunakan saran-saran yang tidak penting seperti huruf capital selain untuk nama, atau jargon manajeman. Hindari juga penggunaan archaism, atau kata-kata kuno yang tidak dipakai lagi, dan akta-kata klise dalam menulis sebagai tambahan, buat jalan cerita yang logis dan luwes dari satu topik ke topik,dan tulis kata-kata yang lebih dari yang diperlukan.

·         Mendikte Karangan
Menulis memakan waktu cukup banyak. Hanya pakar yang dapat menulis 20 kata atau lebih dalam karangan yang baik. Karena kita dapat berbicara nyaman sekitar 160 kata per menit ( Kpm ), pendiktean dapat menjadi cara menulis terbaik. Anda tentu saja tidak akan mencapai 160 Kpm tapi dapat dengan mudah meningkatkan dua atau tiga kali saja. Anda perlu seseorang yang menulis atau menyalin dikte anda, dan juga dapat memeriksa dan menulis ulang tulisan tersebut.

·         Bicara Jelas
Hampir setiap orang dapat berbicara dengan baik. Ada orator-orator yang luar biasa tetapi anda tidak bersaing dengan mereka, Dalam percakapan sehari-hari, wujudkan maksud anda secara jelas, jalan cerita yang mudah, dan masukan hal-hal yang penting tanpa bertele-tele. Hanya itulah yang diperlukan dalam berbicara untuk tujuan profesional anda. Bayangkan anda berbicara dengan sekumpulan teman yang seperti anda, juga sangat tertarik akan apa yang anda ingin katakana, dan yang juga tidak perlu dikesankan oleh kata-kata indah.

·         Mengatasi Gugup
Bahkan pembawa acara professional, yang kelihatannya nyaman berhadapan kamera, gugup sebelum sebuah program berjalan. Bahkan pengarang terkenal pun ragu akan kualitas penulisan mereka. Kegugupan itu menunjukkan stimulasi yang wajar, adrenaline yang mengalir saat anda menyiapkan diri untuk bertempur. Jika kegugupan menyerang anda, gunakan teknik relaksasi seperti berjalan kecil, atau memeriksa ulang materi anda untuk melepaskan ketegangan.
·         Mengatur Pembicaraan
Semua pembicaraan menyangkut tiga hal : Pesan, Materi dan Sikap. Apa yang anda ingin sampaikan ? Buat satu pesan besar dan penting yang berkesan pada pendengar anda. Ikuti cara dasar ini, beritahu pendengar apa yang akan anda sampaikan, bicarakan, dan akhirnya ulang apa yang telah dikatakan. Dalam pesan keseluruhan, tulis hal kunci sedikit mungkin, dan ambil waktu sekitar tiga menit membicarakannya. Apa yang dapat digunakan sebagai dukungan.

·         Mempresentasikan Ide
Bagaimana sebaiknya pesan dan materi disampaikan ? Ada bermacam cara : Berjalan di panggung atau ruangan, berdiri dari tempat tetap , menggunakan catatan, membaca teks. Jaga kontak mata untuk menilai hasil pembicaraan anda dan merubah saat diperlukan.

Menjadi Lebih Efektif
   Ada banyak alat dan teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa. Dengan sedikit pengetahuan, pastikan anda memaksimalkan kegunaan sumber daya pribadi.

M. Menaikkan Kreatifitas
Kebanyakan orang berfikir, kreatifitas hanya untuk orang tertentu. Mereka salah. Setiap orang mempunyai daya kreatifitas dan dapat belajar menggunakannya. Buka pikiran dang anti cara lama, anda akan sadar bahwa idu mudah didapat.

·         Menciptakan Hal Baru
Banyak perusahaan terperangkap atas kepercayaan bahwa cara lama yang telah melegenda tidak dapat diperbaharui, dan mereka terus mengikuti pemimpin pasar. Individu juga mengulang apa yang telah dilakukan, mencontoh orang lain yang telah sukses. Tetapi untuk menjadi kreatif, gunakan pendekatan lain. Tanya diri anda, apa yang akan terjadi jika anda mengerjakan kebalikan dari kebiasaan sekarang.

·         Mengganti Cara
Dalam menciptakan strategi pribadi dan bisnis anda, jangan hanya mencontoh kompetensi anda. Ketahuilah bahwa dari jaman Yunani kuno sampai Perang Dunia II  dari semua konflik dan kampanye besar, hanya ada enam perang dimenangkan dengan penyerangan langsung. Kemenangan lainnya didapat dari mengepung musuh, menyerang dari sisi kiri dan kanan.

·         Mencari Ide
Ide datang dari mana saja, negeri lain, perusahaan lain, dan industri lain. Untuk mendapatkannya, anda harus membaca dan menilai peralatan anda, kemudian berikan kendali pada keinginan untuk bereksperimen. Jika anda menemukan cara atau produk baru, buat waktu atau pasar uji untuk membuktikannya sebelum anda yakin dan mengambil komitmen. Ide “ curian “ juga sangat bernilai, tidak hanya karena keasliannya tapi juga analoginya.

N. Pemanfaatan Waktu
Waktu adalah asset anda yang paling berharga, dan penggunaan waktu yang baik adalah kunci prestasi anda. Dengan menganalisa pengguna waktu, perubahan dapat dibuat untuk memaksimalkan waktu hari kerja anda.

·         Ukur Pemakaian Waktu
Anda mungkin berpikir bahwa kebanyakan waktu anda digunakan untuk hal penting, tapi jika anda membuat rekor waktu yang detil , anda akan terkejut akan adanya aktivitas sepele. Amat mudah menghabiskan banyak waktu untuk hal rutin, seperti membaca surat daripada mengerjakan tugas prioritas kerja.

·         Menjadwalkan Waktu
Kebanyakan dari tugas anda dapat dibagi menjadi tiga kelompok : Tugas rutin, Tugas sekali kerja dan tugas perencanaan dan pengembangan. Untuk menjadi efektif dalam kerja anda, gunakan 60% waktu anda untuk tugas kelompok tiga, 25% untuk tugas kelompok dua dan hanya 15% untuk tugas kelompok satu.

·         Delegasi Tugas
Dengan mendelegasikan tugas sebagian pekerjaan anda, anda telah member waktu untuk menyelesaikan unsur pekerjaan anda yang paling penting. Bagi tugas penting anda dalam tiga grup : tugas yang tidak perlu diselesaikan sama sekali baik oleh anda atau orang lain ; tugas yang dapat anda dan bisa didelegasikan ; dan tugas yang tidak didelegasikan dan harus dikerjakan sendiri.

·         Mengisi Waktu
Waktu menunggu, seperti dalam perjalanan atau menunggu rapat, adalah waktu yang terbuang percuma. Selalu siapkan pekerjaan untuk mengisi waktu. Jika perjalanan pulang lama.

O. Bekerja Produktif
Setelah menentukan waktu yang efisien, pastikan bahwa anda bekerja seproduktif mungkin dalam jadwal tersebut. Cari jalan untuk mengukur prestasi pribadi, memasang target yang lebih tinggi, dan meningkatkan kinerja untuk menutup jurang pemisah.

·         Mengukur Hasil
Anda akan selalu dapat mengukur hasil dan efektifitas. Seberapa cepat anda menjawab telepon ? Apakah anda tepat waktu ? Setelah memilih ukuran yang cocok dengan pola kerja anda, pelajari proses kerja untuk melihat adakah bagian yang dapat di hilangkan atau dipercepat.

·         Menjaga Kualitas
Kualitas adalah hal yang mendasar. Hasil tinggi dengan standar rendah tidaklah produktif. Sebagai contoh, membalas surat segera menjadi tidak berguna jika surat itu ditulis dengan tidak jelas atau akurat. Kebenaran yang sama berlaku pada pekerjaan anda. Ambil waktu sebelum memulai tugas untuk memutuskan jalan terbaik dan objektif.Lebih bijaksana untuk menyisihkan masalah,daripada menunda semua pekerjaan.

·         Membuat Perkembangan
Salah satu cara yang mudah meningkatkan produktifitas adalah dengan berkonsentrasi pada aktivitas yang anda kuasai secara pribadi, daripada hal lain yang diluar control anda, Buat target produktifitas yang baru dan lebih tinggi,contoh jika anda sering datang terlambat saat rapat.

P. Memilih Prioritas
Manajemen waktu efektif memerlukan prioritas. Anda tidak dapat menyelesaikan semua tugas pada waktu bersamaan bekerja dengan daftar prioritas itu penting. Hal berguna lainnya untuk memprioritaskan pengembangan keahlian spesialisasi.

·         Menilai Kepentingan
Tugas terbagi dalam empat kategori : sangat penting, berguna, dan tidak penting. Mereka juga terbagi dalam empat horizon waktu : mendesak, agak mendesak, tidak mendesak, dan tidak diwajibkan. Kategori dan horizon waktu ini menentukan apa yang harus diprioritaskan .

·         Mengatasi Batas Waktu
Hindari cara kerja kebanyakan jurnalis, yang syarat dengan batas waktu, tapi biasanya dikerjakan pada menit-menit terakhir. Ketika anda memberi atau menerima batas waktu, pastikan bahwa waktu itu disetujui , tanggal itu menjadi prioritas pertama, dan melewati batas waktu tidak diterima.

·         Memilih Spesialisasi
Membuat pilihan prioritas yang benar berpengaruh dalam peningkatan performa pribadi anda. Keahlian umum membuka banyak pintu, tetapi akan sangat bernilai juga untuk memprioritas suatu hal sehingga anda dapat menjadi pakar. Pertama, anda akan menonjol karena mengetahui itu dapat memberikan anda posisi kunci dalam proyek-proyek penting dan diskusi. Kedua, pengalaman mengusai suatu hal secara dalam dan penguasaan total di area anda akan meninggkatkan kepercayaan diri dan membangun kekuatan pikiran.
  
Q. Memahami Uang
Kemampuan mengatur uang penting untuk seorang manajer. Akuntansi bukan bakat almai orang banyak, tapi dapat mudah dikuasai daripada kebanyakan anggapan. Kunci menjadi manajer ahli angka ialah melatih pengguna angka setiap saat.

·         Mengerti Angka
Untuk menguasai keahlian berhitung dasar, pelajari buku atau ambil kelas tambahan. Begitu anda memahaminya. Lakukan sendiri pembuatan anggaran, menulis rencana kerja, mengerjakan manajemen pikiran, dan mempelajari laporan keuangan. Pertama kalinya, mungkin lambat dan rumit, tapi anda akan semakin cepat dan baik dengan pengalaman.

·         Memahami Arus Kas
Anda dapat jatuh bangkrut dan tetap menghasilkan keuntungan. Jika tagihan dan gaji dibayar sebelum pelanggan melunasi hutang mereka, kas akan keluar dari perusahaan dalam jumlah besar. Manajemen kas yang efektif berarti mempercepat pengumpulan uang, mencocokan perhitungan perkiraan anda dengan arus masuk, dan memanfaatkan keseimbangan utnuk hasil tertinggi.

·         Mempelajari Akuntansi
Setiap manajer sebaiknya mengetahui prinsip pencatatan dua kali, perkiraan untung dan rugi, dan neraca. Tapi biarkan pelaksanaannya dilakukan oleh akuntan profesional. Sebagai manajer, anda berkepentingan dengan manajemen perkiraan, yang bertujuan untuk merefleksikan kejadian sebenarnya dengan kejadian finansial. Kelas-kelas latihan dapat memberikan pengetahuan akan hubungan penghasilan, biaya langsung dan kontribusi.

R. Mengurangi Stres
   Stres sebetulnya membahayakan, tapi dapat berdampak serius pada orang yang salah menanggapinya. Kenali batas kemampuan anda dan ambil langkah mengurangi stress ketika hal itu mengancam prestasi, untuk meningkatkan efektifitas anda.

·         Mengenal Gejala
Setiap orang mengatasi stress secara berbeda, tapi hal itu tampak dari gejala fisik seperti gangguan kulit atau pencernaan. Anda mungkin merasa terganggu dan letih. Kerja dapat menghantui anda dan ketegangan saraf dapat berakhir depresi.

·         Analisa Kepribadian
Penelitian telah membuktikan bahwa beberapa tipe anda rentan akan stress dan akibatnya seperti penyakit jantung. Jika anda manajer ambisius yang sangat kompetitif, cepat dalam berfikir, bicara dan kerja. Berkomitmen, tidak sabar, dan menekankan waktu, anda adalah kepribadian tipe A. Jika anda orang yang lebih tenang, anda lebih sedikit beresiko dan masuk sebagai tipe B.

·         Mengatasi Kecemasan
Cemas adalah pengalaman yang tidak menyenangkan. Penyebabnya sering kali wajar dan dapat dimengerti. Sebuah merger atau reorganisasi sebagai contoh, dapat mengancam pekerjaan atau kekuasaan anda. Ancaman menghasilkan kecemasan. Tapi langkah apa yang bisa diambil untuk menghilangkan ancaman itu ? dalam contoh diatas jangan dengarkan isu dan berfikir positif. Belum tentu ancaman itu terjadi, sehingga anda hanya akan menyusahkan diri sendiri.

·         Memecahkan Kesulitan
Mudah dan umum terjadi menunda kerja, tapi kebiasaan ini dapat meningkatkan stress dalam dua cara. Pertama, perasaan bersalah meningkatkan pekerjaan. Kedua, anda membangun stress dan tekanan untuk masa depan. Panduan itu dengan sendirinya adalah gejala stress.
Meraih Sukses
Sukses bergantung pada kemampuan mengatur karier anda. Ambil setiap kesempatan untuk meningkatkan diri anda, dan cari bantuan lainnya untuk memajukan perkembangan anda.

S. Menilai Ulang Tujuan
Tenang dan analisa tujuan yang metodis adalah hal penting akan kesuksesan visi anda. Tapi situasi berubah. Anda harus siap terus menilai ulang dan mengubah ide saat diperlukan. Gunakan proses penilaian ini untuk mengambil keputusan.

·         Memberi Pertanyaan
Selalu analisa tujuan anda ketika sedang menilainya. Jangan pernah memutuskan sesuatu begitu saja. Dengan kata lain, selalu bertanya sampai anda puas bahwa, sejauh mungkin , anda tahu seluruhnya.

·         Menggunakan Jawaban
Ungkapan “ paralysis by analysis “, kelumpuhan karena analisa, berbicara tentang organisasi yang menghabiskan waktu menghitung angka dan laporan tapi tetap tidak berbuat apa-apa. Jika anda telah memutuskan tujuan, tapi sulit mengambil langkah, tanyalah kenapa. Mungkin usaha itu sendiri merupakan penghambat, atau khawatir tidak bisa kembali setelah melangkah. Jadi ketakutan akan salah , dengan segala cara.

T. Mencari Mentor
   Setiap orang mempunyai seseorang yang berpengaruh besar akan kehidupan dan pekerjaan mereka. Belajar dari mentor, yang pengalamannya lebih beragam dan banyak daripada anda, adalah kunci meningkatkan prestasi dan meraih kesuksesan.

·         Belajar Dari Yang Lain
Orang tua, guru, dosen, atasan atau sahabat bisa menjadi mentor. Prinsipnya selalu sama yaitu peningkatan prestasi dengan mendengar dan belajar dari pemikiran yang berpengetahuan luas. Anda dapat memilih mentor dari masa lalu, dan kenyataannya banyak pengusaha sukses meminjam ide dari pahlawan dalam sejarah bisnis.

·         Mencari Teman
Memilih Mentor yang benar adalah langkah penting dalam mengoptimalkan prestasi anda. Dia tidak harus sebanding atau lebih senior, tapi dapat saja bawahan kunci atau kolega dengan status berbeda. Tugas utamanya adalah memberikan bakat dan sumber daya yang tidak ada pada anda. Dalam karier, anda dapat mempunyai banyak mentor berbeda.

U. Membangun Hubungan
   Tidak hanya apa yang anda tahu, tapi siapa yang anda tahu memberi perbedaan sukses dan kegagalan. Buku alamat anda adalah salah satu alat kepunyaan yang paling bernilai dan akan meningkat nilainya di kemudian hari.

·         Menyimpan Catatan
Orang karier efektif mencatat semua nama kontak yang berguna dana berpotensi dan secara teratur memperbaharui nama, alamat dan nomor kontak. Tidak ada bedanya apakah anda menggunakan buku alamat atau program Komputer, meskipun lebih menggunakan yang terakhir.

·         Mengingat Kontak
Kontak yang tidak anda ingat telah hilang nilainya. Cobalah untuk mengingat nama kontak baru. Dapatkan semua detail dan simpan informasi ini. Perlakukan serius setiap kontak anda tidak akan tahu kapan dan dalam konteks apa anda bertemu mereka kembali.

·         Menjaga Hubungan
Beberapa dari kontak terbaik anda didapat dari kerja, terutama ketika bekerja dalam tim. Tim dapat bekerja dalam departemen, atau melewati baik departemen dan fungsi, dan mungkin menggunakan orang lain di luar perusahaan. Anda dapat belajar banyak dari sesama anggota, baik sebagai anggota tim atau pemimpin. Setelah dekat, anda dapat melihat kekuatan dan kelemahan tiap anggota. Untuk membuat hubungan yang sukses dan awet, taruh kepentingan tim di atas diri sendiri.

V. Mengambil Pimpinan
   Semakin banyak anda menunjukkan dan melatih keahlian memimpin, semakin besar kemungkinan untuk sukses. Ambil inisiatif dan cari kesempatan membangun kepemimpinan anda. Pengalaman itu akan berguna ketika dibutuhkan di masa depan.

·         Mencari Kesempatan
Anda tidak menunggu penunjukan posisi untuk memimpin. Kesempatan itu terdapat ketika anda masuk dalam sebuah unit kerja atau grup lainnya, atau memimpin sendiri proyek tertentu. Kedua situasi itu memberikan kesempatan untuk mendorong anda maju dengan mengemukakan ide baru atau dalam mengambil posisi kuat dan menjadi pendukung utamanya.

·         Memberi Pendapat
Jika anda mempunyai ide bagus, keluarkan pendapat dengan berani, dan gunakan untuk membawa rencana melalui tahap penerimaan, pengerjaan dan sukses. Keengganan tampil ke depan akan merugikan karier dan organisasi. Yang terjelek hanyalah penolakan.

W. Rencana Masa Depan
Orang yang merencanakan karier biasanya lebih berhasil dari pada mereka yang membiarkan perjalanannya berubah. Rencana itu mungkin termasuk mengganti kerja, yang sudah sangat umum, seperti halnya membangun karier mandiri.
·         Melihat Masa Depan
Hasil kerja individu seperti juga organisasi, dapat dpiastikan meningkat dengan berfikir ke depan. Skala waktu perencanaan yang paling umum adalah per tahun. Dengan membuat dan mencatat program detil selama 12 nulan, anda dapat berkonsentrasi dengan apa yang ingin diraih. Anda juga member batu loncatan untuk keputusan-keputusan berikut. Apakah mereka akan mendekatkan anda ke tujuan tahunan ? jika tidak, pikirkanlah kembali.

·         Menuju Puncak Tujuan
Puncak dari karier menajemen berada di puncak tangga :direktur utama perusahaan besar. Tentu saja, hanya sedikit yang dapat berharap untuk meraihnya dan menyiapkan diri mereka sebaik mungkin. Sebuah karier memberikan kesempatan untuk memimpin dan membawahi suatu operasi menuju pilihan tujuan anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan masukan komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...