Sabtu, 19 Juli 2014

Wawasan Manajemen dan Rahasia Kepemimpinan CEO Legendaris

Jack Welch Meluncurkan Revolusinya
John Francis Welch Jr adalah pimpinan dan CEO General Electric, eksekutif bisnis yang luar biasa di Amerika Serikat. Pimpinan bisnis yang besar , menurut Welch, harus memiliki energi yang besar. Lebih penting lagi, pimpinan bisnis yang besar harus mengetahui bagaimana menggunakan energi tersebut untuk membangkitkan orang lain.Seperti pembina tim sepak bola, Welch bergerak dari pertemuan ke pertemuan, menyampaikan pesan-pesan, dan sebagian dari pesan-pesan tersebut telah menjadi merek dagang Welch :
1.    Bisnis itu simpel
2.    Jangan menjadikan bisnis terlalu rumit
3.    Hadapi kenyataan
4.    Jangan takut terhadap perubahan
5.    Manfaatkan pikiran karyawan Anda
6.    Temukan mereka yang memiliki ide yang terbaik, dan aplikasikan ide tersebut

Sejak hari pertama Welch mengambil alih General Electric, nyata bahwa ia memiliki rencana untuk megadakan revolusi di General Electric.Tidak seorangpun yang serepot Welch memikirkan perombakan perusahaan besar yang sesehat General Electric. Tidak ada seorangpun di Amerika yang memiliki visi untuk memperbaiki sesuatu yang tidak rusak. Tidak ada seorangpun yang mampu memperbaiki seperti Welch, CEO General Electric.Welch adalah seorang motivator yang handal dan juga mempunyai kepekaan yang luar biasa terhadap perekonomian di masa mendatang.

BAGIAN I

BERTINDAKLAH SEBAGAI PEMIMPIN BUKAN SEBAGAI MANAJER
Temukan ide-ide besar, kembangkan ide ide tersebut, dan sebarkan keseluruh unit usaha anda.”

A.    Rangkullah Perubahan, Jangan Takut Terhadapnya
“ Perubahan terjadi lebih cepat dibanding reaksi bisnis terhadap perubahan.”
Menurut Jack Welch, takut terhadap perubahan merupakan hal yang tidak masuk akal.Perubahan menurut Jack Welch merupakan bagian dari kenyataan bisnis. Welch tidak takut terhadap perubahan, karena itu perubahan merupakan bagian tetap dari General Electric. GE terus menerus diciptakan kembali.
Selama 17 tahun, Jack Welch telah memperlakukan perubahan sebagai satu strategi bisnis yang penting dan berguna.

Welch mempromosikan program Work-Out, yang dirancang untuk menggunakan pikiran karyawan , membuat mereka merasa secara efektif memperluas tingkat debat diseluruh jajaran perusahaan. GE adalah perusahaan pertama yang menerapkan program semacam itu dalam skala besar. Welch memandang perubahan sebagai satu-satunya kesempatan GE menjadi perusahaan yang berdaya saing. Hanya dengan perubahan besar GE dapat menang, dan Jack Welch percaya GE akan menang.Dan pemenang tidak pernah takut melakukan perubahan.

B.    Berhentilah Mengelola, Mulailah Memimpin
" Manajer yang lemah adalah pembunuh bisnis, mereka membunuh pekerjaan."
Welch tidak menyukai konsep "manajemen". Banyak manajer,menurut pandangannya terlalu banyak mengelola. Sejak awal Welch mengambil alih GE, ia memandang GE sebagai dinosaurus birokrasi.

Welch lebih menyukai istilah pemimpin. Pemimpin adalah orang yang memberikan inspirasi dengan visi yang jelas mengenai bagaimana sesuatu dapat dikerjakan dengan cara yang lebih baik. Manajer memperlambat segala sesuatu. Pemimpin memacu bisnis untuk berjalan lancar dan cepat.
Bagi Jack Welch, pimpinan bisnis tahu pertanyaan apa yang tepat bagi karyawannya.
1. Seperti apa lingkungan persaingan global yang yang Anda hadapi?
2. Dalam tiga tahun terakhir, apa yang telah dilakukan oleh pesaing Anda?
3. Dalam periode yang sama, apa yang telah Anda lakukan untuk menghadapi para             pesaing Anda?
4. Apa yang mungkin mereka lakukan di masa yang akan datang untuk menyerang Anda?
5. Apa rencana Anda untuk menghadapi bahkan mendahului apa yang akan dilakukan   oleh pesaing?

Menjalankan perusahaan raksasa GE denngan 12 bisnis utama, Jack Welch tidak terlihat seperti manajer pada umumnya. Welch lebih terlihat sebagai superleader.
Welch tidak mengatakan bahwa manajer sama sekali tidak mengelola, tapi jangan sampai overmanaging. Mengelola dengan menciptakan visi, kemudian pastikan bahwa karyawan Anda bekerja dengan visi tersebut.

C.    Binalah Manajer yang Visinya Sama dengan Kita
" Kita mencari pemimpin yang dapat memberikan kekuatan, inspirasi,dan kendali,bukan yang menghabiskan kekuatan, menekan, dan mengendalikan."

Membuat karyawan menyenangi pekerjaan mereka merupakan kunci untuk menjadi pimpinanan yang besar.Welch berkata, antusiasme karyawan dapat diciptakan dengan cara memberikan kebebasan dan tanggung jawab kepada karyawan.Untuk memberikan gambaran mengenai tipe manajer GE, dan untuk memprediksi manajer mana yang akan berhasil dan mana yang tidak, Welch menyatakan bahwa satu-satunya cara untuk dapat bertahan dan berhasil di GE adalah memiliki kemampuan untuk mengendalikan usaha, untuk bermain sebagai bagian dari tim keseluruhan, dan untuk menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan. 

Ada 4 tipe manajer menurut Welch :

  1. Tipe manajer pertama adalah manajer yang memiliki komitmen(di bidang keuangan dan bidang-bidang yang lainnya), dan menerima nilai-nilai GE. Welch menyukai tipe manajer seperti itu, dan ia akan memastikan bahwa mereka betah di GE. Masa depan mereka mudah ditebak:mereka akan meningkat dan terus meningkat.
  2. Tipe manajer kedua adalah manajer yang tidak memiliki komitmen(baca komitmen sebagai neraca yang sehat) dan tidak memiliki nilai-nilai GE. Mereka tidak akan bertahan lama di GE.
  3. Tipe manajer ketiga adalah manager yang tidak memiliki komitmen tapi memilliki nilai-nilai GE. Welch lebih peduli pada manajer yang taat pada nilai-nilai perusahaan daripada manajer yang mencapai target laba tapi tidak peduli pada nilai-nilai perusahaan.
  4. Tipe manajer keempat adalah manajer yang memiliki komitmen tetapi tidak memiliki nilai-nilai GE. Orang semacam ini sangat membingungkan pimpinan. Mereka orang yang paling sulit ditangani.
D.    Hadapilah Kenyataan, Kemudian Bertindaklah Tegas
" Pada abad ke-21, Anda memilih memproduksi pemanggang roti atau memproduksi Scanner CAT?"

  • Hadapilah kenyataan. Lihatlah kenyataan dan jangan mengingkarinya. Menurut pemikiran Welch , menghadapi kenyataan merupakan aturan bisnis yang paling penting. Filosofi bisnis Welch kebanyakan didasarkan atas satu premis sederhana, yaitu "lebih baik menerima kenyataan daripada menyembunyikan kepala dalam pasir." 
  • Hadapilah kenyataan bahwa persaingan dalam dunia ini semakin meningkat.
  • Hadapilah kenyataan bahwa tidak ada pekerjaan seumur hidup.
  • Hadapilah kenyataan bahwa mengelola satu bisnis dengan membangun satu  birokrasi yang besar merupakan tindakan yang tidak efektif.
  • Hadapilah kenyataan bahwa bisnis itu sebenarnya sederhana.
Menurut Welch, menghadapi kenyataan juga berarti jujur. Kesalahan terbesar Jack Welch, menurutnya adalah dia kurang mengimplementasi perubahan-perubahan besar di GE. Semakin seorang eksekutif mampu menghadapi kenyataan, semakin tinggi kemampuannya untuk belajar dari kesalahan dan seringkali hal itu akan mengantarkan bisnisnya pada keberhasilan.

E.    Jadilah Sederhana, Konsisten, dan Terus-menerus Mengulang Pesan
" Konsisten adalah satu-satunya cara untuk mengubah pola pikir manusia."
Konsistensi merupakan salah satu prinsip bisnis Jack Welch. Ia sangat fanatik dengan konsistensi. Dia yakin bahwa konsistensi sangat penting dalam segala sesuatu, dalam mengecek rencana pabrik, dalam mengevaluasi apakah program pelatihan berjalan dengan baik, dalam memastikan apakah nilai-nilai perusahaan tetap hidup pada setiap level organisasi. Konsistensi membuat kami dapat mengantisipasi lebih dini.
Konsistensi Welch membantu menyegarkan GE dan membuat GE kembali menjadi salah satu perusahaan yang paling kompetitif. Banyak prediksinya mengenai dunia bisnis benar-benar terjadi.

BAGIAN II

MEMBANGUN PERUSAHAAN YANG MEMIMPIN PASAR
" Apa yang dapat saya lakukan untuk membuat bisnis saya dominan di pasarnya?"

F.    Jadilah Nomor 1 atau Nomor 2, Tetapi Jangan Mempersempit Pasar Anda
" Jika Anda nomor empat atau nomor lima dalam pasar, Anda akan menderita jika pemain pasar nomor satu melakukan ekspansi.
Dalam bisnis, kata Welch yang kuat akan bertahandan yang lemah akan terlindas. Yang besar dan cepat akan menjadi pemain utama, sedangkan yang kecil dan lamban akan tertinggal. Keberhasilan dalam dunia bisnis ditentukan oleh kemampuan bersaing, dan lebih mudah bagi pemimpin pasar untuk unggul dalam persaingan.
Untuk membuat GE lebih berdaya saing, Jack Welch mengembangkan suatu strategi yang mendukung semua bisnis untuk menjadi nomor satu atau nomor dua dalam bidang usahanya. Welch menetapkan standar yang tinggi dan memastikan bahwa setiap orang dalam perusahaannya memenuhi standar tersebut.

G.   Carilah Lompatam Dramatis
" Saya tidak menganggap bahwa saya telah bertindak cukup cepat atau cukup tegas."
Jack Welch percaya pada tindakan-tindakan mengejutkan.
Kejutan
Keberanian
Mengagetkan
Ketiga hal tersebut diatas merupakan isi sebuah lompatan yang dramatis. Itulah yang menguasai pikiran Welch ketika ia mulai merestrukturisasi GE. Hal itu jugalah yang ada dalam pikirannya ketika ia mulai memikirkan pengambil-alihan RCA.
Akuisisi RCA merupakan gerakan yang sangat revolusioner bagi GE. Sepanjang sejarah GE selalu bertumbuh dari dalam. GE tidak semudah itu percaya bahwa akuisisi dapat mendukung pertumbuhan perusahaan. Welch yakin bahwa kenyataan terhadap tradisi masa lalu berarti tidak menghadapi kenyataan. Bagi Welch menghadapi kenyataan berarti mengakuisisi bisnis yang dapat meningkatkan laba GE berlipat ganda.

H.    Perbaiki, Tutup, atau Jual: Membangun Ulang NBC
" Inilah filosofi manajemen GE: menjangkau orang-orang yang mempunyai bakat besar, mendukung mereka, dan memberikan kebebasan kepada mereka untuk mengelola suatu bisnis."
Awal tahun 1990 merupakan tahun-tahunyang sulit bagi NBC. Sering terdengar kabar burung Jack akan menjual NBC, para peramal itu lupa mempertimbangkan salah satu kunci strategi bisnis Welch adalah: Perbaiki, tutup, jual.Welch memiliki perhatian khusus terhadap jaringan televisi. Ada kebanggaan yang lebih dengan memiliki NBC. Welch memutuskan untuk memperbaiki NBC dengan serangkaian rencana cerdik, membentuk tim perbaikan NBC, mengejar Olimpiade, jaringan televisi kabel,seinfeld, dan menyebarkan budaya GE.

I.      Jangan Berfokus Pada Angka
" Angka bukan sebuah visi; angka hanyalah produk.
Saya tidak pernah membicarakan angka."
Kami selalu mengatakan bahwa jika anda memiliki alat ukur untuk hidup, maka tiga alat ukur itu adalah kepuasan karyawan, kepuasan konsumen, dan arus kas. Jika arus kas anda baik maka masalah-masalah lain akan teratasi.Karena jika Anda dapat memuaskan konsumen Anda, maka Anda dapat menguasai pasar. Jika Anda dapat memuaskan karyawan Anda, maka Anda akan mendapatkan produktivitas. Dan jika Anda mendapatkan kas, maka Anda tahu bahwa semua hal telah berjalan dengan baik.
Bagi Jack Welch, hal yang mutlak penting bagi pemimpin adalah menerapkan nilai-nilai perusahaan dan mampu menjual nilai-nilai tersebut pada orang lain.
Satu hal penting yang diperlukan untuk memahami filosofi bisnis Jack Welch adalah mendapatkan kebenaran fundamental dari prinsip manajemen Welch: orang,bukan angka. Welch memaksa karyawan GE untuk menghadapi kenyataan, untuk memimpin bukan mengelola, untuk melakukan perubahan sebelum perubahan itu diperlukan, untuk tidak mengenal batas, untuk mengejar kesederhanaan, untuk menjadi percaya diri.

J.    Plagiasi - Satu Hal yang Sah: Menciptakan Budaya Belajar
" Asumsi yang berlaku pada hari ini adalah seseorang, di suatu tempat, yang memiliki ide yang lebih baik."
Pada awal 1990-an, Jack Welch berusaha menciptakan iklim keterbukaan di GE. Welch mulai memfokuskan pada kebutuhan setiap karyawan GE untuk belajar dari karyawan lain, dan dari orang-orang diluar GE. Welch suka mengatakan bahwa kompetensi GE adalah berbagi ide antar bisnis,antar apa yang ia sebut"organisasi yang tidak mengenal batas. Penting bagi GE untuk terbuka sehingga GE dapat belajar, baik dari dalam maupum dari luar. Daya saing sebuah organisasi terletak pada kemampuannya untuk belajar dan kecepatannya untuk mewujudkan apa yang dipelajarinya ke dalam tindakan.

BAGIAN III
CIPTAKAN ORGANISASI YANG TIDAK MENGENAL BATAS
" Kita harus membuang semua yang menghalangi kita untuk menjadi informal, menjadi lebih cepat, dan menjadi tanpa batas."

K.    Bebaskan Diri dari Manajer, Bebaskan Diri dari Birokrasi
" Setiap level merupakan level yang buruk. Dunia bergerak sedemikian cepat sehingga pengendalian menjadi kendala. Pengendalian membuat langkah Anda Lambat."
Ketika Welch mengambil alih GE pada tahun 1980, GE tampak sebagai salah satu perusahaan yang terkuat di AS. GE tidak sedang mengalami krisis ataupun mengalami serangkaian penyakit yang sering menyerang perusahaan besar. Sekalipun demikian Welch memutuskan untuk melakukan suatu tindakan. Welch merasa memerlukan GE yang lincah dan agresif. Pada saat itu tidak ada pemimpin di Amerika yang siap melakukan apa yang Jack Welch lakukan.Ia pionir dalam perampingan perusahaan. Welch mengurangi birokrasi,menyerang setiap lapisan manajemen yang menurutnya menghalangi terjadinya komunikasi yang cepat dan sederhana.

L.    Jadilah Kecil dan Lincah Seperti Perusahaan Kecil
" Perusahaan kecil bergerak lebih cepat. Meraka menyadari konsekuensi dari tindakan yang lamban."
Tujuan Welch adalah membuat GE seramping mungkin, seperti perusahaan kecil. Pertama ia berurusan dengan lapisan manajemen yang menurutnya mengganggu proses dalam GE. Pada tahun 1980-an, para pemimpin bisnis melapor kepada para wakil presiden eksekutif. Setiap pimpinan tersebut memiliki staf sendiri-sendiri. Welch mengubahnya sehingga 14 pimpinan bisnis langsung melapor pada 3 orang yang duduk pada kantor CEO, Welch sendiri dan 2 wakil pimpinan.

M.   Hancurkan Batas
" Karyawan kita yang berada di Delhi dan Seoul harus merasa nyaman, senyaman mereka berada di Louisville atau Schenectady."
Jack Welch merasa ada banyak batas di GE. Di setiap tempat terdapat batas.
l  Antar lapisan manajemen
l  Antar insinyur dan karyawan bagian pemasaran
l  Antar GE dan konsumen GE
l  Antar karyawan penuh waktu dan karyawan paruh waktu
l  Antar GE dan komunitas diluar GE.
Welch membenci semua batasan dan ingin menyingkirkan semua batasan. Batasan memperlambat langkah perusahaan. Hambatan-hambatan tersebut mempersulit segala sesuatu. Tidak mengenal batas merupakan strategi utama Welch untuk mencapai tujuan produktivitas GE. Strategi tersebut lebih dari sekedar menghapuskan birokrasi dan meningkatkan produktivitas.

BAGIAN IV
PERLENGKAPI KARYAWAN ANDA UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF
" Pekerjaan saya adalah hal-hal berkaitan dengan orang. Saya tidak dapat mendisain sebuah mesin. Saya mencari orang yang tepat."

N.    Tiga Rahasia: Kecepatan, Kesederhanaan, dan Percaya Diri.
" Birokrasi takut dengan kecepatan dan membenci kesederhanaan.”
Singkirkan birokrasi.
Hapuskan lapisan-lapisan.
Rampingkan organisasi.
Itulah yang dilakukan GE, perusahaan mesin yang besar. Jack merasa restrukturisasi belumlah cukup. Untuk menciptakan perusahaan yang lincah dan berdaya saing, masih sangat banyak yang harus dikerjakan. Untuk mengubah GE menjadi kelas dunia. Kita harus berubah dari incremental menjadi radikal, menuju revolusi fundamental dalam pendekatan produktivitas dan cara kita kerja. Satu revolusi yang harus menjangkau setiap orang dalam seluruh organisasi setiap hari.
Welch membuat formula kemenangan sebagai gabungan dari tiga kata berikut :

  • Kecepatan
  • Kesederhanaan
  • Percaya diri
Welch yakin jika dapat menggerakkan karyawan GE untuk bekerja dengan kecepatan, kesederhanaan, dan percaya diri maka pengaruhnya akan segera nyata pada laba perusahaan.

O.   Manfaatkan Pemikiran Setiap Karyawan – Libatkan Setiap Karyawan
“ Birokrasi takut dengan kecepatan dan membenci kesederhanaan.”
Revolusi pertama Jack Welch di GE membawa perubahan yang sangat besar : 350 bisnis menjadi 13 bisnis.

  • Bisnis pemanufakturan elektrik tidak lagi menjadi focus perusahaan, segmen jasa dan teknologi tinggilah yang sekarang menjadi focus perusahaan.
  • Pabrikyang ada ditutup, bangunan yang ada diratakan dengan tanah, pabrik yang masih ada menjadi kenang-kenangan masa lalu.
  • Pabrik yang baru dibangun dan level-level manajemen dihapuskan.
  • Jumlah karyawan turn menjadi sepertiga dari total karyawan semula 412.000 karyawan menjadi 279.000 karyawan.
  • Pendapatan dan laba meningkat.
Untuk menjangkau ide yang baik, solusi Welch adalah Work-Out, satu program yang dirancang untuk mendukung, menciptakan, dan menerapkan ide-ide yang baik, tidak peduli dari mana ide tersebut. Dengan melibatkan banyak karyawan akan membantu memperkuat posisi GE dan bisnis yang sehat dan terus bertumbuh merupakan jaminan keamanan kerja yang terbaik. Membuat karyawan tidak lagi merasa sebagai mesin tetapi lebih sebagai “pemilik” bisnis GE.

P.    Singkirkan ‘Elemen Boss’ dari Perusahaan Anda
“Anda harus dapat menyeimbangkan kebebasan dengan pengendalian, tetapi Anda harus memiliki kebebasan lebih dari yang Anda impikan.”

Work-Out merupakan program ambisius Jack Welch untuk mendorong terciptanya perubahan budaya di seluruh GE. Tujuan utama Work-Out adalah memperluas lingkup debat diseluruh perusahaan. Salah satu tujuan ambisiusnya adalah untuk menyingkirkan ‘elemen boss’ dari GE. Melalui Work-Out, Welch mendefinisikan ulang konsep manajemen tradisional, membuat mendengarkan pendapat karyawan merupakan bagian dari setiap pekerjaan manajemen.
Q.   Ciptakan Lingkungan Kerja yang Membuat Karyawan Bebas Berpendapat
“ Mereka yang mengerjakan suatu pekerjaan,…..memiliki ide yang luar biasa mengenai bagaimana mengerjakan pekerjaan tersebut dengan lebih baik.”

Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari program Work-Out GE. Sekalipun tidak mungkin mengkuantifikasi hasil Work-Out, banyak orang berpendapat bahwa Work-Out memiliki peran penting dalam revolusi GE. Work-Out membantu karyawan menyadari bahwa mereka memiliki peran dalam perusahaan, karena perusahaan benar-benar ingin mendengar apa yang mereka katakan

R.    Rentangkan! Jangkaulah Bintang!

“ Dalam organisasi tanpa batas dengan bias kecepatan, tanda desimal merupakan tanda membosankan.”

Jack Welch percaya pada konsep kerjakanlah sebaik mungkin dan kemudian meraih lebih dari yang dapat kita lakukan. Welch menyebut strategi tersebut stretching. Memberikan penghargaan kepada pemimpin bisnis walaupun mereka tidak mencapai sasaran rentang, jangan memberikan hukuman. Yang dimaksud “rentang” oleh Welch adalah menetukan target kerja dalam segala hal.

BAGIAN V
DORONGLAH JASA DAN GLOBALISASI MENCAPAI PERTUMBUHAN DUA DIGIT
“ Pelung untuk bertumbuh dalamjasa produk tidak terbatas.”

S.    Kembangkan Bisnis Jas Anda – Bisnis Jasa Merupakan Tren di Masa yang Akan Datang
“ Pasar jasa sebenarnya lebih besar dari apa yang pernah kita pikirkan.
Akan tetapi, kita akan terus melakukan ekspansi dan terus memproduksi…Tanpa produk Anda mati.”

Bisnis jasa merupakan masa depan GE. Untuk menangani tantangan tersebut, GE mendirikan Service Council yang dipimpin oleh Fresco. Badan ini mengumpulkan para pemimpin dari berbagai bisnis yang khusus bergerak dalam bidang jasa, dan bersama-sama mereka membentuk dewan perusahaan eksekutif yang bertanggung-jawab memikirkan masalah jasa GE.

T.Perhatikan Jasa Finansial untuk Mendapatkan Laba

“ Visi kita untuk abad mendatang adalah satu perusahaan jasa global yang juga menjual produk berkualitas tinggi.”
Jasa merupakan salah satu kunci dalam kamus GE. Tidak ada bisnis lain yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan laba GE sebesar kontribusi GE Capital Service. Alasan lain keberhasilan GE Capital adalah kemampuannya mengelola bisnis yang sedang menghadapi masalah, menyelamatkan bisnis tersebut dengan cara menghapus hutang tak tertagih atau mengasimilasi kerugian sewa.

U.    Milikilah Pola Pikir Global dan Bangunlah Tim Global yang Terdiversifikasi

“ Bisnis itu global tetapi perusahaan itu tidak.”
Dari sejak Welch mengambil alih GE, Jack Welch mengerti bahwa lingkungan bisnis selalu berubah.

  • Akan semakin banyak pesaing GE di luar Amerika
  • Ada banyak peluang bagi GE dipasar luar negeri
Welch melihat globalisasi sebagai satu kenyataan baru, satu peluang besar bagi GE. Dia tidak takut untuk bergerak cepat dengan tujuan membiayai visinya mengenai perekonomian global. Menjadi global merupakan landasan yang kuat bagi GE untuk memperluas jangkauannya keseluruh dunia. Sebagai bagian dari strategi globalnya, GE mempromosikan sejumlah orang yang tidak berkebangsaan Amerika untuk menduduki posisi manajer senior.

BAGIAN VI

DORONGLAH KUALITAS KESELURUH ORGANISASI
“ Anda harus menjadi fanatik untuk isu-isu kualitas.”

V.    Jalankan Program Kualitas dan Kendalikan Biaya dan Kecepatan untuk Meraih Keunggulan Kompetitif
“ Proses pembelajaran yang tanpa batas menentukan bagaimana kita berperilaku, kualitas enam sigma akan menentukan bagaimana kita bekerja.”
Jack Welch mengubah perusahaan dengan melakukan restrukturisasi pada awal 1980-an; dengankecepatan, kesederhanaan dan keyakinan diri pada pertengahan tahun 1980-an, dan dengan menghilangkan batasan-batasan pada awal tahun1990-an. Sekali lagi, Welch mencoba selangkah lebih maju, melakukan perubahan sebelum benar-benar diperlukan.

W.   Jadikan Kualitas Sebagai Pekerjaan Setiap Karyawan

“ Pada tahun 2000, kami tidak hanya ingin menjadi lebih baik dalam hal kualitas, tetapi sebuah perusahaan yang 10.000 kali lebih baik daripada pesaingnya.”

X.    Mencapai Kualitas : Mengukur, Menganalisis, Meningkatkan, dan Mengendalikan

“ Kualitas adalah hal berikutnya setelah produktivitas.”
Pendekatan enam sigma untuk peningkatan kualitas proses bisnis, memerlukan pembentukan tim-tim proyek, yang masinng-masing bertujuan mencapai tingkat ketelitian enam sigma melalui proses empat langkah yang dikenal sebagai MAIC :

  • Measurement(M)-Pengukuran
  • Analysis(A)-Analisis
  • Improvement(I)-Peningkatan
  • Control(C)-Pengendalian
GE mengambil langkah penting dengan mengaudit proyek kualitasnya selama 6-12 bulan untuk memastikan tingkat kualitas yang tinggi.

BAGIAN VII

ATASAN PALING KERAS, MANAGER PALING DIHORMATI DI AMERIKA
“Saya tidak terlihat dalam penetapannya. Saya lebih sebagai pelatih.”

Y.    Jack Welch Menghadapi Kesulitan

“ Kami tidak melibatkan kesatuan kepolisian dan penjara. Kami harus bersandar pada integritas orang kami sebagai pertahanan pertama.”

Bagi Jack Welch dan GE, pelanggaran etika diantara para karyawan GE merupakan salah satu tantangan yang paling sulit dan membingungkan bagi sang Presiden Direktur.
Welch sangat sadar bahwa pelanggaranterlalu sering terjadi dan dia mengakui bahwa hal itu mungkin akan terjadi dimasa yang akan datang. Demi kesuksesan laba GE(ada yang mengatakan , karena kesuksesan tersebut), beberapa perusahaan Amerika lainnya harus mengalami pelanggaran etika sebanyak GE.

Z.    Jack Welch Berhadapan dengan Generasi yang Akan Datang

“ Kemampuan untuk memberikan energi adalah unsur yang berarti.”
Majalah Fortune menyebut institut manajemen GE di Crotonville sebagai “Harvard-nya Perusahaan Amerika.” Disitulah tempat para manajer senior dan yunior perusahaan mendiskusikan, memperdebatkan, menciptakan, dan menciptakan kembali teknik dan gaya manajemen GE yang membanggakan, merupakan pusat brainstorming bagi para manajer senior GE dan pusat pendidikan bagi para manajer yuniornya.

Mendukung GE

“ Saya ingin GE mengembangkan badan perusahaan besar di dalam jiwa perusahaan kecil.”
Welch ingin GE menjadi sebuah perusahaan yang semua orang terlibat. Dunia sekarang adalah dunia global yang terus berkembang dan semakin intens. Satu-satunya cara untuk menang adalah melalui keterlibatan setiap orang dalam perusahaan. Tantangan manajemen saat ini adalah memastika bahwa tidak seorangpun yang datang bekerja dalam keadaan jenuh dan tanpa perhatian.

Nasihat Bagi Perusahaan-perusahaan Lain

“ Berfokus pada inovasi. Menghasilkan lebih banyak melalui modal intelektual.”
Jack Welch tidak pernah menyatakan secara langsung, tetapi tampaknya ia yakin bahwa perusahaan lain akan segera mencoba menandingi gaya dan strategi bisnisnya. Jadi kebanyakan nasihat yang diberikan kepada perusahaan lain akankedengaran familiar. Welch menegaskan bahwa kunci untuk bertahan bagi perusahaan lain adalah kemampuan mereka untuk meningkatkan produktivitas melebihi tingkat tradisional dimasa lalu.

Sepatah kata mengenai Jepang.
Welch memberikan komentar tentang orang Jepang, mencatat betapa baiknya mereka berbisnis.
Tidak satupun negara di dunia ini mendapat penalti mata uang seperti Jepang yang harus membayar kesuksesannya dan tetap bertahan.Saya menyebutkan penalty nilai mata uang. Dan anda tetap bertahan. Mengherankan betapa bagusnya kondisi Jepang. Banyak hal dikatakan tentang kesulitan Jepang,tetapi persaingan yang datang dari negara lain akan menguap dalam semalam jika nilai yen terhadap dollar mencapai 360.

Pendapat bahwa perusahaan Amerika menjadi lebih kompetitif dan perusahaan Jepang kurang kompetitif adalah salah. Jika Anda mengubah tingkat nilai mata uang, situasi akan berubah dalam semalam. Pada Jepang, kesuksesannya menimbulkan kebutuhan akan peningkatan.

Sumber :  Jack Welch and the GE Way, Wawasan Manajemen dan Rahasia Kepemimpinan CEO Legendaris, terj. Fandy Tjiptono, Penerbit ANDI Yogyakarta bekerjasama dengan McGraw-Hill Co,  2001

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan masukan komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...