Psikologi
organisasi
adalah bidang yang menggunakan metodologi ilmiah untuk lebih memahami perilaku
individu dalam pengaturan organisasi. Pengetahuan ini diterapkan, dalam berbagai cara, untuk membantu fungsi organisasi lebih efektif. Hal ini
penting karena organisasi yang efektif biasanya lebih produktif, sering memberikan jasa berkualitas tinggi, dan biasanya lebih sukses secara finansial daripada organisasi yang kurang efektif. Untuk organisasi swasta, kesuksesan sering menyebabkan peningkatan
kekayaan pemegang saham dan keamanan kerja yang lebih besar untuk karyawan.
Untuk organisasi publik seperti polisi departemen, pemerintah kota, dan
perguruan tinggi negeri, kesuksesan berarti tingginya kualitas layanan dan penghematan biaya bagi
pembayar pajak. Manfaat tidak langsung juga terkait dengan efektivitas organisasi
ditingkatkan dan keberhasilan akan lebih sering datang. Organisasi yang sukses menyediakan kesempatan kerja, memfasilitasi kesejahteraan ekonomi
bagi anggota
masyarakatnya.
Juga, dalam banyak kasus, karyawan dalam organisasi yang sukses lebih puas dan terpenuhi dalam pekerjaan mereka daripada karyawan dalam organisasi kurang berhasil. Sikap positif dapat membawa lebih untuk peran nonpekerjaan seperti orang tua dan masyarakat anggota. Konsumen juga mendapatkan keuntungan dari peningkatan efektivitas organisasi karena dikelola dengan baik, organisasi yang efisien sering menghasilkan produk dan memberikan layanan dengan jauh lebih rendah daripada biaya kurang berhasil mereka pesaing. Penghematan biaya seperti ini sering diteruskan kepada konsumen dalam bentuk harga yang lebih rendah. Singkatnya, setiap orang adalah pemenang potensial ketika organisasi berfungsi secara efektif. Organisasi psikologi berusaha untuk meningkatkan efektivitas organisasi melalui penelitian ilmiah dan penerapan temuan hasil penelitian.
Juga, dalam banyak kasus, karyawan dalam organisasi yang sukses lebih puas dan terpenuhi dalam pekerjaan mereka daripada karyawan dalam organisasi kurang berhasil. Sikap positif dapat membawa lebih untuk peran nonpekerjaan seperti orang tua dan masyarakat anggota. Konsumen juga mendapatkan keuntungan dari peningkatan efektivitas organisasi karena dikelola dengan baik, organisasi yang efisien sering menghasilkan produk dan memberikan layanan dengan jauh lebih rendah daripada biaya kurang berhasil mereka pesaing. Penghematan biaya seperti ini sering diteruskan kepada konsumen dalam bentuk harga yang lebih rendah. Singkatnya, setiap orang adalah pemenang potensial ketika organisasi berfungsi secara efektif. Organisasi psikologi berusaha untuk meningkatkan efektivitas organisasi melalui penelitian ilmiah dan penerapan temuan hasil penelitian.
PSIKOLOGI ORGANISASI?
Dalam arti paling umum, psikologi organisasi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajaritentang perilaku individu dan perilaku kelompok dalam aturan organisasi formal. Katz dan Kahn, dalam karya klasik mereka, The Psychology Sosial Organisasi (1978), menyatakan bahwa esensi dari sebuah organisasi adalah "pola" atau motif perilaku manusia. Ketika perilaku berpola, beberapa struktur dikenakan pada individu. Struktur ini biasanya datang dalam bentuk peran (normatif standar yang mengatur perilaku) serta adanya pedoman nilai. Sebuah organisasi tidak bisa ada apabila orang hanya "melakukan sendiri hal itu "tanpa kesadaran perilaku orang lain. Mengingat karakteristik Katz dan Kahn mendefinisikan organisasi (misalnya, pola aktivitas), mudah untuk melihat bahwa ada banyak organisasi di dunia ini. Sekelompok lima orang yang secara teratur bermain poker, pada hari jumat malam akan cocok dengan definisi ini, seperti juga pada perusahaan multinasional.
Oleh karena itu, untuk lebih lanjut mendefinisikan bidang psikologi organisasi, penting untuk membedakan antara formal dan informal organisasi. Sebuah organisasi formal adalah salah satu yang organisasi yang memiliki ciri beberapa pernyataan yang menyatakan memenuhi tujuan, dan tujuan yang sering dinyatakan secara tertulis. Organisasi formal juga biasanya menunjukkan beberapa tingkat kontinuitas dari waktu ke waktu, mereka sering bertahan hidup jauh lebih lama dari anggota pendiri lakukan. Organisasi bisnis jelas menunjukkan karakteristik ini yang mendefinisikan dari organisasi formal, seperti halnya banyak lain organisasi nirlaba dan pemerintah lembaga.
Sebaliknya, sebuah organisasi informal di mana tujuannya adalah biasanya kurang eksplisit daripada organisasi formal. Kembali ke contoh sebelumnya dari lima poker pemain, orang-orang ini jelas menghabiskan waktu mereka karena mereka menikmati bermain poker dan, kemungkinan besar, setiap perusahaan akan berbeda. Sangat diragukan, meskipun, bahwa dalam situasi ini tujuan tersebut ditulis, atau bahkan secara eksplisit dinyatakan. Hal ini juga diragukan apakah kelompok kecil ini akan terus ada jika tiga dari lima anggota pindah ke kota lain atau hanya kehilangan minat di poker. Psikologi organisasi yang bersangkutan dengan studi organisasi formal. Tidak berarti bahwa organisasi formal menarik bagi psikologi organisasi selalu pada organisasi bisnis. Sepanjang bab buku ini, banyak penelitian akan dijelaskan yang dilakukan dalam organisasi non-bisnis seperti sebagai lembaga pemerintah, universitas, dan nirlaba lembaga layanan sosial.
Hal lain yang perlu dicatat adalah bahwa fokus pada organisasi formal tidak menghalangi studi tentang proses organisasi informal, kelompok dan organisasi. Kita tahu, misalnya, bahwa hubungan persahabatan resmi ada dalam organisasi, dan mereka memiliki implikasi penting untuk fungsi organisasi formal (Riordan & Griffith, 1995).
Dalam nada yang sama, proses yang terjadi dalam kelompok-kelompok informal dan organisasi dapat memberikan beberapa wawasan ke dalam proses yang terjadi dalam organisasi formal. Misalnya, cara di mana sebuah status hierarchy berkembang pada kelompok informal dapat membantu kita untuk lebih memahami munculnya kepemimpinan dalam organisasi formal. Hal lain yang diklarifikasi dalam definisi diberikan di atas ada hubungannya dengan istilah psikologi itu sendiri.
Psikologi adalah studi ilmiah perilaku manusia tentang perilaku individu dan mental proses. Dua hal yang penting untuk dicatat tentang definisi ini. Pertama, organisasi psikolog menggunakan metode penyelidikan ilmiah untuk kedua studi dan campur tangan dalam organisasi. Ini berarti bahwa psikolog organisasi menggunakan pendekatan berbasis data sistematis untuk kedua proses studi organisasi dan memecahkan masalah organisasi. "Data" digunakan oleh psikolog organisasi, mungkin datang dalam berbagai bentuk, termasuk survei tanggapan, wawancara, observasi, dan, dalam beberapa kasus, catatan organisasi. Kedua, psikologi organisasi secara intelektual berakar pada bidang yang lebih besar psikologi. Implikasi yang paling penting dari ini koneksi ke bidang yang lebih luas psikologi adalah bahwa psikologi organisasi berfokus pada perilaku individu. Pernyataan ini mungkin tampak aneh, mengingat bahwa sebagian besar dari teks ini dikhususkan untuk kedua kelompok dan organisasi-tingkat proses. Artinya adalah bahwa terlepas dari tingkat di mana beberapa fenomena terjadi, perilaku individu yang paling penting adalah faktor mediasi (Porras & Robertson, 1992).
Jadi, untuk memahami dampak dari kelompok dan organisasi-tingkat variabel, kita harus fokus pada bagaimana mereka mempengaruhi perilaku individu. Kelompok dan organisasi tidak berperilaku akan dilakukan orang. Fokus yang kuat pada perilaku individu juga berfungsi untuk membedakan organisasi psikologi dari ilmu sosial lain (misalnya, sosiologi, ekonomi, dan ilmu politik) yang berusaha menjelaskan proses organisasi. Hal ini juga salah satu cara di mana psikologi organisasi berbeda dengan bidang terkait erat dari organisasi perilaku (lihat Komentar 1.1).
KOMENTAR 1.1 APA PERBEDAAN PSIKOLOGI ORGANISASI DAN PERILAKU ORGANISASI?
BANYAK PEMBACA, KHUSUSNYA mereka yang memiliki menerima setidaknya sebagian dari pelatihan mereka dalam universitas sekolah bisnis, telah mendengar tentang bidang perilaku organisasi. Apa bedanya antara psikologi organisasi dan perilaku organisasi? Di semua kejujuran, kedua bidang ini jauh lebih mirip dari berbeda-begitu banyak sehingga, sebenarnya, bahwa fakultas banyak yang mengajar perilaku organisasi dalam bisnis sekolah menerima pelatihan mereka di departemen psikologi. Meskipun kurang umum,
beberapa fakultas yang mengajar organisasi psikologi menerima pelatihan mereka dalam bisnis sekolah. Meskipun kesamaan luar, ada benar-benar halus perbedaan antara organisasi psikologi dan perilaku organisasi. Moorhead dan Griffin (1995) mendefinisikan organisasi perilaku sebagai "studi tentang perilaku manusia dalam pengaturan organisasi, antarmuka antara perilaku manusia dan organisasi, dan organisasi itu sendiri "(hal. 4). Jika kita fokus hanya pada bagian pertama dari definisi ini, tidak mungkin untuk membedakan psikologi organisasi dari perilaku organisasi. Namun, kita mulai melihat sedikit perbedaan di mana terletak pada bagian dari definisi yang menyatakan bahwa perilaku organisasi yang bersangkutan dengan " organisasi itu sendiri "Khususnya., mereka belajar dalam perilaku organisasi yang bersangkutan tidak hanya dengan perilaku individu dalam organisasi,
tetapi juga dengan tingkat makro proses dan variabel seperti struktur organisasi dan strategi. Ini dipandang sebagai menarik dan layak penelitian di kalangan mereka sendiri.
Psikologi organisasi juga khawatir dengan dampak dari
tingkat makro variabel
dan proses, tetapi hanya sebatas bahwa seperti variabel dan proses berdampak pada individu perilaku. Dengan demikian, salah satu cara yang halus dalam organisasi psikologi dan organisasi perilaku berbeda adalah bahwa perilaku organisasi ini sedikit lebih "eklektik" dalam fokus daripada yang organisasi psikologi. Banyak alasan untuk
perbedaan ini adalah bahwa perilaku organisasi menarik dari berbagai disiplin ilmu lebih besar dari melakukan psikologi organisasi. Sementara psikologi organisasi menarik sebagian besar dari berbagai subfield dalam psikologi, organisasi perilaku menarik tidak hanya pada psikologi tetapi sosiologi, antropologi, ekonomi, dan tenaga kerja hubungan, untuk beberapa nama. Jadi, untuk menjawab pertanyaan apakah ada perbedaan antara organisasi psikologi dan perilaku organisasi, saya Jawabannya adalah: Ya, tapi itu adalah sangat halus perbedaan. Mungkin cara terbaik untuk meringkas perbedaannya adalah mengutip komentar dari satu profesor saya ketika saya mulai mencari fakultas pekerjaan setelah menyelesaikan Ph.D. saya Ketika saya ditanya tentang perbedaan utama antara mengajar di sekolah bisnis dan psikologi departemen, respon satu-satunya adalah: "Tentang $ 20.000 dalam gaji. " Sumber: G. Moorhead dan R. W. Griffin. (1995). Organisasi perilaku: Mengelola orang dan organisasi (4th ed.). Boston: Houghton Mifflin Company.
dan proses, tetapi hanya sebatas bahwa seperti variabel dan proses berdampak pada individu perilaku. Dengan demikian, salah satu cara yang halus dalam organisasi psikologi dan organisasi perilaku berbeda adalah bahwa perilaku organisasi ini sedikit lebih "eklektik" dalam fokus daripada yang organisasi psikologi. Banyak alasan untuk
perbedaan ini adalah bahwa perilaku organisasi menarik dari berbagai disiplin ilmu lebih besar dari melakukan psikologi organisasi. Sementara psikologi organisasi menarik sebagian besar dari berbagai subfield dalam psikologi, organisasi perilaku menarik tidak hanya pada psikologi tetapi sosiologi, antropologi, ekonomi, dan tenaga kerja hubungan, untuk beberapa nama. Jadi, untuk menjawab pertanyaan apakah ada perbedaan antara organisasi psikologi dan perilaku organisasi, saya Jawabannya adalah: Ya, tapi itu adalah sangat halus perbedaan. Mungkin cara terbaik untuk meringkas perbedaannya adalah mengutip komentar dari satu profesor saya ketika saya mulai mencari fakultas pekerjaan setelah menyelesaikan Ph.D. saya Ketika saya ditanya tentang perbedaan utama antara mengajar di sekolah bisnis dan psikologi departemen, respon satu-satunya adalah: "Tentang $ 20.000 dalam gaji. " Sumber: G. Moorhead dan R. W. Griffin. (1995). Organisasi perilaku: Mengelola orang dan organisasi (4th ed.). Boston: Houghton Mifflin Company.
Bahkan,
penulis jelas dapat mengingat sesama lulusan sekolah siswa menyatakan bahwa mereka
baik sebagai "Aku" atau "O." (Mengingat topik buku ini,
Anda mungkin bisa menebak pilihan penulis) Sayangnya!,
ini "saya" atau "O" deklarasi tidak konsisten dengan kenyataan
bahwa ada saling ketergantungan yang cukup besar salah satu topik yang
merupakan masing-masing subbidang. Untuk menggambarkan hal ini, katakanlah
asuransi jiwa perusahaan memutuskan untuk mengembangkan tes untuk pilih orang
untuk menjual polis asuransi. Untuk melakukan demikian, organisasi ini
kemungkinan akan melakukan beberapa bentuk analisis jabatan untuk mencari tahu
apa sebenarnya adalah terlibat dalam penjualan polis asuransi jiwa, mengembangkan
ukuran kinerja kriteria didasarkan pada analisis jabatan, mengembangkan pilihan menguji
untuk mengukur hal-hal yang dianggap prediksi kinerja, dan akhirnya melakukan
studi untuk menyelidiki apakah kinerja pada tes seleksi berkorelasi dengan kriteria
mengukur kinerja (Cascio,1998). Karena semua ini adalah "saya"
kegiatan, apa relevansi melakukan "O" sisi lapangan miliki untuk
perusahaan asuransi jiwa dalam contoh ini? Pada pandangan pertama, akan muncul
menjadi sangat sedikit. Namun, jika Anda berpikir tentang hal ini, organisasi topik
yang sangat relevan. Sebagai contoh, setelah agen asuransi jiwa ini dipilih,
mereka harus disosialisasikan ke dalam budaya dari lembaga tertentu di mana
mereka akan bisa bekerja sama, serta perusahaan yang lebih luas budaya (Bowen,
Ledford, & Nathan, 1991; Kristof, 1996). Juga, menuntut asuransi jiwa penjualan
mungkin memerlukan mempekerjakan individu yang akan mengatasi dengan baik sesuai dengan tuntutan (Jex, 1998). Dengan demikian, organisasi perlu
memahami hal yang unik yang membuat stres berkaitan dengan pekerjaan ini, serta atribut
yang memfasilitasi pekerjaan. Sebagaimana akan kita lihat, sosialisasi dan
stres kerja adalah topik penting dalam psikologi organisasi. Hal ini juga dapat
diilustrasikan dengan mengambil sebuah "O" topik dan menjelaskan
relevansi dari "Aku" sisi lapangan. Katakanlah Tentara AS yang
tertarik dalam meningkatkan pengambilan keputusan dan komunikasi antara proses kelompok
kecil yang terdiri dari pasukan unit khusus.
Untungnya, dalam psikologi organisasi, ada literatur yang cukup besar pada kelompok
efektivitas dan proses, dan Tentara bisa menarik sumber-sumber inilah yang
membantu membimbing usaha mereka (misalnya, Guzzo
& Shea, 1992). Dapatkah masalah yang relevan dengan sisi "aku"
dari lapangan diabaikan? Tentu saja tidak. Agar efektif, kelompok harus
memiliki campuran tertentu keterampilan, kemampuan, dan ciri kepribadian.
Dengan demikian, terlepas proses tim yang diajarkan untuk unit ini, perawatan
harus dilakukan untuk memilih benar campuran individu di tempat pertama. Hal
ini juga tidak mungkin bahwa proses pengambilan keputusan akan meningkatkan
kecuali tim-tim ini menerima akurat dan umpan balik tepat waktu sesuai
kinerja. Seleksi dan penilaian kinerja, tentu saja, adalah dua topik utama di
sisi "aku" dari lapangan.
PENDEKATAN ILMUWAN PRAKTISI
Psikologi organisasi
dapat dan harus dipandang sebagai ilmu. Bahkan, banyak dari isi
buku ini didasarkan pada studi ilmiah perilaku organisasi dan pengaturan laboratorium. Organisasi
psikologi juga peduli dengan penerapan pengetahuan
ilmiah untuk meningkatkan efektivitas organisasi. Ilmuwan-praktisi Model
menangkap ini dari interaksi antara menghasilkan pengetahuan ilmiah dan penerapan
yang pengetahuan untuk tujuan praktis. Pada umunya tingkat
ilmuwan-praktisi Model menyatakan bahwa ilmu pengetahuan dan praktek yang tidak
independen dan pada kenyataannya, sering "memberi makan off "satu sama lain.
(lihat Gambar 1.2).
KETIKA saya bercermin pada karir
saya sendiri, tema ilmu praktek sangat
jelas. Sejak menerima Ph.D. sy di industri / organisasi psikologi pada tahun 1988,
saya telah praktek dan sangat aktif dalam program penelitian di bidang stress kerja Dengan
demikian, banyak dari apa yang saya lakukan pusat sekitar ilmu pengetahuan.
Namun, di samping untuk kegiatan ilmiah, saya telah melakukan sejumlah
proyek dalam organisasi yang telah
dirancang untuk memecahkan masalah praktis. Untuk Misalnya, tidak lama setelah
memulai pekerjaan pertama saya keluar sekolah pascasarjana, saya adalah
peneliti asisten pada sebuah proyek yang dilakukan untuk Angkatan Darat AS
Research Institute. Pada proyek terlibat melakukan penilaian organisasi merekrut
para operasi cabang dari Angkatan Darat U.S. Angkatan Darat ini pada dasarnya
tertarik dengan cara cabang merekrut dapat memfasilitasi pelatihan perekrut
lapangan. Sejak proyek pertama, saya telah bekerja dengan sejumlah organisasi
melakukan proyek penelitian terapan dan pengembangan program pelatihan.
Apa yang telah saya pelajari dari bekerja dengan organisasi? Mungkin yang paling penting, saya telah mengembangkan banyak hal untuk I / O psikologi yang tidak diterapkan pada pekerjaan fulltime dasar. Menerapkan hasil penelitian dalam organisasi pengaturan adalah kerja keras yang membutuhkan keterampilan yang cukup besar. Hal lain saya pelajari adalah bahwa, dalam banyak kasus, ilmu yang baik memiliki nilai praktis, yaitu, ketika proyek-proyek dalam organisasi dilakukan dalam ilmiah secara ketat, organisasi biasanya mendapatkan jauh lebih berguna daripada ketika informasi mereka tidak. Akhirnya, bekerja di organisasi telah benar-benar meyakinkan saya dari kelangsungan hidup ilmuwan-praktisi model. Kesempatan untuk melakukan pekerjaan ilmiah yang berarti yang memiliki nilai praktis membuat bidang I / O psikologi sangat unik dan menarik.
SEJARAH PENGARUH PSIKOLOGI ORGANISASI
Tahun 1992 menandai ulang tahun keseratus dari bidang psikologi, untuk menandai ini seratus tahun,
banyak ditulis tentang sejarah psikologi industri / organisasi. Bagian ini, karena itu, tidak akan memberikan rinci sejarah, komprehensif
bidang organisasi psikologi. Daripada, tujuannya adalah untuk memberikan ringkasan yang relatif singkat beberapa
orang dan peristiwa sejarah yang telah membentuk lapangan.
Sejarah
Awal
Katzell dan
Austin (1992) menunjukkan,
bunga dalam perilaku individu dalam
organisasi pengaturan yang diragukan tanggal
kembali ke zama kuno : "Di bidang organisasi,
mungkin konsultan yang paling awal
tercatat adalah Midian imam, Yitro, yang menyarankannya sonin-
hukum, Musa, tentang bagaimana untuk staf dan mengatur Israel kuno (Kel. 18) "(hal. 803).
Diformalkan upaya untuk mempelajari dan mempengaruhi perilaku seperti itu, bagaimanapun, memiliki jauh lebih baru sejarah.
hukum, Musa, tentang bagaimana untuk staf dan mengatur Israel kuno (Kel. 18) "(hal. 803).
Diformalkan upaya untuk mempelajari dan mempengaruhi perilaku seperti itu, bagaimanapun, memiliki jauh lebih baru sejarah.
Untuk memahami sejarah yang lebih baru akar psikologi organisasi, kita harus pertama meneliti awal dari yang lebih luas bidang psikologi industri / organisasi. Berdasarkan
rekening paling historis
pengembangan bidang I / O psikologi sisi industri lapangan
jauh lebih cepat untuk mengembangkan dari organisasi. Secara kronologis, awal
dari bidang psikologi I / O dapat ditelusuri untuk bekerja, selama bagian awal
abad kedua puluh, oleh pionir seperti Hugo Munsterberg, Walter Dill
Scott, dan Walter Bingham. Sebagian besar pekerjaan pada saat itu ditangani
dengan topik-topik seperti keterampilan akuisisi dan seleksi personil. Sangat
pekerjaan kecil berurusan dengan sisi organisasi lapangan dilakukan. Tabel 1.1
memberikan ringkasan kronologis dari beberapa utama peristiwa yang membentuk
perkembangan bidang psikologi organisasi dalam abad kedua puluh. Ironisnya,
awal dari organisasi sisi lapangan sebagian besar dapat ditelusuri ke karya
nonpsychologists beberapa. Mungkin yang paling terkenal ini adalah Frederick
Winslow Taylor, yang mengembangkan prinsip-prinsip manajemen
ilmiah (Taylor, 1911). Meskipun manajemen ilmiah berjangka
biasanya menciptakan bayangan waktu-dan-gerak studi, serta sepotong-tingkat
kompensasi, sebenarnya lebih dari itu. Manajemen ilmiah adalah,
untuk sebagian besar, sebuah filosofi manajemen, dan efisiensi dan
sepotong-rate kompensasi adalah manifestasi yang paling terlihat filsafat itu.
Ketika seseorang melihat masa lalu aspek-aspek ini lebih terlihat ilmiah dalam manajemen,
tiga prinsip yang mendasarinya muncul: (1) mereka
yang melakukan tugas pekerjaan harus terpisah dari mereka yang merancang tugas bekerja,
(2) pekerja adalah makhluk rasional, dan mereka akan bekerja lebih keras jika
diberi menguntungkan
insentif ekonomi, dan (3) masalah di tempat kerja dapat dan harus sasaran studi empiris.
Dalam mempertimbangkan prinsip-prinsip yang mendasari manajemen ilmiah dijelaskan di atas, Prinsip pertama adalah tentu bertentangan dengan banyak pemikiran dalam bidang psikologi organisasi hari ini. Prinsip kedua, yaitu bahwa karyawan akan merespon insentif keuangan, sebenarnya telah menerima cukup mendukung selama bertahun-tahun (Locke, 1982). Itu Prinsip ketiga, studi empiris, jelas merupakan salah satu yang menetapkan hubungan antara ilmiah manajemen dan apa yang akhirnya menjadi organisasi psikologi. Dalam hal ini, Taylor adalah seorang pelopor dengan menggunakan metodologi ilmiah untuk mempelajari produksi terkait proses. (Sebagian besar studinya ditangani dengan memotong lembar logam.)
insentif ekonomi, dan (3) masalah di tempat kerja dapat dan harus sasaran studi empiris.
Dalam mempertimbangkan prinsip-prinsip yang mendasari manajemen ilmiah dijelaskan di atas, Prinsip pertama adalah tentu bertentangan dengan banyak pemikiran dalam bidang psikologi organisasi hari ini. Prinsip kedua, yaitu bahwa karyawan akan merespon insentif keuangan, sebenarnya telah menerima cukup mendukung selama bertahun-tahun (Locke, 1982). Itu Prinsip ketiga, studi empiris, jelas merupakan salah satu yang menetapkan hubungan antara ilmiah manajemen dan apa yang akhirnya menjadi organisasi psikologi. Dalam hal ini, Taylor adalah seorang pelopor dengan menggunakan metodologi ilmiah untuk mempelajari produksi terkait proses. (Sebagian besar studinya ditangani dengan memotong lembar logam.)
KOMENTAR 1.4. FW TAYLOR : BAPAK SCIENTIFICT
MANAGEMENT
SALAH SATU fitur paling penting dari
lulusan program I / O psikologi di University of Wisconsin Oshkosh adalah
praktikum yang tentu saja yang diperlukan dari semua siswa tahun
kedua. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan siswa kesempatan untuk menerapkan,
di organisasipengaturan yang sebenarnya dan di bawah pengawasan
fakultas, apa yang mereka pelajari selama satu tahun pertama. Biasanya, organisasi lokal mendekati Program I / O fakultas dengan beberapa organisasi diusulkanyang perlu mungkin dipenuhi oleh seorang mahasiswa proyek. Contoh beberapa proyek yang telah dilakukan dalam praktikum meliputi: survei opini karyawan, pelatihan penilaian kebutuhan,
kepuasan layanan survei pelanggan, dan penilaian kinerja pengembangan sistem. Setelah sebuah organisasi telah menyatakan butuhkan, siswa biasanya bertemu dengan perwakilan dari organisasi untuk mendapatkan lebih dalam informasi tentang proyek, ini adalah biasanya diikuti dengan pengiriman informasi, dengan organisasi, dari proposal resmi yang mencakup sifat pekerjaan yang harus dilakukan, waktu bingkai di mana pekerjaan akan dilakukan, dan semua "kiriman" bahwa organisasi akan menerima pada akhir proyek. Sebagian besar siswa yang lulus dari program I / O di University of Wisconsin Oshkosh merasa bahwa pengalaman praktikum adalah komponen yang paling berharga dari pendidikan mereka. Selanjutnya, untuk beberapa siswa, pengalaman praktikum telah menyebabkan langsung ke pekerjaan permanen. Dengan memiliki pengalaman menerapkan apa yang telah mereka pelajari di kelas, siswa sudah dipersiapkan dengan baik untuk memenuhi tantangan menjadi seorang master tingkat I / O psikologi praktisi.
fakultas, apa yang mereka pelajari selama satu tahun pertama. Biasanya, organisasi lokal mendekati Program I / O fakultas dengan beberapa organisasi diusulkanyang perlu mungkin dipenuhi oleh seorang mahasiswa proyek. Contoh beberapa proyek yang telah dilakukan dalam praktikum meliputi: survei opini karyawan, pelatihan penilaian kebutuhan,
kepuasan layanan survei pelanggan, dan penilaian kinerja pengembangan sistem. Setelah sebuah organisasi telah menyatakan butuhkan, siswa biasanya bertemu dengan perwakilan dari organisasi untuk mendapatkan lebih dalam informasi tentang proyek, ini adalah biasanya diikuti dengan pengiriman informasi, dengan organisasi, dari proposal resmi yang mencakup sifat pekerjaan yang harus dilakukan, waktu bingkai di mana pekerjaan akan dilakukan, dan semua "kiriman" bahwa organisasi akan menerima pada akhir proyek. Sebagian besar siswa yang lulus dari program I / O di University of Wisconsin Oshkosh merasa bahwa pengalaman praktikum adalah komponen yang paling berharga dari pendidikan mereka. Selanjutnya, untuk beberapa siswa, pengalaman praktikum telah menyebabkan langsung ke pekerjaan permanen. Dengan memiliki pengalaman menerapkan apa yang telah mereka pelajari di kelas, siswa sudah dipersiapkan dengan baik untuk memenuhi tantangan menjadi seorang master tingkat I / O psikologi praktisi.
TABEL 1.1
Sebuah Ringkasan kronologis dari Pengaruh Sejarah Mayor
di Bidang Organisasi
Psikologi selama Twentieth Century
Psikologi selama Twentieth Century
·
Awal 1900 : Pembangunan dan pertumbuhan
Manajemen Ilmiah (Taylor); awal studi ilmiah struktur organisasi (Weber)
·
1920-1930
:Hawthorne Studies; pertumbuhan serikat pekerja; imigrasi dari Kurt
Lewin ke Amerika Serikat
·
1940-1950-an Perang Dunia II; penerbitan buku
Vitele Motivasi dan Semangat Kerja di Industri; pengembangan perspektif
"Hubungan Manusia" ;
Lewin melakukan "tindakan penelitian" proyek untuk Komisi tersebut Hubungan
Masyarakat dan menetapkan Pusat Penelitian Dinamika Kelompok di MIT.
·
1960-1970-AS keterlibatan di Vietnam; Divisi
14 dari APA diubah menjadi "Industri/ Organisasi Psikologi meningkatnya
perhatian untuk; ";" multi level "perspektif dalam psikologi
organisasinontradisional topik seperti stres, pekerjaan-keluarga konflik, dan
pensiun.
·
1980-1990 Meningkatkan globalisasi ekonomi;
perubahan demografi tenaga kerja, meningkatkan ketergantungan pada karyawan
sementara atau kontingen mendefinisikan ulang konsep "pekerjaan.
KESIMPULAN
Psikologi organisasi
adalah studi ilmiah tentang perilaku individu dan kelompok dala organisasi.
Psikologi organisasi sebenarnya adalah bagian daribidang yang lebih luas yaitu
psikologi industry. Psikologi industry menggunakan metode ilmiah untuk
mempelajari perilaku dalam organisasi, juga menyelesaikan masalah praktis dalam
organisasi. Secara historis, psikologi
organisasi lebih lambat berkembang daripada lapangan industry. Interaksi yang
dinamis antara ilmu pengetahuan dan praktek, dalam banyak kasus dapat memperbaiki
hubungan organisasi dan karyawan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan masukan komentar Anda