Jumat, 11 Maret 2011

Resume : “How Restore Your Life - Work Balance (Sukses dalam Dunia Kerja dan Kehidupan Pribadi)

 HIDUP YANG TIDAK SEIMBANG

Salah satu hal yang paling dikeluhkan para pekerja adalah imbalan yang tidak memadai untuk kerja lembur. Sekarang ini tempat kerja telah menjadi lingkungan yang menyesakkan dan menyebabkan stres. Perkembangan teknologi memang bisa mempermudah tugas-tugas kita. Akan tetapi, perkembangan teknologi juga menawarkan berbagai peluang yang begitu menggoda, yang tak ingin dilepaskan. Dengan demikian, bukannya meringankan beban dan mengurangi stress tetapi malah sebaliknya, beban pekerjaan semakin meningkat dan tuntutan kemampuan semakin tinggi.
Jika pekerjaan telah sangat menuntut maka kebebasan mendasar kita pun terenggut. Kita harus bekerja tetapi juga butuh waktu untuk beristirahat dan santai. Jika kebutuhan ini tidak dapat dipenuhi, akan menimbulkaan stress dan depresi. Sehingga akan berdampak buruk bagi pekerjaan kita sendiri. Kita perlu mengembalikan keseimbangan hidup agar dapat memaanfaatkan waktu kerja denagn positif dan produktif.
Pikiran Getaran Tinggi (PGT) dapat membuat kita memiliki pandangan baru untuk mengembangkan diri sehingga produktivitas kita di tempat kerja meningkat. Dan dalam kelompok kerja akan membantu memaksimalkan efisiensi dan lingkungan kondusif untuk mencapai kinerja yang optimal. PGT juga akan menunjukkan cara memperbaiki kepercayaan diri dan meningkatkan citra diri agar dapat membangun kembali keseimbangan yang vital antara dunia kerja dan rumah tangga. Dan tentu saja dapat mengurangi stres.

DUNIA ENERGI KITA

Kita adalah bagian dari siklus energi seperti benda-benda yang ada di sekitar kita. Pikiran Getaran Tinggi (PGT) didasarkan fakta ini. Konsep ini memandang seseorang dan interaksi antarmanusia sebagai bagian dari proses transmisi energi yang bisa sangat mengembangkan individu. Anda menjadi bebas dan berdaya karena pemahaman tersebut menawarkan cara menggunakan pengetahuan untuk mengatasi hidup dengan lebih bermanfaatdan produktif. Emosi positif disebut energi bergetaran tinggi sedangkan emosi negatif disebut energi bergetaran rendah. Dan, PGT  adalah sebuah sistem yang menempatkan pikiran positif  pada tataran baru.
PGT memampukan Anda untuk mengendalikan kejadian dan situasi hidup. PGT dapat terajdi secara otomatis jika kita dalam situasi tertentu. Tehnik ini bisa diterapkan di segala aspek kehidupan, apa pun pekerjaan dan gaya hidup. Pada dasarnya, PGT membuat merasa nyaman dengan diri Anda dan selanjutnya Anda mampu mempertahankan faktor kenyamanan diri tersebut dalam berbagai masalah kehidupan yang menghampiri Anda.

CARA ENERGI EMOSI BERGETAR

Kita sudah paham bahwa seluruh dunia adalah bagian dari sistem energi yang kompleks. Daya energi emosional kita terapkan agar bisa bermanfaat bagi kita. Medan energi pribadi kita, bergetar secara konstan. Frekuensi getaran medan energi kita dipengaruhi oleh pikiran dan perasaan kita.jadi, suasana hati bisa mengubah frekuensi getaran medan energi kita secara dramatis. Menurut para ilmuwan dan peneliti di Amerika Serikat, frekuensi gelombang energi yang ditransmisikan oleh perasaan cinta bergetar sangat cepat atau frekuensinya sangat tinggi. Sebaliknya, frekuensi gelombang perasaan takut bergetar sangat lamban atau frekuensinya sangat rendah. Untuk lebih mudah memahami konsep ini, coba sejenak bayangkan ketika anda sedang mendengarkan radio. Stasiun-stasiun radio mengalirkan gelombang radio secara terus-menerus. Gelombang tersebut selalu ada diudara sekitar kita walaupun kita tidak bisa melihatnya secara kasatmata. Jika radio anda tidak disetel secara tepat pada gelombang tertentu, anda hanya akan mendengarkan suara desisan. Tetapi, jika radio anda menangkap gelombang yang tepat, anda bisa mendengarkan dan menyimak suara tersebut dengan jelas, entah itu suara musik, berita, drama, maupun komedi.

Bahagia Memiliki Getaran Tinggi
Jadi, apapun yang kita pikirkan dan rasakan berdampak nyata karena mereka bisa mengubah frekuensi medan energi pribada kita. Saat kita bahagia, energi kita bergetaran tinggi. Saat kita sedih, energi kita bergetaran rendah. Kita pun bisa terpengaruh oleh pikiran dan perasaan orang lain. Energi bahagia yang bergetaran tinggi meningkatkan  frekuensi medan energi personal kita. Ini dialami ketika kita berhasil mencapai sesuatu dengan baik. Pikiran dan perasaan positif, menjaga medan energi kita untuk tetap bergetar pada frekuensi tinggi, sehingga kita terasa nyaman. Semakin cepat gelombang energi kita bergetar, semakin tenteram perasaan kita, karena kita semakin dekat dengan frekuensi cinta. Begitu juga sebaliknya, pikiran dan perasaan negatif, memperlambat frekuensi medan energi kita dan membuat kita merasa sangat terpuruk. Semakin rendah getaran medan energi kita, semakin dekat kita pada getaran ketakutan.

Meningkatkan Kemudian Untuk Frekuensi Getaran Normal Kita
Secara hipotesis, pita gelombang itu bergerak dari 0 sampai 50.000 getaran per milisekon. Medan kita berfluktuasi antara ukuran ini dalam kehidupan sehari-hari kita. Saat kita merasa bahagia dan menikmati hidup, kita mungkin bergetar dengan kecepatan 35.000 getaran per milisekon, tetapi mungkin juga kita bergetar dengan kecepatan 6.000 getaran per milisekon saat kita merasa terpuruk. Dibutuhkan latihan PGT, latihan ini juga mengajarkan cara untuk mengontrol dampak energi bergetaran rendah dari lingkungan sekitar. 

CARA FREKUENSI EMOSI KITA MUNCUL
Ketika kita menghabiskan banyak waktu untuk mencoba meningkatkan frekuensi getaran agar merasa lebih nyaman, masuk akal bila kita juga melihat faktor-faktor yang menentukan tingkat energi individu. Tingkat energi ini dibentuk dan dikendalikan terutama oleh pikiran bawah sadar kita.

Pikiran Sadar dan Bawah Sadar
Pikiran sadar adalah pikiran yang anda gunakan untuk menjalankan kegiatan rutin sehari-hari. Pikiran ini adalah bagian akal pikiran bersifat terpola yang mengerjakan kegiatan sehari-hari. Pikiran sadar anda secara otomatis menganalisa segala situasi yang menghadang, lalu membuat plot terbaik dan paling logis untuik menghadapi serta menyelesaikan. Pikiran bawah sadar anda adalah keberadaan yang lebih kompleksdan merupakan sumber daya yang sangat besar. Pikiran ini secara tak kentara dipengaruhi oleh keadaan sekitar anda dan memberi reaksi terutama terhadap rangsangan emosional. Banyak psikolog menyebut pikiran bawah sadar ini sebagai “sifat anak-anak dalam diri” karena nama ini paling tepat untuk menggambarkan karakteristik pikiran tersebut.

Tahun-tahun Pembentukan Kita
Faktor terpenting dalam menentukan tingkat frekuensi getaran normal adalah lima atau enam tahun pertama dalam kehidupan kita. Pada saat itu, terpola pemikiran umum tentang diri kita. Pada lima atau enam tahun pertama kehidupan kita ini, pikiran bawah sadar secara efektif terprogram dengan keyakinan tertentu akan diri dan bagaimana diri melihat dunia sekitar. Program ini kemudian akan melekat sepanjang hidup dan sulit untuk diubah. Pemrograman frekuensi getaran membuat batasan untuk kita dan memengaruhi setiap aspek kehidupan kita sejak saat itu.
Faktor paling berpengaruh dalam perkembangan kita adalah keluarga terdekat dan lingkungan tempat kita dibesarkan. Frekuensi getaran lingkungan dan keluarga adalah frekuensi yang kita ambil serta kita jadikan patokan. Pikiran bawah sadar anda tidak akan bergeser dari bagaimana ia dulu diprogramkan, entah itu baik atau buruk. Pikiran itu akan memonitor frekuensi getaran anda dan menjaga agar frekuensi itu sesuai dengan tingkat pemrograman. Tentu saja, kita harus mengakui bahwa kita tidak sama dan masing-masing individu adalah unik dengan banyak faktor yang menentukan kepribadian kita. Oleh karena itu, muncul pribadi-pribadi dan perilaku yang berbeda walau berasal dari lingkungan tumbuh yang sama.
Tingkat energi yang membuat kita merasa pas dengan diri kita sering disebut sebagai “zona nyaman”. Kita memiliki kualitas, kekuatan dan kelemahan masing-masing. Kesombongan dan merasa diri penting akan menurunkan frekuensi energi.

CARA FREKUENSI EMOSI MEMPENGARUHI HIDUP KITA

Betapa terkekangnya hidup ini ketika membiarkan kehidupan. Meskipun seseorang ingin berhenti melakukan sesuatu hal sesuai pikiran bawah sadarnya, pikiran bawah sadarnya (sifat anak-anak dalam dirinya) tidak ingin berhenti. Karena bagi pikiran bawah sadarnya suatu perilaku yang telah diprogramkan selama lima atau enam tahun pertamanya dan merasa nyaman maka perilaku tersebut dianggap perilaku normal walaupun sebenarnya buruk. Manakala ingin keluar dari zona nyaman ini seabagai orang dewasa, pikiran bawah sadarnya mengambil kesempatan untuk menariknya kembali. Kita harus berjuang dalam pergumulan sehari-hari dengan pikiran bawah sadar kita, selain usaha agar tidak keluar dari zona nyaman kita merupakan langkah awal untuk bisa mengendalikan pikiran bawah sadar kita.
Pikiran bawah sadar menarik kita kembali ke zona nyaman, tak heran jikia kita kesulitan untuk bergerak maju dalam hidup ketika faktor ketika faktor yang sangat menghambat itu tersimpan dalam benak kita sendiri. Namun, mengetahui apa yang terjadi merupakan langkah awal untuk bisa melakukan sesuatu untuk menghadapinya.
Jika seseorang mempunyai pandangan hidup secara positif maka pikiran bawah sadarnya memonitor kehidupannya dan menjaganya tetap berada di zona berfrekuensi lebih tinggi dimana pikirannnya dipropgram untuk mempercayai dirinya apa adanya.

MACAM-MACAM FREKUENSI

Fondasi pikiran bawah sadar dan tingkat frekuensi rata-rata kita dibentuk pada masa awal hidup kita, tingkat frekuensi kita berubah seiring berjalannya waktu, interaksi dengan orang-orang yang kita temui dan berbagai tantangan hidup yang dihadapi. Kita secara teratur menghadapi energi bergetaran tinggi maupun rendah dari dalam maupun luar.
Cara kita berinteraksi dengan orang lain memiliki dampak besar untuk tingktan energi kita sehari-hari. Semakin sering berada di lingkungan energi bergetaran tinggi, semakin bermanfaat bagi tingkat energi sehari-hari. Dan, jika dikelilingin orang-orang yang bergetaran tinggi, akibatnya bisa membantu merangsang peningkatan energi dalam jangka panjang. Tempat juga memiliki frekuensi getaran.
Kita meraih sukses dalam berbagai hal yang berbeda-beda. Kesuksessan tersebut menungkatkan dan meneguhkan pendapat baik tentang diri sendiri, memberi kepercayaan diri lebih pada kemampuan kita, dan  mengubah pola pikir pribadi kita. Ini berarti frekuensi energi pribadi kita meningkat. Tetapi jika menghadapi masalah yang tidak sanggup ditangani maka bisa saja menekan tingkat getaran anda.
Kita semua mengalami fluktuasi getaran alami setiap hari saat. Kita selalu memandang situasi yang sama dari tingkat frekuensi yang berbeda. Pikiran-pikiran kita bisa saja memiliki getaran tinggi atau arendah yang masing-masing berpengaruh pada tinggi rendahnya getaran medan energi pribadi kita dan bisa mempercepat atau memperlambatnya saat kita melakukan aktivitas sehari-hari Anda tidak bisa menghindari energi bergetaran rendah di lingkungan anda merupakan hal yang alami. Ynag perlu dipehatikan adalah bagaimana reaksi Anda terhadap serangan berfrekuensi rendah itu, karena sebenarnya Anda bisa mengendalikan besar kecilnya dampak situasi dan peristiwa ini. Jika energi negatif begitu kuat, dibutuhkan senjata berkekuatan sama untuk melawannya dan senjatanya adalah pikiran bergetaran tinggi.

MENGAMBIL ALIH KENDALI

            Energi bergetar di sekitar kita. Energi cinta bergetaran tinggi; energi takut bergetaran rendah. Semakin kita dekat dengan getaran cinta, semakin kita dekat dengan kesuksesan dalam segala aspek kehidupan. Hampir semua masalah hidup ada pada tataran frekuensi rendah. Jadi, jika anda berfokus pada energi bergetaran rendah, anda kemungkinan besar akan lebih sering sakit, sering bertengkar, segalanya tampak lebih sulit. Pikiran bergetaran tinggi adalah cara belajar untuk membebaskan diri dari pikiran bergetaran rendah dan menggantikannya dengan pikiran bergetaran tinggi. Lebih masuk akal untuk mencoba berpikir dengan cara yang lebih bergetaran tinggi, karena dengan begitu anda bisa menguasai diri anda. Jika anda mampu menguasai pikirandan perasaan, anda akan bisa mengubah hidup anda. Anda bisa belajar menggunakan pikiranbergetaran tinggi dalam segala aspek kehidupan anda. Langkah pertama untuk bisa menguasai medan energi anda adalah menyadari manfaat pikiran bergetaran tinggi. Hal tersebut akan membuat anda memahami apa yang terjadi pada pikiran anda dan menyadari ketika anda kehilangan kendali. Apabila anda sudah mengambul langkah pertama tersebut, tak akan lama lagi anda bisa secara otomatis menaksir situasi energi anda dan mempraktikkan pikiran bergetaran tinggi. Dengan begitu, anda terbebas dari kendali energi negative.

Memprogram Kembali Pikiran Bawah Sadar Kita
Ada dua elemen untuk membuat pikiran bergetaran tinggi berfungsi: pertama berkaitan dengan tingkat energi mendasar yang dimiliki, dan kedua berkaitan dengan bagaimana reaksi terhadap perubahan tingkat energi di sekitar anda. Pengaruh pengalaman tahun-tahun pembentukan kita membantu membentuk frekuensi getaran normal kita dan menentukan zona nyaman kita: bagaimana kita menilai diri dan jenis kehidupan yang pantas untuk kita. Seumur hidup, pikiran bawah sadar memonitor perasaan dan tindakan kita agar tidak keluar dari zona nyaman, entah hal tersebut baik atau buruk untuk kita. Jika kita ingin melampaui zona nyaman tersebut, kita akan terlibat dalam perebutan kendali dan kita biasanya ada di pihak yang kalah. Ada cara lain kita bisa menghindari peperangan tersebut sekaligus mampu memegang kendali. Cara tersebut adalah dengan memprogram ulang pikiran bawah sadar, sehingga kita bisa mengubah batas zona nyaman.
PGT adalah cara pemrograman ulang yang membutuhkan kemauan sekeras baja. Langkah pertama untuk berubah adalah memahami cara kerja pikiran anda, kemudian menerima kekuatan pikiran bawah sadar. Jika anda sudah menyadari ini, anda bisa maju selangkah dengan membuat rencana masa depan yang baru dan menyenangkan. Jadi, anda bisa memahami bahwa pikiran bawah sadar anda bisa di program untuk kesuksesan atau kegagalan. Pikiran bawah sadar akan menggunakan pengaruhnya yang kuat untuk melakukan apa yang diprogramkan untuknya. Ada beberapa cara untuk mengubah zona nyaman anda yang berhubungan dengan masalah khusus dan hal-hal yang relevan dengan anda, di antaranya adalah: Berubah dari sekarang yang akan membawa perbedaan dalam hidup anda, Jangan terpengaruh dengan energi bergetaran rendah, Berkonsentrasi pada masa kini, Selangkah demi selangkah.

ENERGI BERGETARAN RENDAH DI TEMPAT KERJA

            Kemampuan kerja yang lebih rendah dibandingkan potensi yang dimiliki, disebabkan adanya energi bergetaran rendah ini begitu memenuhi pikiran dan membuat tidak bisa bekerja dengan optimal sesuai potensi yang di miliki, sehingga dapat dikatakan bahwa semakin tinggi frekuensi energi pribadi seseorang, semakin baik kemampuan kerjanya. Energi bergetaran rendah menyerang dari dalam diri sendiri, yaitu melalui pola pikir sehari-hari. Pada frekuensi tingkat rendah, tempat kerja bisa menjadi tempat yang sangat tidak menyenangkan.

Motivasi Para karyawan
Energi bergetaran rendah mengakibatkan para karyawan sulit memiliki motivasi untuk bekerja efisien. Kurangnya motivasi beberapa karyawanbisa berpengaruh pada karyawan lain, bahkan juga pada karyawan yang antusias terhadap pekerjaannya. Dapat merusak kinerja semua orang yang berada di sekitarnya. Perusahaan yang menuntut terlalu banyak pada seseorang secara berlebihan dibandingkan yang lain akan menyebabkan kemampuan kerja menurun dan tidak optimal sesuai dengan potensi yang sesungguhnya.
            Suasana kerja yang dipenuhi dengan energi bergetaran rendah menyebabkan para karyawan membawa energitersebut kerumah mereka dan akan terus memikirkan masalah pekerjaan yang membuat waktu luang dan istirahat mereka dipenuhi kelelahan, kekhawatiran, dan kekecewaan. Kemudian mereka memandang pekerjaan tersebut sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan dan tidak bisa menikmatinya sebagai bagian yang positif dari hidup mereka dan merampas waktu mereka.
            Dengan demikian, pekerja harus membuat keseimbangan antara bekerja dengan rajin dan berkomitmen atau sekadar menyelesaikan tugas, dengan cara memahami prinsip-prinsip PGT. PGT memastikan terciptanya tempat kerja yang lebih kondusif untuk meraih keberhasilan dan beroperasi sesuai dengan potensi yang sesungguhnya. Dan, hasil dari semua itu adalah keseimbangan hidup secara keseluruhan yang menyenangkan para karyawan.

ZONA BERFREKUENSI TINGGI UNTUK SUKSES

Untuk menyadari potensi anda yang sesungguhnya, anda perlu menyelaraskan medan energi pribadi dengan frekuensi cinta secara tetap. Ini berarti, zona nyaman anda akan berada pada getaran tinggi dan anda akan belajar mengatur energi bergetaran rendah di sekitar anda, sehingga anda tetap berada pada medan energi bergetaran tinggi sepanjang waktu atau selama apa pun yang mungkin diusahakan manusia. Tujuan yang akan senantiasa kita perjuangkan adalah tetap berada pada zona bergetaran tinggi. Kita bisa membuat sesuatu yang lebih baik, bahkan jauh lebih baik, bagi hidup kita setiap hari. Ini bisa dimulai dengan cara menggunakan pikiran bergetaran tinggi.

Mencapai Zona Kepuasan
            Para psikolog menyebutnya “zona kepuasan”. Ini adalah saat Anda merasa tidak akan salah langkah lagi. Segala sesuatu berjalan seperti yang diinginkan. Anda berada di puncak prestasi dan pengaruh Anda bergaung di sekeliling. Keadaan energi seperti inilah yang berusaha kita capai dengan PGT (Pikiran Getaran Tinggi).
Ketika memahami cara kerja PGT, dapat dimengerti bahwa zona kepuasaan itu adalah keadaan dimana Anda tidak memiliki keraguan atau pikiran negative dalam bentuk apa pun. Keyakinan adalah kunci utamanya. Ketika benar-benar yakin bisa mencapai tujuan itu, tertutuplah pintu untuk energi bergetaran rendah. Pada keadaan inilah, frekuensi energi pribadi Anda bergetaran pada tingkat yang paling tinggi. Dengan PGT, kapan pun kita bisa memasuki zona ini atas kemauan kita. Dan, ini hanya membutuhkan sedikit latihan. Dalam pekerjaan, semakin Anda dekat dengan zona berfrekuensi tinggi, semakin banyak pencapaian yang bisa diraih. Rahasianya adalah bersikap santai dan tenang sehingga bisa melepaskan diri dari berbagai tekanan yang mengganggu sekaligus menjadi yakin akan kemampuan Anda.

MEMPRAKTIKKAN PGT

            Prinsip-prinsip PGT ini memampukan anda untuk menangani berbagai persoalan dengan cara yang lebih produktif dan menguntungkan. Prinsip PGT adalah untuk pribadi.
  1. Menyadari bahwa PGT adalah sebuah bagian yang hilang, sehingga jika tidak ada PGT selalu merasa ada yang kurang.
  2. Afirmasi awal berupa sebuah pernyataan pada diri sendiri bahwa andalah yang akan mengendalikan hidup anda, yang bisa mengingatkan diri sendiri.
  3. Lupakan masa lalu yang berfrekuensi rendah.
  4. Memaafkan semua orang yang bertanggung jawab atas semua hal buruk di masa lalu yang memengaruhi hidup anda.
  5. Fokuslah pada masa kinidan usahakanlah yang terbaik.
  6. Bergabung dengan orang-orang dan tempat-tempat bergetaran tinggi.
  7. Bakar pikiran negative yang membuat tidak percaya diri.
  8. Jangan ragu-ragu dengan apa yang bisa anda capai.
  9. Biarkan komentar-komentar negative itu berlalu.
  10. Megembalikan energi negative itu kepada orang yang menciptakannya.
  11. Jadilah diri sendiri.
  12. Mengalihkan topik pembicaraan yang membuat anda merasa tertekan.
  13. Berdirilah dengan penuh keyakinan dan percaya dirilah.

MEMAKSIMALKAN EFISIENSI DENGAN PGT

            Tempat kerja anda dan energi bergetaran rendah yang bisa menyebabkan anda tidak dapat bekerjadengan maksimal, karena tempat ini menjadi kunci keseimbangan hidup antara pekerjaan dan kehidupan rumah tangga anda. Anda harus berupaya untuk meningkatkan energi bergetaran tinggi bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk orang-orang di sekitar anda. Cara mempromosikan PGT pada mereka yaitu;
  • Melawan energi bergetaran rendah di tempat kerja.
  • Melakukan segala hal dengan terorganisasi dan teratur.
  • Gunakanlah waktu sebaik-baiknya.
  • Perencanaan yang cepat.
  • Komunikasi.
  • Bertahanlah dengan zona tersebut.

BAGAIMANA MENCAPAI KESEIMBANGAN ITU

            Jika lingkungan kerja dan rumah tangga anda tidak seimbang, dapat dipastikan kehidupan rumah tangga andalah yang dikalahkan. Merenungkan kehidupan rumah tangga dan kerja anda dengan lebih tenang dan menguraikan secara lebih gamblang apa saja yang ingin anda capai. Merasa yakin bahwa PGT bekerja dengan baik dan terasa manfaatnya dalam pekerjaan. Merencanakan dengan lebih efektif . komunikasi yang terjalin dengan linhkungan harus semakin baik. Kemudian, buatlah daftar tentang apa saja yang masih bisa anda tingkatkan dalam pekerjaan.
            Membicarakannya dengan bos, tunjukkan keuntungan-keuntungan yang bisa diraih dari ide-ide untuk diri anda sendiri maupun untuk lingkungan perusahaan. Sediakan waktu untuk melakukan sesuatu yang memang anda inginkan di rumah. Dengan mengombinasikan strategi meningkatkan kemampuan kerja, membangun kepercayaan diri, dan menikmati waktu untuk sesuatu yang memang anda inginkan, anda akan dapat membangun sebuah keseimbangan hidup yang konstruktif dan bermakna.

MEMBAWA PERSOALAN DALAM ZONA NYAMAN

            Jagalah agar anda tetap merasa nyaman dengan diri sendiri sepanjang waktu. Lakukanlah secara bertahap, ketika telah mengafirmasi betapa hebatnya anda, anda bisa mulai melakukan sesuatu untuk mengubah kebiasaan anda. Lakukan hal itu secara bertahap. Fokuslah pada apa yang telah anda capai sepanjang hari itu. Evaluasi ulang diri anda, terus katakanlah pada diri sendiri bahwa dalam kehidupan dengan keseimbangan yang baru ini, anda memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal yang baik itu. Akhirnya, pikiran bawah sadar anda akan menerima pesan tersebut dan mengubah zona nyaman anda untuk mengakomodasi hal-hal tersebut seperti yang anda inginkan.

BAB 14
JIKA ANDA SEORANG BOS

            PGT dapat dijadikan dasar untuk berbagai program pelatihan dalam bisnis, karena apa pun yang anda lakukan untuk memperbaiki efisiensi kerja akan lebih bermafaat jika menggunakan PGT. Jika ingin memperbaiki suasana kerja, mengurangi tingkat stress karyawan, satu hal terpenting yang harus anda lakukan adalah meningkatkan frekuensi energi yang ada. Ini adalah hal yang vital untuk dilakukan demi meningkatkan produktivitas dan keuntungan, menciptakan atmosfer kerja yang lebih nyaman, mengurangi ketegangan, dan meningkatkan motivasi kerja. Prinsip-prinsip pelaksanaan PGT untuk lingkungan kerja sama sekali tidak berbeda dengan aplikasi untuk pribadi. Anda hanya perlu membuat sedikit penyesuaian saja. Prinsip-prinsip tersebut adalah;
  1. Berilah contoh yang baik.
  2. Didiklah karyawan menggunakan PGT.
  3. Menciptakan lingkungan kerja yang baik.
  4. Menyiapkan agar segala sesuatu terorganisasi dengan baik, dan struktur perusahaan yang baik menjadi sangat penting (Organisasi).
  5. Disiplin.
  6. Konsistensi dan keadilan, dimana memperlakukan para karyawan dengan cara-cara yang adil adalah penting.
  7. Perencanaan, yaitu sesuatu yang vital untuk suatu kerja yang efektif karena akan mengurangi kemungkinan sesuatu berjalan meleset dan memastikan bahwa keputusan tidak diambil oleh orang yang tidak berwenang, yang membuat orang yang bersangkutan tidak nyaman dan membahayakan perusahaan.
  8. Berkomunikasi dengan para karyawan secara intensif  dan regular.
  9. Membangkitkan semangat dan  memberikan penghargaan kepada karyawan.

TIGA LANGKAH MENUJU HIDUP SEIMBANG

Membangun tingkatan rata-rata getaran energi supaya bisa menyelesaikan pekerjaan kantor dengan baik dan menciptakan keseimbangan antara urusan rumah tangga dan kantor merupakan rencana yang harus ditindaklanjuti agar benar-benar bisa mengubah hidup Anda. Setiap orang memiliki potensi untuk melakukan pekerjaan sesuai bakatnya, dihargai sesuai kemampuannya, sekaligus menikmati waktu luangnya untuk memelihara kehidupan rumah tangga yang bahagia.
Tujuan latihan dalam buku ini adalah membantu Anda untuk memiliki frekuensi energi yang lebih tinggi dalam cara piker Anda secara menyeluruh dan perlahan mengurangi pola pikir berfrekuensi rendah yang mungkin ada pada diri Anda. Ini juga berpengaruh dalam meningkatkan frekuensi energi pribadi Anda untuk menyingkirkan hambtan yang berasal dari zona nyaman Anda. Ada tiga langkah dalam proses ini, yaitu;
Ø  Langkah 1: terimalah tanggung jawab.
Ø  Langkah 2: buat komitmen untuk menciptakan keseimbangan antara kehidupan rumah tangga dan pekerjaan.
Ø  Langkah 3: lakukan program latihan selama enam minggu untuk memprogram ulang pikiran bawah sadar Anda.

Program Pengembangan Diri Sendiri
Program pengembangan diri ini untuk diterapkan selama enam minggu. Ini adalah waktu yang cukup untuk memulai suatu perubahan, dan sebaiknya diulangi empat kali dengan jeda istirahat satu minggu di antara periode enam minggu ini. Inilah hal yang harus dilakukan.
Ø  Buatlah pernyataan bahwa Anda sungguh-sungguh mau menerima tanggung jawab dan ulangilah pernyataan berikut sesering mungkin.
Ø  Buatlah komitmen untuk menyeimbangkan kehidupan Anda dan ulangilah pernyataan ini sesering mungkin.
Ø  Persembahknalah komitmen itu untuk seseorang yang sungguh berarti bagi hidup Anda.
Ø  Bacalah afirmasi bergetaran tinggi.
Ø  Baca ulang afirmasi minggu Anda sebanyak sepuluh kali di pagi hari dna sepuluh kali di malam hari setiap hari.
Ø  Gunakanlah latihan visualisasi.

MENERIMA TANGGUNG JAWAB

Ketika Anda menerima tanggung jawab atas apa yang terjadi pada hidup Anda, pada saat itulah Anda memegang kendali dan biasa melakukan sesuatu. Kunci hidup bahagia dan berhasil adalah membangun serta memelihara keseimbangan yang benar natara pekerjaan dan hidup rumah tangga. Pikiran sadar tidak memegang kendali terus-menerus Karena lebih sering pikiran bawah sadarlah yang mengontrol kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus-menerus menyadari dan memantau pikiran, serta kemudian memutuskan untuk tetap tinggal pada zona nyaman yang berdampak positif. Sikap menerima tanggung jawab juga berdampak pada terlepasnya pola-pola pikiran bergetaran rendah.

BAB 17
MEMBUAT KOMITMEN

Berkomitmen total untuk meningkatkan getaran energi akan memberi kekuatan yang luar biasa. Ketika niat terpusat penuh, kita melangkah menuju kekuatan pikiran bawah sadar yang luar biasa dan dengan itulah kita memanfaatkan dukungannya yang penuh untuk kebutuhan kita.
Sikap komitmen mengatasi batasan-batasan yang diciptakan oleh keyakinan kita sendiri, oleh masyarakat, dan oleh pengalaman masa kecil. Dan juga memungkinkan untuk mencapai potensi kita yang sesungguhnya. Semakin bersungguh-sungguh berkomitmen, semakin sedikit muncul persoalan yang dibawa oleh pikiran bawah sadar.
Cara yang baik untuk mengobarkan kembali komitmen adalah mempersembahkan tujuan itu bagi seseorang yang istimewa dalam hidup Anda. Perwujudan dedikasi semacam ini akan membantu mempertahankan diri ketika pikiran bawah sadar mulai mengganggu dan ketika kemauan atau keyakinan diri melemah. Oleh karena itu kita harus memahami apa yang sebenarnya terjadi dengan pikiran kita saat itu, yang akan memampukan Anda untuk bertahan dalam komitmen mencapai target dan memegang kendali atas pikiran bawah sadar Anda sendiri.

AFIRMASI ANDA

Dua metode utama untuk meningkatkan getaran energi adalah afirmasi dan visualisasi. Kedua hal ini sangat mudah dipraktikkan dan sangat sederhana. Metode ini bergantung pada kemauan dan kekuatan Anda dalam pengulangan-pengulangan. Metode ini juga dapat mewujudkan potensi kerja yang sesungguhnya, menjaga kendali atas beban pekerjaan dan produktivitas Anda, sekalisus menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan rumah tangga.
Afirmasi adalah pernyataan ampuh yang berulang-ulang Anda katakana kepada diri sendiri, sampai akhirnya pikiran bawah sadar menerima pernyataan tersebut sebagai hal yang benar. Akibatnya, Anda memprogram ulang pikiran bawah sadar dan juga memperjelas kembali batasan-batasan dalam zona nyaman Anda. Afirmasi harus dituliskan dengan penekanan masa sekarang, seakan Anda telah mencapainya. Jangan biarkan afirmasi itu memberi sedikit peluang pun pada keraguan karena afirmasi memiliki pengaruh yang cukup nyata dalam kehidupan sehingga manfaatkanlah sebaik-baiknya.  Afirmasi dapat berpengaruh positif dan negative. Andalah yang harus menyingkirkan pikiran negative itu dan menggantinya dengan pikiran positif.
Anda tidak bisa terus-menerus menyerang pikiran bawah sadar, anda harus menghidupi dan menghayati pikiran-pikiran bergetaran tinggi, dan pikiran itu akan mendorong naik frekuensi medan energi pribadi Anda yang dapat mengubah hidup menjadi lebih baik.

VISUALISASI ANDA

Visualisasi adalah alat paling ampuh yang bisa digunakan untuk memprogram ulang pikiran bawah sadar. Yang harus dilakukan adalah meyakinkan pikiran bawah sadar bahwa Anda mampu mencapai subjek visualisasi Anda. Rasa percaya adalah kunci meraih sukses, karena memiliki kepercayaan bisa menyingkirkan segala keraguan dari pikiran dan menggerakkan Anda menuju zona frekuensi dimana segala hal itu mungkin terjadi. Kemudian bersikap santai, tahu bahwa Anda akan berhasil dan percaya pada kemampuan Anda.
Latihan visualisasi ini akan membantu menghilangkan energi negative dan melindungi dari energi negative apa pun. Juga memampukan Anda untuk bersantai dalam merasakan kedamaian dan kebahagiaan bahwa zona berfrekuensi tinggi ada didalamnya.
Kunci keberhasilan visualisasi adalah belajar menggunakan imajinasi untuk keuntungan diri sendiri dengan cara belajar untuk melihat diri sendiri dalam situasi yang positif. Untuk itu diperlukan latihan visualisasi setiap hari. Waktu yang paling baik adalah pada pagi hari, saat Anda bangun tidur karena hal ini akan membentuk energi pada getaran tingkat tinggi sepanjang hari itu. Visualisasi akan lebih efektif jika mengikutsertakan orang-orang, tempat dan situasi yang akrab dengan Anda. Libatkan pula segala hal yang membuat nyaman dengan diri sendiri. Latihan visualisasi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut;
Ø  Membuat visualisasi sifat anak-anak dalam diri Anda merasa nyaman.
Ø  Menikmati visualisasi sifat anak-anak dalam diri Anda.
Ø  Membangun visualisasi tentang keseimbangan yang bertujuan agar kehidupan karier tidak menganggu rumah tangga Anda.

Visualisasi dapat juga untuk menolak energi negative yang bertujuan agar Anda tetap teguh dalam zona frekuensi tinggi dimana tak ada tempat untuk energi bergetaran rendah sehingga bisa mengoptimalkan potensi dalam diri yang sesungguhnya.
Belajar berkomunikasi dengan sifat anak-anak dalam diri itu penting, jika benar-benar menginginkan kemajuan dan menyadari betul bahwa didalam dirinya mempunyai potensi yang luar biasa. Intinya adalah menyesuaikan pikiran sadar kita dengan sifat anak-anak dalam diri kita yang dominan. Untuk bisa melakukannya, hal utama yang harus dilakukan adalah membuka komunikasi.


Resume : “How Restore Your Life - Work Balance (Sukses dalam Dunia Kerja dan Kehidupan Pribadi),Steve Wharton, Kanisius, 2009.”

1 komentar:

Silahkan masukan komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...