Senin, 16 Agustus 2010

MODUL # 14. PERUBAHAN ORGANISASI

Makna perubahan lebih dimaksudkan perbaikan yang terjadi yang disebabkan oleh adanya permasalahan mendasar dari organisasi tersebut.Antara lain ada beberapa hal yang berhubungan dengan perubahan organisasi antara lain menyangkut beberapa poin penting.
  • Dalam kondisi tertentu seorang pemimpin harus  mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan, menangani perubahan, serta konflik yang akan terjadi akibat perubahan tersebut. Kemudian menjadikannya sebagai sarana melakukan lompatan jauh ke depan. 
  • Memahami definisi, ciri, target, dan sejumlah cara untuk menghadapi perubahan; model pendekatan sistem 3 lingkaran; pembahasan mendalam tentang pendekatan universal; faktor perubahan; peran manajemen perubahan, serta sejumlah aspek perubahan.Manajemen perubahan: tingkat perubahan, penentangan terhadap perubahan, perubahan yang direncanakan, tipe perubahan organisasi.
  • Pengembangan dan perubahan keorganisasian: ciri program perubahan yang efektif, kultur organisasi, konsep dasar perubahan keorganisasian, teknik pengembangan keorganisasian, dan konsekuensi keorganisasian.
  • Manajemen konflik: proses konflik, tingkatan konflik, proses perubahan, dan cara mengelola konflik antar kelompok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan masukan komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...