Membangun sifat kunci
Manusia
mempunyai banyak bakat yang digunakan sebagai mesin untuk sukses. Tetapi,
prestasi yang terbaik memerlukan lebih dari sekedar bakat.
- Menilai Diri Sendiri
Anda tahu apa yang mudah bagi anda, dan
kekuatan ini dapat dikembangkan dengan cepat. Tetapi belum tentu kemampuan
alami yang ada sudah mencukupi. Untuk mencapai seluruh potensi, anda harus
mengembangkan sifat kunci.
- Tanyakan Lainnya
Jika anda yakin nilai anda pada bidang
tertentu, seperti kemampuan memimpin, cari saran obyektif dari orang lain.
Begitu anda mempunyai semua fakta, buat visi masa depan anda.
- Menciptakan Visi
Begitu anda telah menilai diri sendiri dan
mempunyai pemahaman yang realistis akan kemampuan anda, buatlah suatu visi yang
berarti dan dapat diraih. Semua orang terkenal dalam sejarah mempunyai visi dan
misi. Mereka tahu kemana mereka pergi, apa yang ingin diraih, dan mempunyi
kekautan yang membantu mereka ke tujuan. Anda dapat menggunakan kekutan yang
sama. Tanya diri anda kemana anda akan berada pada setiap decade.
- Identifikasikan Misi Anda
Sekarang buat rencana pasti : apa yang harus
anda raih untuk merealisasi visi anda. Rencana itu harus dijadwalkan dan diukur
melalui hasil yang nyata. Sebagai contoh, jika visi anda untuk masuk ke
manajemen.
- Bergerak Maju
Anda dapat menggunakan dua tehkin jepang
berikut dalam perjalanan mencapai visi anda : Kaizen dan Kaikaku, atau
perbaikan kontinu dan perubahan radikal. Kaizen adalah terus menerus mencari jalan
untuk meningkatkan semua elemen performa anda. Sedangkan Kaikaku lebih jarang
terjadi.
- Melihat ke Depan
Konsentrasi pada tujuan dan kemungkinan masa
depan lebih berguna daripada kesempatan yang terlewatkan. Jika anda kehilangan
suatu kesempatan, jangan membuang waktu untuk menyesal, tapi pelajari mengapa
itu terjadi.
Membangaun Keyakinan
Keyakinan
atas diri sendiri dan kemampuan adalah sifat yang penting, anda dapat
mengembangkan kepercayaan diri melalui pengalaman dan latihan, sama seperti anda
belajar untuk “ Menjual diri sendiri “ ketika meyakinkan orang.
·
Lakukan
yang terbaik
Tingkatkan kepercayaan diri dengan mengingat
hasil pekerjaan yang baik. Jangan bandingkan diri tak sebaik orang lain, atau
merasa bahwa orang tak sebaik ornag lain. Jika anda tidak puas akan suatu hal,
latihlah keahlian anda. Banggalah atas pekerjaan yang baik.
·
Mencari
Saran
Orang lain sering mengamati dan menilai apa
dan bagaimana anda mengerjakannya- Anggap diri anda seperti ilan “ On Air
“.Jangan takut mencari tanggapan dari pelanggan, atasan, senior, kolega, dan
pemasok. Setelah mendapat respon bekerjalah atas apa yang anda ketahui. Hal ini
tidak sama dengan mencari persetujuan orang lain.
·
Mengatasi
Wawancara
Anda ingin membuat kesan percaya diri dalam
wawncara, apa pun posisi anda dalam wawancara itu. Sebagai contoh, ketika anda
mewawancara pelamar kerja, atau mendaftarkan diri sendiri, anda sebaiknya
berpakaian rapi. Jika memungkin, siapkan pertemuan itu seperti anda akan
melakukan pidato.
Menguasai Resiko
Hasil
berarti didapat dari mengambil resiko. Kepercayaan diri dan keberanian adalah
keahlian melihat kesegala arah sebelum bertindak. Hanya mereka yang berfikir,
bertindak, membangun bisnis seperti wiraswasta mempunyai masa depan cerah.
·
Mengolah
Kebernanian
Berwiraswatsa berarti yakin atas kemampuan
anda sendiri dan berani beresiko salah. Ketika berhadapan dengan suatu risiko,
coba untuk berfikir seperti seorang pengusaha : hitung apakah resiko itu
bermanfaat. Jika ya, ambillah dengan keberanian dan percaya diri. Saran akan
didapat dalam perjalanan.
·
Berfikir
Positif
Semuan keputusan, baik dari berwiraswasta
sampai menerima pekerjaan baru mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ketika
menghadpai resiko, siapkan mental anda dengan baik dan berkonsentrasilah pada
potensi positif. Tetapi ingat akan adanya kekurangan. Bahkan orang yang paling
barani pun akan mempertimbangkan itu, meski secara tidak sadar, apa yang
terjadi pada hal terjelek.
·
Menghitung
Resiko
Jangan tertipu oleh perkataan investasi lama
yang berkata “ profit yang besar berarti resiko yang besar “. Kenyataanya,
keunggulan atas perubahan yang aman, seperti pindah kerja, cukup besar. Tetapi
anda tetap harus menghitung resikonya dengan perkalian mudah dan efektif.
Membangun Semangat
Anda
memerlukan tenaga untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Tetapi hal yang
membedakan antara sukses dan gagal adalah pikiran. Anda akan akan menghasilkan
dorongan jika terus menerus menyalurkan energy menuju tujuan pasti.
·
Membulatkan
Tekad
Hal yang menusiwai : Mempunyai ide besar yang
tidak pernah menjadi kenyataan, meski dalam kali rencan abisius tampak mudah.
Kekurangannya adalah tak ada keinginan menghidupkan rencana. Jalankan ide
dengan rencana kerja.
Susuanan pikiran yang benar akan membantu
anda melihat hal-hal yang dapat dilupakan. Tinggalkan rencana, jika analisa
memperlihatkan kesalahan, bukan karena kemalasan atau takut telah menghentikan
jalan anda.
·
Menguasai
Pikiran
Semangat dan tenaga memerlukan kemampuan
fisik. Sama seperti beberapa orang dilahirkan dengan kekuatan fisik lebih,
demikian halnya kekuatan fisik psikologis. Ada persamaan penting atas kedua
kelebihan tersebut. Setiap orang dapat memilih dan meraih target pribadi
mereka. Dengan berkonsentrasi pada target, anda dapat menciptakan semangat
untuk meraih hasil akhir.
·
Menyadari
Kebenaran
Ada kalanya menyerah adalah langkah yang
benar. Berhenti terkadang berfungsi sebagai ramalan yang tepat. Saat anda
berhenti, aktifitas pun berhenti, baik itu belajar hal baru atau memulai usaha
baru. Banyak orang nyaris mendapatkan potensi penuh saat mereka meninggalkan
proyek sebelum mencapai tujuan utama. Mungkin masih dalam jangkauan sehingga
anda dapat melanjutkannya. Tetapi, kita semua tahu orang yang mengejar target
mustahil tidak menghasilkan apa-apa. Sebelum memutuskan untuk menyerah, analisa
terlebih dahulu hasilnya. Jika kunggulan masih melampaui kekurangan, kejar
keputusan akhir dengan semangat dan energy.
Memimpin Efektif
Kemampuan
memimpin ialah sifat penting. Lengkapi potensi anda dengan belajar bekerja produktif
untuk orang lain maupun diri sendiri. Gunakan ide staf untuk hasil yang lebih
baik. Anda juga perlu menciptakan pemimpin diantara mereka.
·
Mengatur
orang lain
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari orang
yang bekerja untuk anda, anda harus member contoh yang dapat diterima.Karyawan
akan bekerja keras utnuk seseorang yang kekuatan dan kebijaksanaannya
dipercaya. Mereka mengharapkan sikap professional yang kompeten, termasuk
disini adalah mendelegasikan tugas untuk meningkatkan partisipasi dan kemampuan.
·
Meraih
Kerja Sama
Kerja sama manajer dan staff membutuhkan
komitmen dari kedua belah pihak. Untuk bekerjasama, lepas sedikit control,
namun tetap kuasai keseluruhan. Dua pertenyaan kunci untuk staff anda : “ Apa
yang saya lakukan sehingga menghambat anda melakukan hal yang lebih baik ? “
“ Apa yang saya dapat lakukan untuk membantu
anda ? “
Bekerjasmalah dengan jawaban mereka, sebagai
contoh dengan membeli peralatan baru / pelatihan, akan meningkatkan prestasi
yang besar.
·
Memunculkan
pemimpin
Sebaga manajer, pastikan anda mendapat
latihan untuk mengembakan keahlian prioritas, pengejaran progress,delegasi dan
motivasi.Buat hal ini sebagai bagian integral dan rencana pengembangan pribadi
anda, dan pastikan staff terutama wakil juga mengembangkan kemampuan memimpin
mereka. Mendengar dengan perhatian, mengkritik konstruktif, toleransi dan
perbaikan atas kesalahan.
Menjaga Kebugaran
Olahraga
mempunyai banyak dimensi tidak mungki anda mengharapkan performa tinggi kalau
pikiran dan tubuh anda tidak dalam keadaan sehat. Gaya hidup dan frekuensi olah
raga berpengaruh pada potensi dan prestasi anda.
·
Memlihara
Kesehatan
Kebanyakn ornag hanya memerlukan sedikit
penyesuaian gaya hidup untuk meningkatkan kebuagaran dan memelihara kesehatan
sehingga breprestasi efektif. Istirahat cukup, makanan yang seimbang dan
berolahraga teratur adalah hal yang bijaksana dan berguna. Dengan gaya hidup
yang seimbang dan menjaga kesehatan fisik, anda akan menyadari bahwa anda akan
mempunyai stamina tubuh dan energy lebih untuk meraih potensi dalam pekerjaan.
·
Melatih
Tubuh Anda
Program olah raga apapun akan memebri anda
ukuran standard kesehatan. Standard paling baik adalah kebugaran aerobic, yang mengukur
efesiensi jantung dan paru-paru. Olahraga lain, seperti mendayung, memerlukan
tingkat kebugaran tinggi.
·
Tetap
Cekatan
Kebugaran aerobic bukan satu-satunya
standard. Keseimbangan, Fleksibilitas dan kekuatan sering dilupakan dalam
berolahraga. Anada dapat melatih aspek tersebut dalam Gym. Tapi akan sangat
menolong jika anda berjalan, merengangkan tubuh.
·
Makanan
Sehat
Makanan anda memberikan nutrisi penting untuk
kesehatan dan kalori untuk tenaga. Kehidupan kantor member banyak godaan atas
makanan yang sehat. Makanan kecil, minum-minuman, dan pengeluaran jajanan lain
memberi dampak yang buruk pada konsentrasi, pencernaan dan ukuran pinggang.
·
Mencari
Pertolongan
Stress dan ketegangan dunia kerja dapat
menciptakan gangguan, baik dari depresi ringan sampai kejatuhan total. Resep
dari masalah ini sama dengan gangguan fisik : jika anda merasa tidak sehat
secara mental, cari bantuan. Hanya dengan berbicara dengan teman atau dokter
anda mungkin sudah cukup.
·
Beristirahat
Beberapa orang yang mempunyai karier luar
biasa percaya bahwa bekerja 24 jam sehari memberikan mereka keunggulan atas
lainnya. Tetapi sukses bergantung pad aide dan implementasi yang tidak
terpengaruh dengan jumlah waktu yang dipakai. Terlalu keras bekerja akan
berpengaruh kebalikannya dengan pemikiran dan prestasi. Coba hindari membawa
pekerjaan ke rumah atau pergi ke kantor pada akhir pekan.
·
Tidur
Yang Baik
Tidur adalah hal penting untuk berprestasi,
meski tiap orang mempunyai waktu tidur yang berbeda, amda harus mempunyai dosis
minimal. Keharusan itu dapat diperkecil secara teratur. Dengan memotong waktu
tidur sedikit demi sedikit, empat jam dapat diraih sebagai waktu minimal, sisa
waktu dapat digunakan untuk aktivitas lainnya. Jika anda menghilangkan tidur
tanpa latihan.
Meraih Keunggulan
Tidak
ada pilihan lebih baik dari tujuan kesempurnaan, mencari prestasi puncak dan
hanya puas akan hasil terbaik. Jadikan diri anda kritik yang terbaik,
memperhatikan kesalahan anda dan mencari hasil yang sempurna.
·
Mencari
Kesempurnaan
Mengejar kemungkinan akan standard yang
paling tinggi akan secara langsung mengantar anda kekesempurnaan dalam suatu
aktivitas, anda harus menjadi yang terbaik, yang merupakan obyektif dari setiap
contoh. Kesempurnaan pun sementara sulit diraih, kalau bukan mustahil. Dalam
prakteknya, mengarah ke keunggulan selalu berpatisipasi lebih baik dari
standard sekarang.
·
Menjadi
Yang Terbaik
Seperti pelari, manajer dan perusahaan
memerlukan lawan, atau paling tidak saingan untuk menghasilkan prestasi
terbaik. Proses ini disebut “ Benchmarking “ yang mengukur prestasi serupa
untuk membuat target yang harus dilewati. Kekurangan dari cara ini adalah
kemungkinan adanya perbandingan yang rendah. Anda ingin menjadi yang terbaik
atas pekerjaan terbaik. .
·
Kritik
Diri Sendiri
Ada perbedaan mendasar antara mengritik diri
sendiri dan harga diri yang rendah. Anda perlu pandangan pribadi atas kemampuan
dan cara anda menggunakannya. Tetapi terlebih dahulu, beri nilai yang keras
terhadap pekerjaan dan hasil anda. Dengan berlaku sebagai kritikus yang tajam,
anda akan menghindari kepuasan dan kehilangan arah pengerjaan keunggulan.
·
Menaikan
Standard Anda
Betapa pun baiknya anda akan suatu hal, anda
dapat selalu belajar, ini berarti bahwa betapa pun tingginya standard yang anda
pasang, tetap dapat ditingkatkan. Laksanakan prinsip peningkatan menerus pada
semua hal yang anda kerjakan. Ketika anda memulai pekerjaan baru, anda mungkin
kecil hati dan ragu atas kemampuan anda menyelesaikan tugas. Tetapi pengalaman
akan membuktikan dalam beberapa minggu, anda akan bekerja baik dan tanpa
kesulitan.
·
Menerima
Tantangan
Anda mungkin senang melakukan kerja yang sama
di posisi yang sama bertahun-tahun. Tetapi hal itu tidak akan membantu
pembentukan seluruh potensi anda. Sifat tidak pernah letih adalah tanda yang
baik dan kualitas yang berharga. Begitu suatu tugas selesai, anda mencari
situasi dan tantangan yang baru. Egoislah dalam menerima tantangan itu.
·
Menginspirasi
Keunggulan
Mencari keunggulan
bagi diri anda mengharuskan hal yang sama kepada lainnya. Bagian dari semangat
meraih kesempurnaan termasuk mencapai maksimum lainnya. Pupuk keinginan mereka
untuk komimen, berhasil, bertanggung jawab, dan menggunakan kekuatan mental
dengan memberi contoh yang baik.
Meningkatkan Keahlian
Anda
Dimana
pun anda berada dalam karier anda, tetaplah penting untuk belajar. Dengan
mengembangkan dan menggunakan ilmu anda, anda akan mengingkatkan prestasi
secara dramatis.
Mempercepat Belajar
Anda
tidak pernah terlalu tua untuk belajar, dan kebutuhan belajar semakin banyak,
bukan menurun, karena karier anda meningkat dan pekerjaan menjadi lebih rumit
dan penting. Waktu untuk belajar susah dicari, tetapi selalu bermanfaat.
·
Mendidik
Diri Anda
Banyak orang yang dipromosikan ke posisi baru
dan lebih senior berpikir mereka dapat belajar selama bekerja, tanpa perlu
pendidikan apapun tentang pekerjaan baru mereka. Tidak halnya hobi anda,
seperti selancar angin, dimana anda pasti akan mengambil latihan. Prinsip yang
sama berlaku saat anda menerima posisi pekerjaan baru.
·
Belajar
Bahasa
Menguasai bahasa asing akan membuat perbedaan
negosiasi dan hubungan kerja, dan juga latihan yang berharga untuk akal
pikiran. Kaset dan video adalah sarana yang efektif tapi inetaraktif adalah
pelajaran terbaik. Anda dapat ikut les atau media interaktif.
·
Menguasai
Komputer
Meskipun anda mempunyai akses atas manfaat
computer, ia hanya sarana lanjutan yang berharga dari otak dan kemampuan anda.
Anda harus dapat menguasai program wordprocessing, e-mail,dan spreadsheet.
Sarana produktifitas seperti agenda meja dan personal database juga bernilai
tinggi dan hanya sedikit membutuhkan biaya. Terlepas dari kegunaan pribadi,
computer telah menjadi pilihan utama dalam penyaluran data perushaan, kolega,
pesan, pelanggan, pemasok, pekerjaan kolaboratif dan internet.
·
Menggunakan
Ilmu
Pastikan latihan apapun yang anda ambil
berhubungan dengan pekerjaan. Dan laksanakan apa yang dipelajari sebisa
mungkin, jangan berkecil hati karena kolega anda membantah apa yang telah anda
pelajari. Anda baru akan merasakan nilai yang sebenarnya ketika anda
mempraktekannya di pekerjaan sehari-hari. Sampaikan pengetahuan baru kepada
kolega-kolega anda dan jadikan mereka rekanan.
Berfikir Efektif
Disiplin
mental terpenting, berfikir, adalah hal paling sedikit diajarkan di sekolah
atau perusahaan. Anda dapat menaikkan tingkat berfikir dengan logika dan tehnik
yang akan memberikan pemahaman, ide dan keputusan yang lebih baik.
·
Menggunakan
Logika
Logika berarti penalaran yang pasti dan masuk
akal. Gunakan logika untuk sampai ke tingkat ideal dimana kekuatan fakta
melenyapkan semua pilihan, kecuali satu. Hal ini tidak dapat terjadi setiap
waktu karena banyak hal yang tidak diketahui. Tetapi manajer rasional akan
mencari kejelasan fakta yang digunakan untuk mendapat keputusan yang mantap.
Logika juga berperan dalam kondisi yang tidak jelas. Anda dapat membuat
kemungkinan dan secara logis memprediksi konsekuensi yang dapat terjadi. Anda
kemudian dapat membuat rencana dan kemungkinan terjadinya rencana itu. Logika
mengajarkan bahwa rencana yang paling baik pun dapat berjalan salah, jadi ingat
selalu untuk berencana dalam pikiran anda.
·
Berfikir
Lateral
Berfikir lateral, diciptakan oleh Edward de
Bono, adalah tehknik untuk menantang ide, dan menghasilkan solusi dan saran yang
lebih baik . Salah satu teknik adalah provokasi, diaman anda menegeluarkan ide
yang tidak biasa untuk dikembangkan sebagai ide praktikal. Teknik lainnya
adalah dengan mengambil analogi dari bidang lain. Jika seseorang mengatakan
sesuatu itu mustahil atau tidak dapat dikerjakan, gandakan usaha anda untuk
melihat apakah sebetulnya ide itu bagus.
·
Mendukung
Institusi
Prasangka atau suara hati tidak terlihat
impresif dibandingkan logika, pemikiran lateral, dan penalaran. Teatapi proses
berfikir intutiitif adalah hal yang intelektual. Intuisi akan menjadi factor
penentu, yang ditentang oleh kesadaran anda, dalam menciptakan keraguan yang
tidak dapat didefenisikan yang mencegah anda mengambil keputusan. Jangan pernah
tidak peduli akan pesan dari hati, tetapi analisa intuisi seperti rencana
logika. Periksa intuisi dengan fakta.
Memperbaiki Daya
Ingat
Ingatan
yang baik adalah asset berharga dan dapat terus dibangun. Bahkan pakar daya
ingat yang paling luar bisa pun bergantung pada tehnik tertentu dalam mengingat.
Ikuti cara-cara berikut ini, dan anda tidak akan lupa apa pun yang harus
diingat.
·
Menguji
Daya Ingat
Orang banyak mengeluh bahwa daya ingat mereka
menurun, padahal beberapa hal, seperti stress dan keletihan, mempunyai pengaruh
dan tidak ada hubungannya dengan kemampuan intelektual. Uji diri anda, dapatkah
anda menghapal sepuluh hal berurutan dalam sekali baca ?
·
Fungsi
Perumpamaan
Dapat mengingat apa yang anda mau atau
perlukan sangat penting. Anda tidak perlu bergantung pada kemampuan pribadi anda.
Perumpamaan adalah kunci mengingat efektif dan dengan menggunakannya secara
bebas, anda dapat menyelesaikan suatu tugas yang disangsikan sebelumnya,
seperti berpidato selama 30 menit tanpa catatan.
·
Membantu
Daya Ingat
Bukan keharusan anda untuk mebebankan pikiran
mengingat hal-hal jika computer, system penyimpanan atau agenda dapatnya
mengerjakanny secara baik. Baiknya anda juga menyimpan tempat rujuakn di
internet atau rak buku. Komputer membuat semua hal ini lebih mudah.
Cara Membaca Ideal
Membaca
adalah dasar terpenting untuk efisiensi. Semaik cepat anda membaca dan memahami
semak baik. Pandangan bahwa pemahaman memperlambat baca adalah salah.
Belajarlah membaca cepat maka pemahaman pun akan meningkat.
·
Membaca
lebih Cepat
Sedikit manajar yang mengetahui statistic
pribadi mereka. Berapa cepat anda membaca sekarang ? Kecepatan rata-rata ialah
250 – 300 kata per menit ( Kpm ), tapi anda dapat melatih, atau dilatih membaca
lebih cepat. Tip pertama adalah baca hanya yang diperlukan. Tinjau terlebih dahulu
materinya, hilangkan yang tidak perlu, dan baca hal yang penting saja. Jangan
membaca ulang kata atau kalimat yang telah di baca.
·
Memahami
Lebih Cepat
Karena kepercayaan yang salah bahwa membaca
cepat berarti pemahaman berkurang, banyak orang membaca kalimat berulangkali.
Padahal yang terjadi adalah kebalikannya. Uji coba telah bersamaan denga
kecepatan. Pembaca yang terlatih tidak hanay mempunyai kecepatan tinggi, tetapi
juga pemahaman yang lebih baik.
·
Memilih
Subyek
Anda mungkin banyak membaca karena pekerjaan
anda. Tapi pekerjaan itu akan lebih baik jika anda meluaskan bacaan. Buat dan
laksanakan rencana membaca mingguan dan bulanan. Sebagai contoh target ialah
satu Koran sehari, satu majalah yang berhubungan seminggu, dan satu buku serius
sebulan. Buku itu tidak harus mengenai manahemen bisnis, meskipun setiap tahun
pasti terbit buku atau majalah menyimpan pelajran berharga, informasi dan ide.
Menulis Dan Berbicara
Lebih Lancar
Kebanyakn
manajer, seperti orang lain, sulit berbicara di depan umum dan menulis baik.
Jalankan peraturan di bawah ini, karay tulis anda akan luus dari tes normal
apapun, dan anda akan dapat menjadi pembicara umum yang efektif dimana saja.
·
Menulis
Teks
Gunakan kata-kata yang pendek daripada
panajng., dana kalimat aktif daripada pasif dalam membuat tulisan. Buat
kalimat-kalimat pendek dan ringkas. Jangan gunakan saran-saran yang tidak
penting seperti huruf capital selain untuk nama, atau jargon manajeman. Hidnari
juga penggunaan archaism, atau kata-kata kuno yang tidak dipakai lagi, dan
akta-kata klise dalam menulis sebagai tambahan, buat jalan cerita yang logis
dan luwes dari satu topic ke topic,dan tulis kata-kata yang lebih dari yang
diperlukan.
·
Mendikte
Karangan
Menulis memakan waktu cukup banyak. Hanya
pakar yang dapat menulis 20 kata atau lebih dalam karangan yang baik. Karena
kita dapat berbicara nyaman sekitar 160 kata per menit ( Kpm ), pendiktean
dapat menjadi cara menulis terbaik. Anda tentu saja tidak akan mencapai 160 Kpm
tapi dapat denga mudah meningkatkan dua atau tiga kali saja. Anda perlu
seseorang yang menulis atau menyalin dikte adna, dan juga dapat memerikasadan
menulis ulang tulisan tersebut.
·
Bicara
Jelas
Hampir setiap orang dapat berbicara dengan
baik. Ada orator-orator yang luar biasa tetapi anda tidak bersaing dengan
mereka, Dalam percakapan sehari-hari, wujudkan maksud anda secara jelas, jalan
cerita yang mudah, dan masukan hal-hal yang penting tanpa bertele-tele. Hanya
itulah yang diperlukan dalam berbicara untuk tujuan professional anda.
Bayangkan anda berbicara dengan sekumpulan teman yang seperti anda, juga sangat
tertarik akan apa yang anda ingin katakana, dan yang juga tidak perlu
dikesankan oleh kata-kata indah.
·
Mengatasi
Gugup
Bahkan pembawa acara professional, yang
kelihatannya nyaman berhadapan kamera, gugup sebelum sebuah program berjalan.
Bahkan pengarang terkenal pun ragu akan kualitas penulisan mereka. Kegugupan
itu menunjukkan stimulasi yang wajar, adrenaline yang mengalir saat anda
menyiapkan diri untuk bertempur. Jika kegugupan menyerang anda, gunakan teknik
relaksasi seperti berjalan kecil, atau memeriksa ulang materi anda untuk
melepaskan ketegangan.
·
Mengatur
Pembicaraan
Semua pembicaraan menyangkut tiga hal :
Pesan, Materi dan Sikap. Apa yang anda ingin sampaikan ? Buat satu pesan besar
dan penting yang berkesan pada pendengar anda. Ikuti cara dasar ini, beritahu
pendengar apa yang akan anda sampaikan, bicarakan, dan akhirnya ulang apa yang
telah dikatakan. Dalam pesan keseluruhan, tulis hal kunci sedikit mungkin, dan
ambil waktu sekitar tiga menit membicarakannya. Apa yang dapat digunakan
sebagai dukungan.
·
Mempresentasikan
Ide
Bgaimana sebaiknya pesan dan materi
disampaikan ? Ada bermacam cara : Berjalan di panggung atau ruangan, berdiri
dari tempat tetap , menggunakan catatan, membaca teks. Jaga kontak mata untuk
menilai hasil pembicaraan anda dan merubah saat diperlukan.
Menjadi
Lebih Efektif
Ada
banyak alat dan teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa. Dengan
sedikit pengetahuan, pastikan anda memaksimalkan kegunaan sumber daya pribadi.
Menaikkan Kreatifitas
Kebanyakan
orang berfikir, kreativitas hanya untuk orang tertentu. Mereka salah. Setiap
orang mempunyai daya kreatifitas dan dapat belajar menggunakannya. Buka pikiran
dang anti cara lama, anda akan sadar bahwa idu mudah didapat.
·
Menciptakan
Hal Baru
Banyak perusahaan terperangkap atas
kepercayaan bahwa cara lama yang telah melegenda tidak dapat diperbaharui, dan
mereka terus mengikuti pemimpin pasar. Individu juga mengulang apa yang telah
dilakukan, mencontoh orang lain yang telah sukses. Tetapi untuk menjadi
kreatif, gunakan pendekatan lain. Tanya diri anda, apa yang akan terjadi jika
anda mengerjakan kebalikan dari kebiasaan sekarang.
·
Mengganti
Cara
Dalam menciptakan strategi pribadi dan bisnis
anda, jangan hanya mencontoh kompetensi anda. Ketahuilah bahwa dari jaman Yunai
kuno sampai Perang Dunia IIm dari semua konflik dan kampanye besar, hanya ada
enam perang dimenangkan dengan penyerangan langsung. Kemenangan lainnay didapat
dari mengepung musuh, menyerang dari sisi kiri dan kanan.
·
Mencari
Ide
Ide datang dari mana saja, negeri lain,
perusahaan lain, dan indusri lain. Untuk mendapatkannya, anda harus membaca dan
menilai peralatan anda, kemudian berikan kendali pada keinginan untuk
bereksperimen. Jika anda menemukan cara atau produk baru, buat waktu atau pasar
uji untuk membuktikannya sebelum anda yakin dan mengambil komitmen. Ide “
curian “ juga sangat bernilai, tidak hanya karena keasliannya tapi juga
analoginya.
Pemanfaatan Waktu
Waktu
adalah asset anda yang paling berharga, dan pengguaan waktu yang baik adalah
kunci prestasi anda. Dengan menganalisa pengguna waktu, perubahan dapat dibuat
untuk memaksimalkan waktu hari kerja anda.
·
Ukur
Pemakaian Waktu
Anda mungkin berpikir bahwa kebanyakan waktu
anda digunakan untuk hal penting, tapi jika anda membuat rekor waktu yang detil
, anda akan terkejut akan adanya aktivitas sepele. Amat mudah menghabiskan
banyak waktu untuk hal rutin, seperti membaca surat daripada mengerjakan tugas
prioritas kerja.
·
Menjadwalkan
Waktu
Kebanyakan dari tugas anda dapat dibagi
menjadi tiga kelompok : Tugas rutin, Tugas sekali kerja dan tugas perencanaan
dan pengembangan. Untuk menjadi efektif dalam kerja anda, gunakan 60% waktu
anda untuk tugas kelompok tiga, 25% untuk tugas kelompok dua dan hanya 15%
untuk tugas kelompok satu.
·
Delegasi
Tugas
Dengan mendelegasikan tugas sebagian
pekerjaan anda, anda telah member waktu untuk menyelesaikan unsur pekerjaan anda
yang paling penting. Bagi tugas penting anda dalam tiga grup : tugas yang tidak
perlu diselesaikan sama sekali baik oleh anda atau orang lain ; tugas yang
dapat anda dan bisa didelegasikan ; dan tugas yang tidak didelegasikan dan
harus dikerjakan sendiri.
·
Mengisi
Waktu
Waktu menunggu, seperti dalam perjalanan atau
menunggu rapat, adalah waktu yang terbuang percuma. Selalu siapkan pekerjaan untuk
mengisi waktu. Jika perjalanan pulang lama.
Bekerja Produktif
Setelah
menentukan waktu yang efisien, pastikan bahwa anda bekerja seproduktif mungkin
dalam jadwal tersebut. Cari jalan unutk mengukur prestasi pribadi, memasang
target yang lebih tinggi, dan meningkatkan kinerja untuk menutup jurang
pemisah.
·
Mengukur
Hasil
Anda akan selalu dapat mengukur hasil dan
efektifitas. Seberapa cepat anda menjawab telepon ? Apakah anda tepat waktu ?
Setelah memilih ukuran yang cocok dengan pola kerja anda, pelajari proses kerja
untuk melihat adakah bagian yang dapat di hilangkan atau dipercepat.
·
Menjaga
Kualitas
Kualitas adalah hal yang mendasar. Hasil
tinggi dengan standard rendah tidaklah produktif. Sebagai contoh, membalas
surat segera menjadi tidak berguna jika surat itu ditulis dengan tidak jelas
atau akurat. Kebenaran yang sama berlaku pada pekerjaan anda. Ambil waktu
sebelum memulai tugas untuk memutuskan jalan terbaik dan obyektif.Lebih
bijaksana untuk menyishkan masalah,daripada menunda semua pekerjaan.
·
Membuat
Perkembangan
Salah satu cara yang mudah meningkatkan
produktifitas adalah dengan berkonsentrasi pada aktivitas yang anda kuasai
secara pribadi, daripada hal lain yang diluar control anda, Buat target
produktivitas yang baru dan lebih tinggi,contoh jika anda sering datang
terlambat saat rapat.
Memilih Prioritas
Manajemen
waktu efektif memerlukan prioritas. Anda tidak dapat menyelesaikan semua tugas
pada waktu bersamaan bekerja dengan daftar prioritas itu penting. Hal berguna
lainnya untuk memprioritaskan pengembangan keahlian spesialisasi.
·
Menilai
Kepentingan
Tugas terbagi dalam empat kategori : sangat
penting, berguna, dan tidak penting. Mereka juga terbagi dalam empat horizon
waktu : mendesak, agak mendesak, tidak mendesak, dan tidak diwajibkan. Kategori
dan horizon waktu ini menentukan apa yang harus diprioritaskan .
·
Mengatasi
Batas Waktu
Hindari cara kerja kebanyakan jurnalis, yang
srat dengan batas waktu, tapi biasanya dikerjakan pada menit-menit terakhir.
Ketika anda member atau menerima batas waktu, pastikan bahwa waktu itu
disetujui , tanggal itu menjadi prioritas pertama, dan melewati batas waktu
tidak diterima.
·
Memilih
Spesialisai
Membuat pilihan prioritas yang benar
berpengaruh dalam peningkatkan performa pribadi anda. Keahlian umum membuka
banyak pintu, tetapi akan sangat bernilai juga untuk memprioritas suatu hal
sehingga anda dapat menjadi pakar. Pertama, anda akan menonjol karena mengetahui
itu dapat memberikan anda posisi kunci dalam proyek-proyek penting dan diskusi.
Kedua, pengalaman mengusai suatu hal secara dalam dan penguasaan total di area
anda akan meninggkatakan kepercayaan diri dan membangun kekuatan pikiran.
Memahami Uang
Kemampuan
mengatur uang penting untuk seorang manajer. Akuntansi bukan bakat almai orang
banyak, tapi dapat mudah dikuasai daripada kebanyakan anggapan. Kunci menjadi
manajer ahli angka ialah melatih pengguna angka setiap saat.
·
Mengerti
Angka
Untuk menguasai keahlian berhitung dasar,
pelajari buku atau ambil kelas tambahan. Begitu anda memahaminya. Lakukan
sendiri pembuatan anggaran, menulis rencana kerja, mengerjakan manajemen
pikiran, dan mempelajari laporan keuangan. Pertama kalinya, mungkin lambat dan
rumit, tapi anda akan semakin cepat dan baik dengan pengalaman.
·
Memahami
Arus Kas
Anda dapat jatauh bangkrut dan tetap
menghasilkan keuntungan. Jika tagihan dan gaji dibayar sebelum pelanggan
melunasi hutang mereka, kas akan keluar dari perusahaan dalam jumlah besar.
Manajemen kas yang efektif berarti mempercepat pengumpulan uang, mencocokan
perhitungan perkiraan anda dengan arus masuk, dan memanfaatkan keseimbangan
utnuk hasil tertinggi.
·
Mempelejarai
Akuntansi
Setiap manajer sebaiknya mengetahui prinsip pencatatan
dua kali, perkiraan untung dan rugi, dan neraca. Tapi biarkan pelaksanaannya
dialkukan oleh akuntan professional. Sebagai manajer, anda berkepentignan
dengan manajemen perkiraan, yang bertujuan untuk merefleksikan kejadian
sebenarnya dengan kejadian financial. Kelas-kelas latihan dapat memberikan
pengetahuan akan hubungan penghasilan, biaya langsung dan kontribusi.
Mengurangi Stres
Stres sebetulnya membahayakan, tapi dapat
berdampak serius pada orang yang salah menganggapinya. Kenali batas kemampuan
anda dan ambil langkah mengurangi stress ketika hal itu mengancam prestasi,
untuk meningkatkanyaefektifitas anda.
·
Mengenal
Gejala
Setiap orang mengatasi stress secara berbeda,
tapi hal itu tampak dari gejala fisik seperti gangguan kulit atau pencernaan.
Anda mungkin merasa terganggu dan letih. Kerja dapat menghantui anda dan
ketegangan saraf dapat berakhir depresi.
·
Analisa
Kepribadian
Penelitian telah membuktikan bahwa beberapa
tipe anda rentan akan stress dan akibatnya seperti penyakit jantung. Jika anda
manajer ambisius yang sanagat kompetitif, cepat dalam berfikir, bicara dan
kerja. Berkomitmen, tidak sabar, dan menekankan waktu, anda adalah kepribadian
tipe A. Jika anda orang yang lebih tenang, anda lebih sedikit beresiko dan
masuk sebagai tipe B.
·
Mengatasi
Kecemasan
Cemas adalah pengalaman yang tidak
menyenangkan. Penyebabnya sering kali wajar dan dapat dimengerti. Sebuah merger
atau reorganisasi sebagai contoh, dapat mengancam pekerjaan atau kekuasaan
anda. Ancaman menghasilkan kecemasan. Tapi langkah apa yang bisa diambil untuk
menghilangkan ancaman itu ? dalam contoh diatas jangan dengarkan isu dan
berfikir positif. Belum tentu ancaman itu terjadi, sehingga anda hanya akan
menyusahkan diri sendiri.
·
Memecahkan
Kesulitan
Mudah dan umum terjadi menunda kerja, tapi
kebiasaan ini dapat meningkatkan stress dalam dua cara. Pertama, perasaan
bersalah meningkatkan pekerjaan. Kedua, anda membangun stress dan tekanan untuk
masa depan. Panduan itu dengan sendirinya adalah gejala stress.
Meraih Sukses
Sukses
bergantung pada kemampuan mengatur karier anda. Ambil setiap kesempatan untuk
meningkatkan diri anda, dan cari bantuan lainnya untuk memajukan perkembangan
anda.
Menilai Ulang Tujuan
Tenang
dan analisa tujuan yang metodis adalah hal penting akan kesuksesan visi anda.
Tapi situasi berubah. Anda harus siap terus menilai ulang dan mengubah ide saat
diperlukan. Gunakan proses pernilaian ini untuk mengambil keputusan.
·
Memberi
Pertanyaan
Selalu analisa tujuan anda ketika sedang
menilainya. Jangan pernah memutuskan sesuatu begitu saja. Dengan kata lain,
selalu bertanya sampai anda puas bahwa, sejauh mungkin , anda tahu seluruhnya.
·
Menggunakan
Jawaban
Ungkapan “ paralysis by analysis “,
kelumpuhan karena analisa, berbicara tentang organisasi yang menghabiskan waktu
menghitung angka dan laporan tapi tetap tidak berbuat apa-apa. Jika anda telah
memutuskan tujuan, tapi sulit mengambil langkah, tanyalah kenapa. Mungkin usaha
itu sendiri merupakan penghambat, atau khawatir tidak bisa kembali setelah melangkah.
Jadi ketakuatan akan salah , dengan segala cara.
Mencari Mentor
Setiap
orang mempunyai seseorang yang berpengaruh besar akan kehidupan dan pekerjaan
mereka. Belajar dari mentor, yang pengalamannya lebih beragam dan banyak
daripada anda, adalah kunci meningkatkan prestasi dan meraih kesuksesan.
·
Belajar
Dari Yang Lain
Oran tau, guru, dosen, atasan atau sahabat
bisa menjadi mentor. Prinsipnya selalu sama yaitupeningkatan prestasi dengan
mendegar dan belajar dari pemikiran yang berpengetahuan luas. Anda dapat
memilih mentor dari masa lalu, dan kenyataannya banyak pengusaha sukses
meminjam ide dari pahlawan dalam sejarah bisnis.
·
Mencari
Teman
Memilih Mentor yang benar adalah langkah
penting dalam mengoptimalkan prestasi anda. Dia tidak harus sebanding atau
lebih senior, tapi dapat saja bawahan kunci atau kolega dengan status berbeda.
Tugas utamanya adalah memberikan bakat dan sumber daya yang tidak ada pada
anda. Delam karir, anda dapat mempunyai banyak mentro berbeda.
Membangun Hubungan
Tidak
hanya apa yang anda tahu, tapi siapa yang anda tahu member perbedaan sukses dan
kegagalan. Buku alamat anda adalah salah satu alat kepunyaan yang paling
bernilai dan akan meningkat nilainya di kemudian hari.
·
Menyimpan
Catatan
Orang karier efektif mencatat semua nama
kontak yang berguna dana berpotensi dan secara teratur memperbaharui nama,
alamat dan nomor kontak. Tidak ada bedanya apakah anda menggunakan buku alamat
atau program Komputer, meskipun lebih menggunakan yang terakhir.
·
Mengingat
Kontak
Kontak yang tidak anda ingat telah hilang
nilainya. Cobalah untuk mengingat nama kontak baru. Dapatkan semua detail dan
simpan informasi ini. Perlakukan serius setiap kontak anda tidak akan tahu
kapan dan dalam konteks apa anda bertemu mereka kembali.
·
Menjaga
Hubungan
Beberapa dari kontak terbaik anda didapat
dari kerja, terutama ketika bekerja dalam tim. Tim dapat bekerja dalam
departemen, atau melewati baik departemen dan fungsi, dan mungkin menggunakan
orang lain di luar perusahaan. Anda dapat belajar banyak dari sesame anggota,
baik sebagai anggota tim atau pemimpin. Setelah dekat, anda dapat melihat
kekuatan dan kelemahan tiap anggota. Untuk membuat hubungan yang sukses dan
awet, taruh kepentingan tim di atas diri sendiri.
Mengambil Pimpinan
Semakin
banyak anda menunjukkan dan melatih keahlian meimpin, semakin besar kemungkinan
unutk sukses. Ambil inisiatif dan cari kesempatan membangun kepemimpinan anda.
Pengalaman itu akan berguna ketika dibuthkan di masa depan.
·
Mencari
Kesempatan
Anda tidak menunggu penunjukkan posisi untuk
memimpin. Kesempatan itu terdapat ketika anda masuk dalam sebuah unit kerja
atau grup lainnya, atau memimpin sendiri proyek tertentu. Kedua situasi itu
memberikan kesempatan untuk mendorong anda maju dengan mengemukakan ide baru atau
dalam mengambil posisi kuat dan manjadi pendukung utamanya.
·
Memberi
Pendapat
Jika anda mempunyai ide bagus, keluarkan
pendapat dengan berani, dan gunakan untuk membawa rencana melalui tahap
penerimaan, pengerjaan dan sukses. Keengganan tampil ke depan akan merugikan
karier dan organisai. Yang terjelek hanyalah penolakan.
Rencana Masa Depan
Orang
yang merencanakan karier biasanya lebih berhasil dari pada mereka yang
membiarkan perjalanannya berubah. Rencana itu mungkin termasuk mengganti kerja,
yang sudah sangat umum, seperti halnya membangun karier mandiri.
·
Melihat
Masa Depan
Hasil kerja individu seperti juga organisasi,
dapat dpiastikan meningkat dengan berfikir ke depan. Skala waktu perencanaan
yang paling umum adalah per tahun. Dengan membuat dan mencatat program detil
selama 12 nulan, anda dapat berkonsentrasi dengan apa yang ingin diraih. Anda
juga member batu loncatan untuk keputusan-keputusan berikut. Apakah mereka akan
mendekatkan anda ke tujuan tahunan ? jika tidak, pikirkanlah kembali.
·
Menuju
Puncak Tujuan
Puncak dari karier menajemen berada di puncak
tangga :direktur utama perusahaan besar. Tentu saja, hanya sedikit yang dapat
berharap untuk meraihnya dan meyiapkan diri mereka sebaik mungkin. Sebuah
karier memberikan kesempatan untuk memimpin dan membawahi suatu operasi menuju
pilihan tujuan anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan masukan komentar Anda