# RADIO

Now Playing  Dakta 107.0 FM Jakarta Bekasi

Selasa, 31 Agustus 2010

"Karya Fenomenal Stogdill dan Bass dalam Leadership"

Perhatian terhadap seluk beluk kepemimpinan pada hakikatnya sudah ada sejak awalnya yaitu pada waktu manusia hidup berkelompok. Jadi perhatian terhadap keperluan praktis terhadap masalah kepemimpinan sudah tua umurnya, akan tetapi sebuah studi ilmiah tentang kepemimpinan yang modern belum lama ini dilakukan.

Salah satu usaha dibidang ini yang sangat fenomenal  adalah acuan kepemimpinan dari hasil studi Ralf M. Stogdill yang dituangkan dalam bukunya "Handbook of leadership" (1966), yang sepeninggalnya direvisi dan diperluas edisinya oleh Bernad M. Bass.

Sebenarnya riset kepemimpinan sudah dilakukan AS sejak tahun 1946 yang disponsori kantor riset AL AS yang mengahasilkan buku, "Personal Factors Associated with Leadership A Survey of the Literature" (1948) Baru tahiun 1966 yaysan "Smith Richardson" di AS telah memberikan saran kepada Ralph M. Stogdill untuk menganalisa secara sistematis dan menelaah kepustakaan kepemimpinan. Pada waktu diperkirakan pekerjaan itu akan dapat diselesaikan dalam waktu dua atau tiga tahun, ternyata proses dan hasilnya jauh lebih besar daipada yag diperkirakan semua.

Stogdill telah merumuskan tugasnya untuk mengumpulkan semua publikasi tentang kepemipinan yang dapat ditemukan pada waktu itu berupa rangkumannya. buku hasil karya Stogdill ini hanya ditujukan kepada pembaca yang serius yang ingin mengetahui apa hasilnya, siapa yang melakukan riset dan kesimpulan apa yang dapat ditarik dari sejumlah kesimpulan publikasi yang telah dipelajarinya. praktik kepemimpinan menurut Stogdill perlu didasarkan pada temuan-temuan eksperimental yang validitasnya tinggi. Dengan dibantu rekan-rekanya Stogdill menyiapkan Lima ribu abstracts yang relevan dengan topik kepemimpinan yang disurveinya dengan menggunakan metode melalui beberapa tahap antara lain :
  1. Mempersiapkan suatu abstraksi yang komprehensif setiap buku dan majalah.
  2. Memilih dan meilih lagi semua abstraksi tersebut dalam kategori yang relevan
  3. Menagdakan tabulasi semua temuan tentang topik kepemimpinan
  4. Mengadakan analisis, merangkumkan dan menafsirkan semua hasilnya.
Bukunya berhasil diterbitkan tahun 1974 dan dijadikan standar di AS  untuk ilimu kepemimpinan dan kemudian tahun 1978 beliau meninggal dunia, tetapi sebelumnya ia meminta kepada rekanya Bernard M. Bass seorang guru besar Universitas New York untuk bersama merevisi buku tersebut dan Bass berhasil merevisinya dan diterbitkan kembali tahun 1981.

Ralph M. stogdill (1905-1978)  adalah profesor manajemen dan psikologi di Ohio State University yang menhasilkan karya : "Individual Behaviour and Grenp Achievement" (1959), "Managers, Emloyers, Organizations" (1965). sedangkan Bernard M. Bass adalah profesor di State University of New York yang menghasilkan karyanya, "Leadership, Psychology and Organizational Behaviour" (1960), Organizational Psychology "(1965, 1979), "Assesment of Manager : An International Comparison" (1979), "People, Work and Organizational "(1972, 1981)

Hasil revisi Bass dengan mengedit lebih luas lagi sehingga terbitlah buku standar kepemipinan "Stogdill's Handbook of Leadership a Survey of Theory and Research" (1981) yang membagi buku ini menjadi delapan bagian.
  1. Bagian satu, membicarakan tentang pengantar riset dan teori kepemimpinan yang meliputi tentang konsep kepemimpinan,  tipe dan fungsi kepemimpinan, dan sebuah pengantar tenta g ebergbagai teori dan model kepemimpinan.
  2. Bagian dua, membahas tentang pemimpin sebagai seorang pribadi yang meliputi tentang leadership traits 1904-1974; tingkat kegiatan dan kompetensi seorang pemimpin; social insight, emphasy, authoritarivaison, nilai, kebutuhan dan kepuasan kepemimpinan; kedudukan, esteem dan karisma.
  3. Bagian ketiga, membicarakan tentang kekuasaan (power) dan legitimasi, tentang distribusi kekuasaan, konplik dan legitimasi dalam peranan kepemimpinan; kewibawaan, pertanggngjawaban dan delegasi.
  4. Bagian empat, membicarakan tentang interaksi pemimpin dan pengkut yang meliputi reinfarecemet, leadership dan followership dan saling ketergantungan antara pemimpin dan pengikut.
  5. Bagian lima membicarakan tentang manajemen dan gaya kepemimpinan, yang meliputui kepemimpina dan manajemen situasi kerja, kempemimpina demokratis terhadap otokratis, kepemipinan patisipatif terhadap direktif, kepemimpinan berwawasan hubunganndan wwasan tugas, consideration dan inisiating structure, laser faire leadership berhadapan dengan motivasi untuk memimpin.
  6. Bagian enam, membicarakan tentang aspek-aspek situasional dari  kepemimpinan yang meliputi tentang kepemimpinan, organisasi dan leingkungan, tentang leaders dan their mmediate group, tentang task determinant of leadership, kepemimoinan dibawah stress, kepempinan dan ruang antara personal, jaringan komunikasi tramsfer kepemimpinan.
  7. Bagian tujuh, memmbicarakan tentng kondisi khuhsus seperti wanita dan kepemimpinan,kepemimpinan dalam berbagai kebudayaan.
  8. Bagian delapan, membicarakan tentang apliaksi dan implikas i antara lain seperti latihan kepemimpinan  dan perkembangan manaejmen. Bagian delapan ini sebenarnya berisi buku rangkuman karya stogdill dan bass setebal 856 halaman termasuk mengenai metodologi penelitian organisasi.
Ribuan studi kepemimpinan diakhiri dengan tak ada kemajuan, Stogdill dan Bass mengakhiri buku tebal bermutu ini dengan kata-kata : 

"yet when we compere our understanding of leadership in 1980 with what it was thirty years earlier, we can agree with T.R. Miitchell (1979) that there seems to be progress in our field. theory and reserch are developing and much of what is being done is being used in practice. there is reason far controlled optimism yet the chlenger are still there far the years ahead"

Demikianlah tentang buku yang merupakan karya besar Stogdill dan Bass dan buku ini sampai sekarang masih menjadi rujukan akademis dalam studi kepemimpinan dan bisa dimengerti karena buku ini disusun berdasarkan ribuan buku sumber, pengalaman akademis penulisnya dan lamanya waktu, tenaga dan biaya penyusunannya. walaupun begitu tanpa mengurangi penghargaan kepada kedua penulis ini, anda perlu menyadari bahwa buku ini pertama-tama dan utama ditulis oleh, dari dan untuk keperluan padara penggunanya di Amerika Serikat.

Sumber :
Stogdill, Ralph M., Handbook of Leadership, New york, the free press, 1974
_____________, Personal Factors Associated with Leadership :a  Survey of Literature, Journal of Psychology, 1948
Bass,  Bernard M,  Hanbook of  leadership : a Survey of Theory and Research, New York,  free Press, 1990
Yukl, Gary A,. Leadership in Organization, New Jersey, Prentice Hall, 1994.

1 komentar:

Silahkan masukan komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...