Kamis, 11 Mei 2017

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KOMUNIKASI


          
Perkembangan media sosial sangat cepat diawal tahun 90-an setelah ditemukannya komputer dan perkembangan internet, begitu drastis merubah tatanan sosial masyarakat dalam pergaulan dan komunikasi individu begitu mudah dan terbuka menghilangkan privacy yang selama ini menjadi kekuatan masyarakat, sehingga sulit mengungkapkan kepribadian seseorang termasuk public figure. Keterbukaan dengan adanya media sosial bukan hal yang positif bagi sesorang yang ingin mempertahankan keberadaan pribadinya, sehingga masih banyak tidak menjadikan media sosial sebagai alat keterbukaan dan menutup corong masuknya peneratas kehidupan organisasi dan pencitraan pribadinya. Personal branding is not only public figure’s, it’s for everyone. Sisi lain media sosial itu wujud kemajuan akan teknologi yang sulit dihindari. Teknologi dianggap sebagai alat kontrol masyarakat.
           Beberapa ahli mengungkapkan beberapa dampak adanya media sosial dalam meningkatkan peran sosial dan transfer teknologi bagi para netizen. Secara umum berdampak secara positif  dan negatif. Social Media mampu bersaing dengan berbagai media komunikasi lainya, bahkan memberi dampak yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Sudah bukan jamannya lagi yang terkenal adalah artis/public figure/politikus. Siapa saja dapat terkenal sekarang ini, dari yang “nobody” menjadi “sombody”. Siapa bilang biayanya mahal? Berbagai social Media seperti Facebook, Twitter, Youtube, Flickr, dll: dapat menjadi media untuk unjuk gigi. Menciptakan differensiasi adalah kunci utama untuk mendapatkan popularitas di Social Media. Keunggulan membangun personal branding melalui Social Media adalah media ini tidak mengenal trik atau popularitas semu, karena audience-lah yang menentukan. Dulu mereka orang biasa, namun setelah video  unik mereka di tonton oleh beribu-ribu penonton melalui YouTube nama mereka langsung melambung.
        Alasannya Orang tidak terus menerus lihat televisi, mereka juga menggunakan mobile phones yang lebih praktis untuk menengok apa yang terjadi seharian sambil bekerja dan berbisnis.Fenomena ini tentu tidak asing bagi kita, televisi meliputi berbagai perubahan cara hidup masyarakat saat ini yang cenderung begitu mencintai telepon genggam mereka. Seperti yang kita tahu telepon genggam saat ini bukan telepon genggam biasa, bukan sekedar berfungsi menelphon, tapi sangat sempurna mengatur semua kehidupan dari mulai urusan pribadi, pekerjaan, transfer uang, sampai untuk meningkatkan kemampuan bisnis dan komunikasi dengan sesama kolega bisnis. Mereka menyebutnyasmart phones dengan berbagai macam fiture canggih yang tidak diperkirakan sebelumnya, walalupun berakibat canibal bagi teknologi yang sudah ada.
          Sehingga Social Media memberikan kesempatan untuk berinteraksi lebih dekat dengan publik. Social Media bersifat viral, yang berati memiliki sifat seperti virus, yaitu menyebar dengan cepat. Social Media dapat menjadi media untuk membentuk komunitas online. Social Media juga sebagai jalan menemukan atau menciptakan para Brand Evangelist kita. Social Media memberikan kita peluang masuk ke komunitas yang telah ada sebelumya. Dan Social Media memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan feed back secara langsung.
            Setiap kemajuan teknologi media sosial ada dampak negatifnya terhadap pelaksanaan tatanan sosial yang tidak bisa digantikan dengan teknologi. tekanan kejiawaan ketika ketergantungan psikologis kita terhadap media sosial begitu tinggi, seperti media internet ingin menggantikan kehidupan basis sosial, keagamaan dan budaya kita..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan masukan komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...